Tepian Plafon Rumah Mudah Retak? Begini Cara Mengatasinya

  • Share

Cara mengatasi tepi plafon yang retak | Tepi plafon rumah anda terlihat retak-retak? Siku pertemuan antara dinding dengan plafon memang bagian rumah yang mudah sekali mengalami keretakan. Biasanya ini disebabkan karena waktu pengerjaan yang terlalu cepat, sehingga dinding yang masih basah akhirnya berubah ukuran. Jadilah retakan itu.

Atau kalau anda memakai campuran campuran s***n putih dengan kalsium untuk mengisi celah antara plafon dengan dinding, dan lapisannya terlalu tebal, maka biasanya setelah kering juga jadi mudah retak.

Terus, bagaimana cara mengatasi keretakan tepi plafon itu?

Soal retaknya dinding atau pinggiran plafon itu tergantung dengan kualitas material bahan dan pengerjaannya. Kalau terlanjur jadi dan sekarang terlihat retak, maka yang mampu kita lakukan ialah dengan menutupi retakan tersebut. Ada beberapa alternatif material yang mampu kita pakai. Tapi yang paling mudah, murah, dan praktis ialah dengan profil gipsum. Mengapa gipsum? bukan profil kayu? Ini tentu berkait dengan sifat gipsum dan kayu yang berbeda. Kayu tidak cukup kuat menahan kelembaban. Itu alasan utamanya. Pemasangan dan harganya juga mampu membuat kita musti berhitung agak ruwet. Maka profil gipsum lebih baik. Tapi ini tidak mutlak loh. Dengan penanganan khusus, kita tetap mampu memakai kayu. Dengan syarat dana anda cukup, heheā€¦.

pasang profil gipsum

Profil gipsum juga memberikan begitu banyak ukuran dan variasi ornamen. Yang perlu kita lakukan hanya memastikan ukuran profil gipsum itu dengan ukuran ruangan.

Membuat profil gipsum

Untuk membuat profil gipsum, Anda membutuhkan plaster. Pilihlah plaster yang diformulasikan khusus dengan waktu kering sesuai dengan waktu kerja Anda.

Ketika ini sudah tersedia banyak sekali merk plaster yang bisa memenuhi keperluan Anda. Agar Anda menerima akibat terbaik, pastikan Anda menggunakan air dan peralatan yang bersih saat menggunakan plaster pada profil gipsum.

Setelah selesai Anda gunakan, simpan plaster dalam ruangan yang kering. Jangan lupa, tutup rapat kemasan setelah dipakai.

Ketika pemakaian, tuang dan rendam plaster dalam air 1 menit sebelum diaduk untuk menghasilkan tekstur yang halus. Anda dapat menambahkan serat fiber untuk memperkuat akibat cetakan. sumber: Kompas

Baca Juga:  Lowongan Kerja Kharisma Group

Berlangganan update artikel terbaru via email:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × three =