Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Teknik Sipil

Posted on 1 views

Hallo teman-teman semua ang lagi di semester akhir. Ingatlah tugas akhir hanyalah syarat kelulusan dan hanya sekali. Tetap syukuri dan nikmati. Jangan ambil pusing. Kalau semangat mu hilang atau kau kurang motivasi, segera ingatlah usaha orang tua mu di rumah sana.

langkah mudah dan efektif menyelesaikan tugas akhir

Menyelesaikan Tugas Akhir Teknik Sipil.

Ingatlah tujuan awalmu kuliah dan memilih jurusan Teknik sipil. Ingatlah proyek-proyek yang akan kau kerjakan kedepannya, tentunya proyek itu membutuhkan kemampuan/keahlian yang baik dari seorang insinyur. Tugas akhir hanyalah langkah kecil dalam karir mu. Tetap semangat dan terus berjuang ??.

Berikut ini ialah langkah-langkah yang semoga mampu mempermudah tugas akhir/skripsi kalian.

1. Mencari pandangan baru untuk penelitian

Poly mahasiswa terkadang galau dalam menentukan pandangan baru tugas akhir mereka. Padahal kalau ditelusuri, sebenarnya mudah saja. Ketika ini berbagai persoalan-persoalan keteknik-sipilan yang terjadi di sekitar yang mampu jadi pandangan baru untuk sebuah penelitian. Kalau dirasa masih susah dengan cara mencari pandangan baru dari dilema yang ada, mahasiswa Teknik sipil mampu menelusuri kemampuan mereka sendiri.

Coba sadari dan renungi kemampuan yang dikuasai dan mata kuliah yang paling menarik, karena biasanya setiap mahasiswa menonjol dalam satu bidang tertentu semisal dalam bidang Struktural, Geoteknik, Manajemen Konstruksi, Hidrologi, Transportasi atau bahkan gabungan dari bidang-bidang tersebut.

Dari bidang-bidang tersebut coba buat dan munculkan pandangan baru yang lebih spesifik untuk sebuah judul tugas akhir anda. Semakin terang kerangka pandangan baru pemikiran dan semakin spesifik pandangan baru tersebut semakin mudah anda menyelesaikan tugas akhir anda.

Semisal, ada mahasiswa yang dari semester awal nilai-nilainya dibidang struktur sangat baik, maka mampu jadi dan berkemungkinan besar, mahasiswa tersebut akan lebih familiar dengan bidang tersebut dan biasanya pemikirannya banyak pada bidang tersebut. Dari sanalah biasanya ide-ide untuk untuk penelitian tugas akhir mampu muncul.

Cara lainnya, coba anda berdiskusi dengan rekan, para professional, atau bahkan dengan dosen anda sendiri. Cobalah meminta hikmah dan saran mengenai tugas akhir anda, karena tidak jarang ada beberapa perusahaan yang memberikan produk Teknik sipil mereka untuk direviewdan mampu dijadikan bahan utama penelitian anda.

Ada p**a dosen yang mengajak anda untuk meneliti suatu topik sehingga anda mampu diajak bergabung dalam penelitian yang mampu sekaligus sebagai tugas akhir anda. Setelah pandangan baru dirasa sudah didapatkan, segeralah tentukan judul tugas akhir anda.  Biasanya judul masih akan direvisi oleh dosen pembimbing karena biasanya pemilihan kata yang kurang sempurna.

2. Memilih dosen pembimbing

Setelah anda menerima pandangan baru penelitian dengan bidang Teknik sipil tertentu, maka segera hubungi dosen yang relevan dengan bidang keahlian tersebut. Dalam hal memilih dosen pembimbing, usahakanlah pilih dosen yang baik.

Baik di sini dalam pengertian, tidak hanya beliau mempunyai keahlian dalam bidangnya yang mumpuni tetapi juga usahakan harus yang berpengalaman dan mempunyai etika yang baik.

Hal ini menjadi penting, karena bukan rahasia umum lagi bahwa ada beberapa dosen yang kurang baik kepada mahasiswa bimbingannya.

