Tips tentang apa yang harus Anda lakukan selama keadaan darurat gempa

  • Share

Para ilmuwan belum benar-benar menentukan cara untuk memprediksi gempa bumi. Itulah sebabnya, saat terjadi gempa bumi yang kuat, banyak orang terluka, atau bahkan terbunuh, dan properti rusak. Satu-satunya hal yang dapat kita lakukan, kalau kita tinggal di kawasan dekat garis patahan, harus disiapkan setiap hari untuk kemungkinan semacam itu.

Berikut ialah hal-hal yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan gempa bumi:

Siapkan kit darurat

Anda tidak akan pernah tahu apa akibat setelah gempa, dengan demikian, Anda harus selalu memiliki kit darurat untuk semua orang di rumah tangga Anda. Setiap kit harus mengandung setidaknya satu galon air, pasokan makanan selama setidaknya tiga hari (Anda harus memilih makanan yang tidak mudah rusak), dan kit pertolongan pertama.

Anda harus memastikan bahwa Anda secara teratur mengubah makanan dan air dalam kit darurat Anda. Makanan dan air dalam kit Anda akan sedikit digunakan kalau mereka sudah tidak cocok untuk makan atau minum. Alih-alih menyelamatkan hidup Anda, bahkan mungkin memperburuk situasi Anda.

Ketahui listrik utilitas Anda

Gempa bumi dapat menyebabkan kebakaran dari kebocoran gas dan listrik. Dengan demikian, penting bahwa Anda tahu di mana sakelar utama utilitas Anda sehingga Anda dapat mematikannya ketika diperlukan.

Periksa rumah Anda untuk celah dan celah

Anda harus secara teratur memeriksa kondisi rumah Anda untuk memastikan bahwa ia dapat menahan gempa bumi yang kuat. Pastikan untuk memiliki celah di dinding, cerobong asap dan bahkan bingkai pintu tetap. Kalau Anda tinggal di apartemen, laporkan retakan dan celah ke tuan tanah Anda segera, sehingga ia dapat melakukan sesuatu perihal situasi tersebut.

Memiliki agenda evakuasi

Anda dan keluarga Anda harus membuat agenda darurat untuk bencana, mirip kebakaran, banjir, dan gempa bumi. Setiap anggota keluarga harus tahu apa yang harus dilakukan kalau terjadi insiden tersebut. Anda akan dapat melindungi keluarga Anda lebih banyak kalau Anda mempersiapkannya sebelumnya. Panik dan kebingungan acapkali dapat menyebabkan kecelakaan cedera.

Berikut ialah hal-hal yang harus Anda lakukan selama gempa bumi:

Baca Juga:  Semua tentang Renovasi Dapur

Hal pertama yang harus Anda dan keluarga Anda lakukan ialah menjauh dari benda-benda yang mungkin jatuh. Tinggal jauh dari kasing buku, lemari, dan benda gantung, mirip lampu gantung, atau kipas langit-langit.

Selama gempa bumi, lebih bijak bahwa Anda tetap menempatkan, terutama di bawah meja kokoh atau bingkai pintu. Jangan berlari atau bahkan berusaha keluar dari rumah. Ada hal-hal berbahaya di luar rumah Anda yang mampu melukai Anda, mirip lamppost dan kendaraan beroda empat.

Pastikan kit darurat yang Anda siapkan mudah diakses. Kalau memungkinkan, letakkan di lokasi di mana Anda dan keluarga Anda akan bertemu selama gempa.

Tinggal jauh dari dapur. Salah satu kawasan paling berbahaya di rumah ketika gempa ialah dapur karena ada banyak p*t dan wajan yang tergantung di sekitar dan laci penuh pisau dan peralatan makan. Selanjutnya, ada bahaya kebocoran gas di dapur yang mungkin menyebabkan api.

Apa yang harus dilakukan setelah gempa bumi

Jangan mencoba menyalakan kecocokan atau lilin segera setelah gempa; Anda tidak yakin apakah ada kebocoran gas. Menyalakan pertandingan mungkin menyalakan api, jadi berhati-hatilah. Kalau Anda mampu, matikan katup gas utama kalau Anda mencium bau gas.

Kalau Anda mencurigai kebocoran gas, buka jendela dan evakuasi rumah Anda segera. Anda juga harus memanggil perusahaan gas begitu Anda jauh dari kebocoran gas. Jangan mencoba menelepon, terutama menggunakan ponsel Anda, dekat kebocoran gas.

Masih akan ada gempa susulan setelah gempa bumi, jadi jangan biarkan lawan Anda bahkan kalau rumah Anda utuh dan semua anggota keluarga Anda baik-baik saja. Pastikan untuk memeriksa isu untuk berita perihal gempa dan pembaruan penting lainnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 − 1 =