Unsur Sistem Manajemen Logistik

  • Share

Sistem Logistik suatu perusahaan adalah kaitan dari kegiatan logistik dengan unit-unit operasi lainnya. Unsur manajemen logistik yang digabungkan untuk membentuk sistem logistik dalam organisasi perusahaan, yang meliputi:

Struktur Fasilitas

Suatu kegiatan logistik dengan ke mana dan melalui mana material, suku cadang, barang jadi diangkut.

Transportasi

Adalah kegiatan penghubung. Sistem logistik memandang kegiatan transportasi dengan 4 faktor yaitu biaya, kecepatan, pelayanan, konsistensi. Biaya transportasi adalah pembayaran yang dikeluarkan guna mengganti balas jasa pengangkutan barang yang telah dikeluarkan. Faktor kecepatan adalah waktu yang diperlukan guna menyelesaikan satu tugas pengangkutan dari kawasan asal ke tujuan yang dikehendaki. Faktor pelayanan adalah suatu kegiatan servisyang diberikan terhadap barang selama dalam kegiatan pemindahan barang. Konsistensi pelayanan adalah suatu prestasi waktu yang teratur.

Persediaan

Kebutuhan akan transportasi di antara banyak sekali fasilitas didasarkan atas kebijakan jumlah persediaan yang ditetapkan perusahaan.

Komunikasi

Suatu komunikasi menyeluruh yang berjalan di antara semua bagian perusahaan

Pengelolaan dan penyimpanan

Berafiliasi dengan kebijakan jumlah persediaan selektif, melalui jumlah persediaan serta di antara lokasi fasilitas, kegiatan transportasi, alokasi persediaan dan jaringan komunikasi yang digunakan

Hal yang harus diperhatikan dalam mempertimbangkan kebijakan pemilihan penggunaan logistik, yaitu

  1. Kebutuhan sumber daya insan
  2. Penyediaan dana logistik
  3. Supervisi
  4. Macam dan jenis barang
  5. Langganan

Baca put up sebelumnya Apa itu manajemen logistik?

………………………….

Daftar pustaka : Gitosudarmo, Indriyo dan Mulyono, Agus. 2000. “Manajemen Urusan ekonomi Logistik“. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Baca Juga:  METODE PERAMALAN / FORECASTING | Teknik Industri
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − six =