Tips Memilih Cat Yang Bagus untuk Tembok Lembab

  • Share

Cat yang rupawan untuk tembok yang lembab sebenarnya ada banyak di pasaran. Mengingat persoalan tembok lembab ini jamak terjadi di negeri kita yang berada di daerah katulistiwa di mana pada trend kemarau pun hujan mampu saja turun.

Dinding tembok lembab atau bahkan senantiasa basah ini biasa sekali kita temui pada rumah-rumah yang berdiri rapat mirip di perumahan rapat dimana rumah hanya dipisahkan tembok dobel.

Belum lagi saat perumahan tersebut menggunakan desain rumah deret. Dimana rumah dibangun secara berderet, dan setiap deret tersebut bergabung saling membelakangi dengan gugusan sebaliknya.

Hampir mampu dipastikan tembok bagian belakang sangat lembab. Terlebih kalau kita melihat fakta bahwa bangunan rumah di perumahan rata-rata dibangun dengan bahan yang murah. Sehingga mutu bangunan, dalam hal ini temboknya, juga berkualitas kurang rupawan.

Dan cara paling cepat menutupi tembok yang lembab ialah dengan mengecatnya menggunakan cat tembok yang memang punya kemampuan untuk mengatasi tembok lembab ini.

Di pasaran, ada berbagai cat tembok yang memberikan kemampuan mengatasi tembok lembab ini. Dee Rumah berani memastikan kalau mereka ini rata-rata rupawan. Tetapi tentu saja ada catatannya, hehe?.

Tips memilih cat yang rupawan untuk tembok lembab

  1. Gunakan cat anti jamur dan bakteri
  2. Jangan terlalu hemat kalau melawan jamur
  3. Pilih cat dengan warna jelas
  4. Tambahkan cairan pembasmi jamur
  5. Gunakan cat eksterior
Tips Memilih Cat Yang Bagus untuk Tembok Lembab

Ada banyak produk cat yang rupawan untuk tembok yang lembab. Cat rupawan dan pengerjaan yang sempurna akan menghindarkan anda dari persoalan tembok lembab supaya tidak menjadi lebih parah.

Cat anti jamur dan bakteri

Tembok yang lembab sangat mudah ditumbuhi jamur dan menjadi kawasan ideal untuk perkembangbiakan bakteri.

Fungi mampu membuat tembok rumah anda menjadi bagian yang paling sulit anda nikmati. Masalahnya, tembok dengan jamur ini mampu muncul ditempat yang sangat mudah terlihat. Ukurannya luas p**a.

Sehingga pilihan untuk menggunakan cat tembok dengan anti jamur sekaligus anti bakteri ialah mutlak.

Selain untuk alasan estetika, jamur dan bakteri padat tembok rumah yang lembab ini juga mampu menimbulkan bau yang tidak enak serta berpengaruh pada kesehatan seluruh anggota keluarga.

baca juga: Cat Pelapis Anti Bocor SikaCoat Plus Untuk Dinding Tahan Alkali, Menutup Retakan dan Rona Dasar Dengan Tepat

Jangan terlalu hemat kalau berurusan dengan jamur pada tembok lembab

Harga cat tembok yang rupawan untuk tembok lembab plus dengan tambahan anti jamur dan anti bakteri memang rata-rata lebih mahal dibandingkan dengan harga cat tembok biasa. Kurang lebih 30 hingga 40% lebih mahal.

Untuk jangka pendek – tepatnya saat anda secara eksklusif membandingkan mereka side by side di toko bangunan – memang harganya mampu saja membuat anda pusing musti menimbang-nimbang lama sebelum menyorongkan kaleng cat pilihan anda ke pramuniaganya.

Tetapi jadi beda urusannya saat anda melihatnya untuk jangka panjang.

Cat yang mahal, biasanya punya daya tutup yang jauh lebih rupawan daripada yang murah. Sehingga, cukup dengan sekali atau paling banyak dua kali ulasan, cat sudah merata dan menutup pori tembok dengan baik.

Adalah?

Anda akan menghemat waktu pengerjaan, berarti ongkos pekerja juga akan berkurang.

Dalam beberapa kesempatan, aku bahkan pernah mendapati bahwa, jika dihitung-hitung njilmet, cat yang murah itu malah lebih boros jatuhnya.

1 kaleng cat biasa kira-kira bisa menutup luasan tembok eighty hingga ninety persen lebih sempit dibandingkan 1 kaleng cat yang rupawan.

Jika ditambah dengan lama pengerjaan yang mampu dua atau tiga kali lebih lama, akibat akhir yang terang kalah dari cat yang rupawan, dan pengecatan ulang lagi yang tidak terlalu lama, maka cat tembok murah-murah itu malah boros.

Akibat pengecatan yang memuaskan mampu dengan mudah anda dapatkan dengan menggunakan cat yang rupawan.

Pilih cat berwarna jelas

Dengan cat berwarna jelas, berarti jamur akan lebih mudah terlihat. Dengan begitu, anda mampu segera mengambil tindakan.

Semakin lama anda biarkan jamur berkembang, akan semakin sulit mengatasinya. Jika hingga parah, pengecatan ulang saja tidak cukup. Terkadang hingga harus menyikat atau bahkan memplester ulang temboknya.

Untuk detailnya, silahkan baca Cara Mengatasi Cat Tembok Belang Mirip Basah .

Bagaimana jika anda menyukai warna gelap?

Boleh saja digunakan, tetapi lebih disarankan untuk menggunakannya hanya sebagai aksen saja.

Cat berwarna gelap lebih pas digunakan pada dinding yang temboknya kering dan tidak ada resiko ditumbuhi jamur dan lumut.

Tambahkan cairan anti jamur untuk penghematan

Kalau anggaran anda memang benar-benar terbatas dan butuh cepat-cepat, anda mampu tambahkan cairan anti jamur pada cat.

Silahkan coba tanyakan pada penjual cat, yang paling umum, disebut dengan mildewcide.

Gunakan cat eksterior sebagai alternatif

Sekiranya persoalan tembok lembab anda ini sangat parah, pertimbangkan untuk menggunakan cat eksterior yang memang dirancang untuk menghadapi keadaan ekstrim.

Harga cat eksterior ini rata-rata memang lebih mahal dibanding cat indoors. Cukup wajar, mengingat cat eksterior mampu bertahan lebih lama dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Biasanya mereka berani klaim mampu dibersihkan dengan mudah, tahan terhadap kelembaban tinggi, dan paling tidak mampu bertahan hingga minimal five tahunan atau lebih.

Baca juga: Cat Eksterior Dulux Weathershield: Tahan Cuaca Extrim Hingga 5 Tahun .

Bagaimana? Semoga guidelines memilih cat yang rupawan untuk tembok lembab di atas mampu membantu anda untuk menentukan cat mana yang akan anda gunakan.

Sebagai tambahan, untuk kualitas dan berat yang sama, harga cat tembok yang rupawan itu tidak terpaut jauh. Sehingga, mampu disimpulkan jika sebenarnya tidak perlu fanatik dengan merk cat tembok tertentu.

Berlangganan update artikel terbaru via electronic mail:

Baca Juga:  Makalah Momen Inersia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + 7 =