Tips Menata Perpustakaan Pribadi di Rumah Mungil

Posted on 6 views

Tips Menata Perpustakaan Eksklusif di Rumah Mungil | Kalau anda hobi membaca, dan merasa sangat menikmati program berburu buku di toko buku atau pameran, tentu koleksi buku eksklusif anda berbagai. Kalau rumah anda kecil dan sepertinya tidak tersedia cukup ruang yang mampu kita jadikan perpustakaan eksklusif, maka lanjutkan membaca tips berikut ini.

Saat kita mendengar atau membaca kata ?Perpustakaan?, yang paling jamak muncul di pikiran kita ialah sebuah ruang besar yang jelas, dengan jendela besar-besar, adem, dengan buku-buku yang tertata rapi di atas rak yang berjajar, lengkap dengan meja baca dan kursinya yang nyaman.

Ok, menyimpan buku memang memerlukan cara-cara tertentu supaya dia tidak mudah rusak. Namun, tidak ada aturan juga bahwa ruang perpustakaan itu harus besar dan wah. Cukup ruangan sederhana. Yang penting buku mampu tersimpan rapi, mudah dijangkau, aman dari kelembaban, itu saja. sumber: Kompas

perpustakaan pribadi

1. Gabungkan dengan ruang lain. Perpustakaan eksklusif mampu saja digabungkan dengan kamar tidur dan ruang keluarga. Yang terang jangan di dapur, kamar mandi, dan ruang tamu (mampu banyak yang hilang, hehe?)

2. Perhatikan ventilasi udara. Pastikan ruang perpustakaan eksklusif anda mampu mempunyai ventilasi udara yang baik. Selain membuat koleksi buku anda lebih awet, ventilasi yang cukup juga menjaga suhu tetap sejuk, dan mampu membuat anda nyaman berada di situ

3. Manfaatkan penerangan alami. Dengan konsep ruangan yang lebih terbuka terhadap sinar matahari, anda mampu menghemat listrik dan ruang yang lebih sehat.

Four. Manfaatkan sekat ruangan dan dapatkan ruang yang terbuka. Ini demi menjaga mood anda membaca dan membebaskan anda dari perasaan terkurung dalam ruangan.

5. Tempatkan lampu di belakang, sehingga anda tidak silau dan cepat lelah saat membaca.

6. Beri jarak yang cukup antara rak dengan dinding, supaya rak dan buku anda tidak cepat lembab dan berjamur, berbau apek, dan diserang kutu buku. Jeda ini juga akan memudahkan anda untuk membersihkan koleksi buku anda dari debu.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Best Agro International

7. Pastikan ruang dibalik tembok dimana anda menempatkan rak buku bukanlah kamar mandi atau ruang yang mampu menyimpan air.

8. Jika mungkin pasanglah AC, jika tidak mampu, tempatkan saja b***a atau tanaman dalam p*t di ruangan anda. Sesuaikan ukurannya dengan komposisi ruangan. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak mudah rontok. Fungsi tanaman ini memberi nuansa alami, melembutkan kesan kaku dan serius dari koleksi buku Anda, serta membantu pertukaran udara di dalam ruangan.

Bagaimana? Siap menata buku-buku dalam perpustakaan eksklusif anda sendiri? Mulailah….

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 14 =