Tips Membuat Ruang Keluarga Lebih Nyaman

  • Share

Mengapa ruang keluarga yang nyaman sangat penting?

Bagaimana cara membuat ruang keluarga yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga?

Ubah posisi couch

Beri alasan untuk datang ke ruang keluarga

Manfaatkan teknologi

Perhatikan kenyamanan

Ruang keluarga memiliki fungsi yang sangat besar bagi keluarga yang tinggal di dalamnya. Namun, untuk urusan desain, kebanyakan orang lebih mementingkan ruang lain, mirip dapur, kamar tidur, ruang tamu dan tampilan rumah dari luar, mirip teras.

Salah satu ruang di rumah yang tidak memiliki label eksklusif ialah ruang keluarga. Sinkron dengan namanya, ini ialah kawasan di mana seluruh anggota keluarga berkumpul, mencoba melepaskan diri dari kegiatan masing-masing saat bertemu dengan anggota keluarga yang lain. Sangat berbeda dengan ruang tidur yang mampu diberi label khusus ?Ini kamarku? Dimana yang empunya memiliki otonomi khusus untuk mengatur tata letak barang dan bahkan warna cat dinding atau wallpaper-nya. Ruang keluarga untuk seluruh anggot keluarga.

ruang keluarga yang nyaman

Credit score foto: http://familyinternet.About.Com

Ini tentu tergantung juga dengan jumlah anggota keluarga anda. Apakah anda juga memiliki anggota keluarga yang sudah sudah tua? Semisal kakek-nenek yang tinggal serumah? Atau anda keluarga belia dengan anak-anak yang masih kecil? Ataukah anda keluarga menengah dewasa dimana anak-anak sudah mulai beranjak dewasa dan mulai sibuk dengan dunia mereka sendiri sehingga semakin sulit saja bagi anda untuk menemui mereka.

Selain jumlah anggota keluarga, anda juga harus perhatikan ketersediaan ruangan (luas ruang keluarga, tinggi atap, akses ke ruangan lain). Semakin luas ruang keluarga anda, maka keleluasaan untuk mengatur barang dan menambahkan fasilitas hiburan untuk mereka jadi lebih besar. Meski itu juga ada konsekuensinya, ruang luas juga menciptakan jarak antar orang untuk tetap berkutat dengan diri mereka sendiri meski berada dalam satu ruangan.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Mega Central Propertindo

Ok, mirip apapun keadaan keluarga dan ruang keluarga anda, ada beberapa hal yang mampu anda lakukan untuk membuat ruang keluarga anda lebih nyaman. Cobalah beberapa hal berikut ini:

Coba ubah posisi couch atau kawasan duduk lain (mirip karpet) untuk menghadap ke pintu atau kawasan dimana orang berlalu lalang dari satu ruang ke ruang lain. Nir harus betul-betul menghadap ke pintu sih, intinya hanya upayakan orang yang berada dalam zona keluarga tadi mampu mengetahui orang lain yang datang atau pergi. Kembali lagi, ini soal komunikasi kan? Upayakan mereka yang yang berada di ruang keluarga mampu dengan mudah melihat siapapun yang datang tanpa perlu memutar hadap badan. Mengapa? Dengan lebih cepat dan mudah melihat, ruang keluarga anda akan lebih mengudang siapapun untuk bergabung. Jadikan ruang keluarga sebagai ruang transit favorit seluruh anggota keluarga saat pergi dari rumah atau datang dari manapun.

Berikan sesuatu yang membuat ?Enak? Berada di ruang keluarga. Semisal couch yang nyaman, TV dengan kualitas audio yang lebih, mudah diakses dari ruang manapun, dan semacamnya.

Jangan abaikan juga dekorasi ruang keluarga anda. Mampu dengan memasang foto keluarga, atau foto anggota keluarga yang sedang ?In action?. Terus jelas, aku tidak s**a foto wisuda dipasang di ruang keluarga atau ruang tamu, karena semua orang berpose sama di foto wisuda, dan itu membuat ilfil, hehe?. Selain itu, ada alternatif lain, anda mampu pasang benda yang sedikit ?Nyeni? Di ruang keluarga, misalnya lukisan.

Program TV mampu menjadi daya tarik yang besar untuk membuat seluruh anggota keluarga berkumpul bersama. Asal anda tidak mengijinkan adanya TV di ruang lain, maka ini akan menjadi mudah. Supaya memenuhi unsur pendidikan juga, ada baiknya anda berlangganan TV kabel yang memberi anda dan keluarga lebih banyak pilihan daripada stasiun TV nasional yang sekarang lebih banyak program asal joget itu. Asal tidak kemudian berebut remote manipulate, program nonton TV bareng di ruang keluarga sehabis makan malam itu sangat menyenangkan.

Baca Juga:  Penggunaan Alat Berat pada Proyek Konstruksi

Kalau TV, perlengkapan audio, sofa, warna cat dinding, dan tata letaknya sudah rupawan, masih ada lagi yang harus kita perhatikan, yaitu tata cahaya dan aliran udara.

Tata cahaya berkait dengan penghematan listrik. Upayakan ruang keluarga anda punya jendela yang besar sehingga cahaya dari luar mampu dengan mudah masuk. Kalau tidak mungkin maka anda mungkin perlu memasang lampu penerangan yang rupawan.

Ventilasi tadi juga menjamin aliran udara di dalam ruang keluarga mampu terjadi dengan maksimal. Karena ruang keluarga ini akan berisi banyak orang, maka akan menjadi persoalan kalau udaranya tidak baik. Kita akan mudah merasa kepanasan. Kalau tidak mungkin, maka ada baiknya anda memasang AC. Meski ini jadi tidak hemat listrik.

Bagaimana? Sudah siap membuat ruang keluarga yang lebih nyaman sehingga seluruh anggota keluarga anda betah bercengkerama bersama di sana? Atau minimum anda sudah punya bayangan akan melakukan apa? Monggo?.

Berlangganan update artikel terbaru through electronic mail:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 + sixteen =