Tugas Teknik Sipil pada Proyek Konstruksi

  • Share

Para ahli Teknik Sipil, umumnya dikenal dengan sebutan insinyur Sipil, awalnya bertugas membuat rancangan struktur bangunan secara lengkap; mulai dari pondasi sampai keseluruhan bangunan tersebut lengkap dan siap digunakan.

Selama proses perancangan ahli Teknik Sipil bekerja dalam suatu tim pembangunan untuk meneliti, mengukur dan menentukan apakah kekuatan tanahnya memadai.

Tugas Teknik Sipil pada Proyek Konstruksi

Insinyur Sipil pada Proyek Konstruksi. (sumber: forbes.Com)

Pada tahap yang sama ahli Teknik Sipil akan juga membuat rancangan bangunan dan menghitung dimensi dan kekuatan bagian-bagian bangunannya sehingga siap untuk dijadikan acuan bagi pihak pelaksana (kontraktor) untuk dibangun.

Termin selanjutnya ialah tahap pembangunan atau konstruksi. Termin pembangunan suatu rumah atau gedung sederhana, misalnya, dimulai dengan pekerjaan pemasangan pondasi, penyusunan kerangka gedung, dan dilanjutkan dengan pembangunan lantai dan dindingnya.

Pada tahap pembangunan ini ahli Teknik Sipil harus berafiliasi dengan para ahli di bidang lainnya untuk memasang sistem kelistrikan gedung, sistem keamanan, serta perpipaan untuk air bersih dan saluran pembuangan limbahnya.

Pada konstruksi bangunan-bangunan yang jauh lebih rumit tentu saja proses konstruksinya akan terdiri dari banyak pekerjaan dan semakin melibatkan banyak p**a pihak-pihak dan ahli lain yang terkait.

Selain pembangunan baru, tugas spesialis Teknik Sipil juga mencakup pemeliharaan dan perbaikan bangunan yang sudah ada. Suatu infrastruktur, dapat mengalami perubahan fungsi atau penurunan kondisi selama masa layannya.

Para ahli Teknik Sipil harus dapat merencanakan perbaikan / retrofitting pada struktur agar struktur tersebut dapat berfungsi dengan baik atau dapat bertahan terhadap gaya gempa besar yang mungkin terjadi.

Berlangganan replace artikel terbaru via email:

Baca Juga:  Belajar Online Mudah Dengan Internet Stabil
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − 5 =