Tsunami: Apa yang harus dilakukan dan bagaimana bertahan

  • Share

Tsunami dulunya ialah barang-barang film dan hingga kehancuran di Asia, kebanyakan orang tidak berpikir itu mungkin untuk tsunami terjadi dalam besarnya itu. Dengan realisasi itu, orang-orang telah menyadari risiko dan kemungkinan konsekuensi dari bencana alam ini.

Apa itu tsunami?

Tsunami tidak disebabkan oleh angin kencang tetapi dengan perpindahan tektonik (gempa bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor) yang terjadi pada dasar laut. Gempa bumi yang menghasilkan tsunami ialah mereka yang mencapai 6,5 atau lebih pada skala Richter. Kecepatan rata-rata ombak ialah 300 mph dan dapat bertahan dari 5 menit sampai satu jam.

Di laut terbuka, tsunami biasanya tidak diperhatikan, memiliki amplitudo hanya 1 meter atau bahkan kurang. Namun, dalam beberapa situasi, ombak yang memasuki air dangkal dapat membengkak sampai beberapa kaki dan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, naik cukup tinggi untuk menyerang kawasan pesisir dengan kekuatan yang mengerikan.

Siapa yang berisiko?

Orang-orang yang tinggal di kawasan pesisir yang terletak di dekat atau dekat Samudra Pasifik paling rentan terhadap tsunami. Kawasan ini paling rentan karena aktivitas seismik dalam apa yang disebut cincin api. Itu juga terjadi di Puerto Riko, Alaska, Hawaii dan Kepulauan V****n.

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat tsunami

Saat gempa bumi yang kuat terasa, tinggalkan air segera, hingga ke pantai dan pergi sejauh yang Anda mampu dari pantai, cepat. Kalau lokasi Anda memungkinkan, pergi ke kawasan yang lebih tinggi. Kalau area Anda sebagian besar datar, pergi sejauh yang Anda mampu. Kalau Anda dapat melihat gelombang, Anda terlalu dekat untuk melarikan diri, terlepas dari jaraknya.

Dengarkan stasiun radio lokal Anda, radio cuaca atau nyalakan TV untuk isu dan pembaruan. Mereka akan memberi tahu Anda kalau ada tsunami arloji atau peringatan yang dikeluarkan di kawasan Anda dan di mana pusat-pusat darurat berada.

Temukan semua anggota keluarga Anda dan pastikan semua orang diberi tahu. Setuju pada suatu kawasan untuk bertemu kalau-kalau Anda tidak bersama dan memastikannya aman dan sejauh mungkin dari pantai.

Baca Juga:  Rencana Dapur Dasar

Kalau Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki kebutuhan khusus mirip orang tua, anak kecil atau bayi dan mereka yang cacat, Anda mungkin ingin mengevakuasi lebih awal. Anda mungkin juga ingin menyiapkan hewan peliharaan Anda untuk bergerak, jadi bawalah persediaan darurat untuk mereka juga.

Periksa kit pasokan darurat Anda dan bawa mereka dengan Anda. Akan menjadi ilham yang baik kalau mereka telah secara teratur diisi kembali tetapi kalau tidak, ambil apa yang Anda mampu atau dapatkan apa yang diperlukan kalau Anda masih memiliki waktu dan kesempatan. Jika tidak, pilihlah untuk menerima air, makanan, dan pakaian ekstra.

Anda mungkin ingin mengamankan rumah Anda, tetapi ingat bahwa ini ialah prioritas terakhir. Hayati Anda dan keluarga Anda ialah pertimbangan paling penting selama darurat tsunami. Harapkan barang-barang di rumah Anda terhanyut dan kalau Anda masih mampu menahannya, lakukanlah.

Tsunami Watch vs Peringatan Tsunami

Taman tsunami berbeda dari peringatan tsunami. Tsunami Watch berarti bahwa kehadiran tsunami berbahaya belum dikonfirmasi atau diverifikasi, meskipun mungkin ada satu. Ini juga mencakup prediksi pada jam berapa tsunami diperkirakan dan di mana itu akan mogok.

Peringatan tsunami berarti bahwa ada tsunami yang dikonfirmasi di kawasan Anda dan itu mampu dekat. Peringatan akan mencakup waktu di mana tsunami diperlukan dan area mana yang terpengaruh.

Sebagai tip darurat terakhir�

Kalau Anda menemukan diri Anda di bawah belas kasihan gelombang yang masuk, naik ke atap rumah Anda atau pada titik tertinggi dari struktur terdekat dan persiapkan diri Anda. Pegang erat-erat untuk apa pun yang kuat dan cukup stabil. Naiki pohon kalau Anda harus dan jangan lepaskan.

Kalau Anda sudah berada di dalam air, ambil benda apung yang dapat menahan berat badan Anda dan tahan hingga Anda dapat mencapai tanah yang stabil atau ketika bantuan tersedia. Raih apa pun yang kuat dan berusaha keras untuk keluar dari air sebanyak mungkin. Arus akan kuat dan mungkin ada puing-puing yang berat dan tajam di dalam air yang mampu menabrak Anda.

Baca Juga:  Tema kabin untuk kebutuhan dekorasi rumah Anda

Tsunami, mirip kebanyakan hal yang dihasilkan alam, tidak terkendali. Satu-satunya keuntungan ialah bahwa mereka datang dengan peringatan (gempa bumi yang kuat). Satu-satunya cara untuk bertahan hidup itu harus disiapkan, siap untuk pergi dan menjaga kecerdasan Anda perihal Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight + three =