Tips Cara Menghemat Ruang Dengan Menyatukan Kamar Anak

  • Share

Memiliki rumah dengan ukuran terbatas memang acapkali membuat kita kebingungan saat anak-anak sudah tumbuh besar. Menghemat ruang yang kita punya menjadi satu-satunya pilihan yang paling masuk nalar kalau menambah atau memperluas bangunan rumah bukan pilihan karena keterbatasan dana. Nah, menghemat ruang ini mampu dilakukan dengan menyatukan kamar anak.

Anak-anak membutuhkan privasi mereka sendiri, dan juga perlu belajar berdikari semenjak dini. Dengan memiliki kamar mereka sendiri, anak-anak akan belajar menjaga dan menghargai barang mereka dan barang orang lain. Selain itu, dengan tidur terpisah dari orang tua, mereka juga akan belajar bahwa orang lain juga memiliki wilayah yang tidak mampu dengan seenaknya dilanggar. Kesulitan dengan jumlah ruang yang tersedia di rumah mampu diatasi dengan menyatukan kamar anak-anak. Apakah itu akan baik?

Idealnya memang masing-masing anak mempunyai ruang kamar sendiri. Tapi menyatukan anak-anak dalam satu kamar masih cukup bijak dan lebih baik, dari pada mereka tetap tidur bersama dengan orang tua saat beranjak besar. Namun, untuk melakukannya, sebaiknya kita perhatikan beberapa hints menyatukan kamar anak berikut ini:

menyatukan kamar anak

Kondusif

Anggaran pertama ialah memastikan kamar bagi kedua anak Anda tersebut aman, baik itu bagi anak kecil maupun yang masih bayi. Pasang toddler reveal agar Anda dapat mengecek apa yang terjadi di kamar tersebut.

Selain itu, cek bahan mainan, dekorasi dan mainan gantung, pembatas kawasan tidur bayi, serta pintu dan jendela. Jangan hingga anak-anak dapat membukanya dengan mudah atau terjepit saat membuka jendela dan pintu.

Selain itu, Anda dapat memasang kelambu untuk menghindari anak-anak Anda dari nyamuk atau serangga dan mengurangi penggunaan anti nyamuk dari bahan kimia.

Cerah dan ceria

Setelah memastikan kamar anak-anak Anda aman, buatlah kamar yang cerah, ceria, dan menyenangkan. Berikan furnitur sesuai dengan ukuran tubuh anak Anda.

Selain itu, manjakan indera sentuhnya dengan memasang banyak sekali tekstur, mirip karpet bulu lembut, kursi berbahan tenun, dan bedcover tebal.

Berbeda dari mendekor kamar untuk satu anak, mendekor untuk dua anak atau lebih akan lebih rumit kalau Anda ingin memuaskan semua cita-cita anak Anda. Berikut ini hints dan ilham untuk mendekor kamar bagi anak-anak Anda:

Baca Juga:  Meredam Panas Dengan Aluminium Foil Pada Atap Rumah

Serupa tapi tak sama

Anda mampu membiarkan pola simetris dengan sedikit element berbeda. Kalau kedua anak Anda memiliki jenis kelamin sama, Anda dapat mendekor kamarnya dengan gaya serupa tapi tak sama dengan menawarkan nuansa warna, motif, dan ornamen yang sama atau saling melengkapi. Namun, berikan sedikit element berbeda. Misalnya, berikan inisial nama mereka di bantal atau lukiskan nama mereka di dinding.

Membagi lemari

Bagilah lemari pakaian mereka menjadi dua. Setiap anak memiliki bagiannya masing-masing. Suatu ketika, kedua anak Anda dapat belajar bertanggung jawab atas pakaian mereka masing-masing.

Penyimpanan ekstra

Jangan lupa, pisahkan kamar dengan menempatkan kawasan penyimpanan ekstra. Anda dapat menempatkan divider di antara kawasan tidur anak-anak Anda. Pemisah ini menawarkan privasi di antara anak-anak Anda, namun mereka tetap dapat saling berkomunikasi. Selain itu, mereka juga menerima kawasan penyimpanan ekstra untuk mainan dan barang-barang eksklusif mereka.

Level berbeda

Kamar ukuran kecil? Anda mampu menggunakan kawasan tidur susun dan biarkan salah satu anak Anda tidur di bagian atas. Bunk mattress atau kawasan tidur susun dapat menghemat banyak kawasan.

Selain itu, meskipun tidak ada sekat, anak Anda juga tetap dapat menerima privasi antara satu dengan yang lainnya. Mereka memiliki area masing-masing dan mereka akan belajar bertanggung jawab terhadap barang dan area mereka. sumber dan credit foto: Kompas

Demikian ialah beberapa pointers cara menghemat ruang rumah dengan menyatukan kamar anak-anak menjadi satu. Asalkan kamar tersebut tidak dihuni lebih dari dua anak, maka manfaat positif akan tetap kita dapatkan.

Berlangganan replace artikel terbaru thru electronic mail:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 − four =