TAKJUB PESONA PERAYAAN IMLEK DAN CAP GO MEH SINGKAWANG 2019

Posted on 92 views

Siapa yang tak takjub dengan beragamnya kebudayaan tanah air yang menarik diri untuk melihat dan menikmati keseruannya. Indonesia dengan kekayaan wisata dan budayanya bisa menarik puluhan ribu bahkan jutaan wisatawan baik lokal maupun mancanegara setiap bulannya untuk mengunjungi banyak sekali kota-kota rupawan di Indonesia. Salah satunya Kota Singkawang, Kota yang berada di pulau Kalimantan tepatnya di Kalimantan Barat ini, selain kaya akan tempat-tempat wisata dan masakan, Kota Singkawang mempersembahkan hajat besar dan sangat meriah yaitu Festival Seremoni Implek dan Cap Go Meh yang berlangsung setiap tahunnya. Kota yang dominan dihuni oleh etnis Tionghoa, Dayak dan Melayu menghadirkan berbagai keunikan dan budaya. Jadi jangan lupa untuk menambahkan list di daftar liburan kalian ya kawan.

Nah keseruan dan keunikan apa saja yang dihadirkan Singkawang pada Festival Cap Go Meh Singkawang dan keasikan lainnya dari WisataKota Singkawang, ini dia selengkapnya:

Semarak Festival Cap Go Meh Singkawang

Pesona Cap Go Meh Singkawang

(Sumber:https://genpisingkawang.Com/)

Ribuan Peserta Pawai

Semaraknya program Festival Cap Go Meh Singkawang dibuktikan dengan menampilkan arak-arakan pawai yang berjumlah ribuan, jumlahnya semakin bertambah dari tahun ke tahun. Dimana ribuan peserta pawai ini akan dimasuki roh para leluhur yang diyakini dapat mengusir roh-roh jahat yang mengganggu masyarakat. Orang-orang yang dimasuki roh ini dinamakan Tatung.  Tatung diarak berjalan dan ditandu melewati rute jalan kota yang telah ditentukan.

Atraksi yang Menakjubkan

Para Tatung di sini memamerkan atraksi dan unjuk kekebalan diri, mulai dari kekebalan terhadap benda tajam yang ditusukkan ke wajah, kaki ataupun bagian tubuh lain menggunakan parang, pedang, besi tajam dan masih banyak lagi. Tatung tidak terdiri dari peserta laki-laki dewasa saja, melainkan para wanita dan anak-anak ikut memeriahkan semaraknya perayaan Cap Go Meh ini. Meriah sekali bukan.

Aneka Replika Fauna

Tak ketinggalan beragam replika hewan ikut dipamerkan, replika sepasang singa berukuran raksasa dengan dimensi tinggi 8.88 meter dan lebar 3.8 meter berwarna emas berdiri dengan gagahnya, dan kabar baiknya masuk dalam daftar Museum Rekor Indonesia (MURI). Tentu ikon ini menarik jutaan pasang mata yang melihat dan ingin bersua foto untuk mengabadikannya. Selain singa ukuran raksasa, ada juga penampakan beberapa naga yang amat panjang kira-kira mencapai 20 meter-an. Bayangkan berapa banyak orang yang diperlukan untuk mengarak satu ekor saja ya. Ditambah juga dengan penampilan Reog Ponorogo diFestival Cap Go Meh Singkawang ini, dan tak lupa pernak pernik khas Implek berupa puluhan ribu lampion menggantung di sepanjang jalan. Jadi sudah mampu dipastikan ya keseruan dan keramaian yang terjadi di perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang ini.

Wisata Asik Singkawang

Mau tau Wisata Kota Singkawang lain yang gak kalah seru? Kota Singkawang menghadirkan beragam pesona yang tak ada habisnya, mirip spot-spot alam maupun situs sejarah dan budaya yang gak kalah indahnya untuk memanjakan mata dan menambah koleksi foto terbaru di media umum tentunya ya… Ada penampakan air terjun yang masih sangat asri dan jernih, diantaranya Air Terjun Sibohe dan Air Terjun Eria yang keduanya sama-sama terletak di Kecamatan Singkawang Timur. Majemuk pantainya juga tak kalah rupawan, diantarnya Pantai Sendau, Pantai Batu Burung, Pantai Pasir Panjang atau Pantai Kura-Kura yang terletak di Singkawang Selatan. Siapa yang tak kenal dengan Mangrove, damai Kota Singkawang juga punya Hutan Mangrove yang berada di Kecamatan Singkawang Utara, mampu diakses dengan kendaraan roda dua untuk menuju ke sana dengan waktu tempuh kira-kira 25 menit dari sentra kota dan banyak warga sekitar yang memberikan jasa ojek untuk menuju destinasi. Menikmati eksotisnya Danau Serantangan dan Danau Biru atau Waduk Panjitan juga mampu menjadi pilihan. Untuk wisata budaya, Singkawang menghadirkan Cagar Budaya Rumah Keluarga Tjhia, yaitu bangunan yang berdiri semenjak tahun 1902 yang adalah tanah hibah dari Kolonial Belanda.

Masakan Singkawang

Nah liburan tentu belum lengkap tanpa menyicipi lezatnya masakan khas kotanya. Lalu Singkawang punya masakan lezat apa ya? Ada juga nih wisata masakan untuk memanjakan perut, diantaranya ada Choi Pan, gorengan nan unik khas kota ini yang berisikan udang, ayam dan ikan. Ada juga bubur unik bernama Bubur gunting, hidangan yang sangat populer di Singkawang. Bubur Gunting terdiri dari potongan cakwe, daun pandan, tepung kanji, kacang hijau, dan manisnya air gula. Varian bubur lainnya yaitu Bubur Paddas dengan komposisi tauge, jagung, dedauan segar yaitu daun pakis dan kangkung serta disiram kuah kaldu nan nikmat. Atau bubur pekong dengan irisan daging sapi dan emping ditambah siraman kaldu sapi sebagai kuahnya. Wah sebatas bubur saja sudah berbagai ya sobat. Masakan yang segar di pengecap yaitu Rujak Thai Pui Ji dan Rujak Udang kering yang unik. Dan banyak lagi beragam masakan lezat lainnya layaknya Kudapan manis Hampan, Mie Tiauw Asu, Bubur Tahu, Mie Kering Haji Kondusif, dll, yang mampu ditemukan di Daerah Pasar Hongkong.

Fasilitas Pendukung

Tak perlu cemas dengan akomodasi penginapan untuk kalian yang berasal dari luar kawasan, banyak pilihan hotel yang tersebar di Singkawang dan dapat dipesan melalui online. Tentunya dengan pilihan harga yang mampu dipilih sesuai minat sobat. Jadi sudah tak perlu ambil pusing soal penginapan untuk beristirahat ya. Terakhir jangan khawatir juga soal transportasi di Kota Singkawang, semakin berkembangnya pariwisata di Kota Singkawang, berdampak p**a pada perkembangan moda transportasi untuk kebutuhan wisatawan. Poly trayek bus yang memiliki rute baru ke Singkawang, mirip bus Damri yang  membuka rute Bandara Supadio-Singkawang-Sambas (PP). Jadi lengkap bukan keseruan dan kenyaman yang ditawarkan Kota Singkawang.

Nah semoga deskripsi diatas mampu menjadi gambaran buat sobat terkait dengan semaraknya Festival Cap Go Meh Singkawang dan banyak sekali Wisata Kota Singkawang. Sangat seru ya tentunya.

Baca Juga:  Tanaman Apotik Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + thirteen =