Beberapa dosen terlalu ingin dihormati tanpa ada maksud yang terang. Usakan anda menerima dosen yang ramah dalam berkomunikasinya sehingga anda leluasa dan menikmati proses pengerjaan tugas akhir.

Three.Mengumpulkan dan mencari facts untuk penelitian

Tahapan no. 3 ini sebenarnya mampu menjadi tahapan pertama kalau tugas akhir anda membutuhkan facts yang cukup krusial. Semisal anda mempunyai penelitian dalam bidang hidrologi dan membutuhkan records hujan dalam penelitian nantinya.

Pastikan terlebih dahulu data tersebut mampu didapatkan/diakses. Model lainnya kalau anda ingin meneliti sebuah gedung dengan kategori tertentu maka pastikan terlebih dahulu ketersedian objek gedung tersebut yang akan anda jadikan referensi penelitian tugas akhir anda. Untuk beberapa penelitian lainnya terkadang ini tidak terlalu perlu untuk dipastikan karena facts sudah hampir absolut mampu didapatkan.

Four. Mengerjakan/menganalisa information penelitian

Segera kerjakan dan analisa akibat kuesioner anda. Jangan tunda untuk mengerjakannya.

Tipsnya, kerjakanlah tugas akhir anda setiap hari dengan libur hanya pada weekend. Biasanya anda akan segera lupa dan mulai malas untuk mengerjakan kalau acapkali menunda pekerjaan.

Five. Menyusun laporan

Tahapan ini mampu dikerjakan sembari melalui tahapan no. 3 dan 4. Berikut ini ialah susunan laporan tugas akhir yang biasanya diterapkan di universitas

  • Halaman sampul
  • Halaman judul
  • Halaman pengesahan
  • Halaman pernyataan
  • Halaman dedikasi
  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • Daftar tabel
  • Daftar gamba
  • Daftar lampiran
  • Daftar notasi dan singkatan
  • Tak berbentuk
  • Pendahuluan
  • Tinjauan pustaka
  • Landasan teori
  • Hipotesis (jika ada)
  • Metode penelitian
  • Data analisis dan pembahasan
  • Konklusi dan saran
  • Daftar pustaka
  • Lampiran

Untuk penjelasan element setiap tahapannya dapat dibaca disini.

6. Bimbingan dan revisi tugas akhir

Setelah anda selesai menyusul laporan tugas akhir anda, segeralah temui dosen pembimbing anda untuk diperikasi akibat pekerjaan anda. Berkomunikasilah dengan cara yang sopan dan santun ketika bimbingan.

Jangan malu untuk bertanya dan meminta saran, ketika anda menemui kesulitan dalam pengerjaan. Usahakan beri penjelasan progress pengerjaan tugas akhir anda kepada dosen pembimbing dan lakukan kontak komunikasi yang bersiklus.

Segera perbaiki laporan tugas akhir anda, kalau menerima revisi. Jangan lupa bawa revisi terakhir dari dosen ketika pertemuan bimbingan selanjutnya agar tidak terjadi kesalahan koreksi dan sebagai bahan ingatan dosen yang bersangkutan.

Jangan pantang menyerah sebelum dosen memberi tanda ACC pada laporan tugas akhir anda. semangat.

7. Ujian dan selesai

Ini ialah tahapan akhir sebelum anda wisuda. Berikanlah yang terbaik ketika mempresentasikan tugas akhir anda. Pelajari dan pahami dengan matang penelitian anda dan lakukan latihan untuk memuluskannya.

Jangan lupa ingat wajah orang tua mu yang sudah menantimu ketika wisuda, ketika dimana mereka bangga akan anaknya yang telah ia besarkan berhasil menempuh Pendidikan sarjana dengan wajah bahagia.

Terakhir, Semoga kalian yang sedang Tugas Akhir mampu cepat lulus, wisuda, dan kerja di kawasan cita-cita. Amin.

Berlangganan replace artikel terbaru thru email:

Baca Juga:  Gratis Ratusan Koleksi Gambar AutoCAD DWG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 7 =