Studi Kelayakan Usaha: Definisi dan Manfaatnya

  • Share

Pengertian perjuangan dan urusan ekonomi

Perjuangan atau urusan ekonomi ialah sebagai sebuah kegiatan atau aktivitas yang mengalokasikan sumber-sumber daya yang dimiliki ke dalam suatu kegiatan produksi yang menghasilkan jasa atau barang, dengan tujuan mampu dipasarkan kepada konsumen agar dapat memperoleh

Pengertian barang dan jasa

Barang ialah sesuatu akibat produksi yang berwujud yang dapat menawarkan manfaat atau kepuasan secara eksklusif maupun itdak eksklusif kepada konsumen.

Jasa ialah sesuatu yang tidak berwujud dalam bentuk sebuah aktivitas yang menawarkan manfaat kepada konsumen. Karakteristik utama jasa yaitu tidak berwujud dan dinikmati atau dirasakan pada waktu yang bersamaan dengan kegiatan produksinya.

Motif pengembangan perjuangan

Beberapa motif pengembangan perjuangan dalam studi kelayakan perjuangan yaitu

  1. Membuat perusahaan baru untuk memproduksi produk lama maupun produk baru untuk ditawarkan ke pasar
  2. Mengakui perusahaan yang telah ada di pasar atau melakukan investasi dengan membeli sebagian saham perusahaan.
  3. Meluncurkan produk baru yang akan ditawarkan ke pasar
  4. Mengakuisisi produk yang telah ada di pasar tanpa perusahaannya.

Definisi studi kelayakan

Sebuah studi untuk mengkaji secara komprehensif dan mendalam terhadap kelayakan sebuah perjuangan, dimana akan merujuk pada suatu perbandingan semua faktor ekonomi yang akan dialokasikan ke dalam sebuah perjuangan atau urusan ekonomi dengan akibat pengembaliannya yang akan diperoleh dalam jangka waktu tertentu.

Beberapa manfaat studi kelayakan ialah

  1. Pihak inventor. Untuk melihat apakah pendapatan yang dihasilkan sebanding dengan resiko modeal yang ditanamkan dan untuk memonitor berapa pengembalian investasi yang ditanamkan.
  2. Pihak kreditor, pihak  penyandang dana eksternal. Untuk melihat resiko dana yang akan dipinjamkan dan keampuan pengembalian dana pinjaman untuk jangka waktu tertentu.
  3. Pihak manajemen, pihak yang menjalankan perjuangan. Untuk melakukan perencanaan sumber daya yang diharapkan, waktu pelaksanaannya, akibat yang dicapai, dampak terhadap lingkungan sekitar baik eksklusif maupun tidak eksklusif serta resiko yang mampu berdampak yang mampu timbul.
  4. Pihak regulator, berkepentingan terhadap bentuk perjuangan yang dijalankan, industri yang akan dijalankan dan dampak terhadap masyarakat maupun perekonomian nasional.

Aspek-aspek studi kelayakan perjuangan

  • Aspek industri. Menganalisa struktur industri yang akan dimasuki mirip persaingan, kekuatan atas penawaran pembelian, kekuatan supplier serta kemampuan pesaing.
  • Aspek pasar. Pasar yaitu dimana permintaan ada dan penawaran hadir memenuhinya. Permintaan ada karena adanya kebutuhan konsumen yang perlu dipenuhi atau dipuaskan.
  • Aspek pemasaran. Mengkaji struktur produk atau jasa yang telah ada di pasar serta agenda produk atau jasa yang ditawarkan
  • Aspek keuangan. Kalau keuntungan atau pengembalian akibat lebih besar atau sama daripada yang diperlukan, maka perjuangan dapat dijalankan. Kalau ¬†sebaliknya, maka oerlu ditinjau ke titik awal untuk mencari alternatif lainnya.
  • Aspek manajemen. Terkait fungsi koordinasi dan sinkronisasi antara semua faktor produksi yang ada.
  • Aspek produksi. Menentukan sistem produksi maupun sumber daya yang perlu diinvestigasi mirip bahan dasar maupun bahan penunjang, mirip teknologi,¬† bahan baku, lokasi, lay out pabrik.
  • Aspek sumber daya insan. Alokasi sdm yang akan digunakan dan kualitas termasuk juga dalam pengembangan, kompensasi serta sistem penilaian karyasdm.
  • Aspek lingkungan. Terkait dalam faktor makro ekonomi, sosial, politik, kepedulian akan lingkungan hidup maupun kesejahteraan lingkungan masyarakat sekitar.
  • Aspek yuridis. Terkait bentuk badan hukum perjuangan, peraturan yang berlaku menurut bentuk perjuangan yang dijalankan, peraturan keuangan mirip perpajakan, sistem proteksi industri serta subsidi yang berlaku.

Baca Juga : Tahapan Studi Kelayakan Perjuangan

Baca JugaRumah Kualitas / HOQ (House Of Quality)

………………………….

Daftar pustaka : Johan, Suwinto. 2011. “Studi Kelayakan Pengembangan Urusan ekonomi“. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Pulau Sambu
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 + four =