SISTEM PRODUKSI, STRATEGI SISTEM PENGADAAN PRODUK | Make to Stock, Assembly to Order, Make to Order, Enginerring to Order

Posted on 6 views

Tipe taktik sistem pengadaan produk menawarkan pengaruh yang besar terhadap proses perencanaan dan pengendalian produksi. Taktik tersebut ialah sebagai berikut:

Make to Stock. Sistem pengadaaan produk dengan ciri memproduksi produk jadi untuk disimpan dengan maksud kapan saja produk diperlukan oleh konsumen maka perusahaan siap untuk mendistribusikannya.

Konsumen tidak memiliki kesempatan untuk memiliki kesempatan untuk memilih sesuai dengan cita-cita tetapi harus membeli eksklusif  produk jadi dari persediaan yang dimiliki perusahaan. Sistem ini memfokuskan pengiriman produk segera dengan kualitas yang baik, harga yang wajar dan barang yang umum, yang  demikian juga konsumen tidak lead time terlalu lama dalam menunggu kedatangan produk. Sistem ini berdampak banyaknya jumlah persediaan yang akan terjadi dari beragamnya variasi ukuran, warna dan fasilitas pada spesifikasi produk. Model : HP.

Assembly to Order. Sistem pengadaaan produk dengan ciri merakit produk jadi berdasarkan pesanan, diadaptasi dengan cita-cita konsumen dan perusahaan akan mengerjakan perakitan produk kalau telah ada kesepakatan.

Perusahaan  menyediakan sejumlah model dasar dari produk dengan banyak sekali alternatif dari variasi yang diperkirakan akan membuat konsumen tertarik untuk memilihnya. Setelah konsumen tertarik dengan varian produk dan telah terjadi kesepakatan, maka perusahaan akan segera mengerjakan perakitan produk. Perusahaan menyediakan produk jadi yang berkualitas tinggi, harga yang bersaing dalam jumlah varian yang besar dan waktu siklus perakitan yang relatif pendek. Model : Furniture.

Make to Order. Sistem pengadaaan produk dengan memproduksi produk sesuai dengan pesanan konsumen.

Konsumen menyediakan spesifikasi dan desain produk, perusahaan akan menyediakan bahan, merakit dan menyelesaikan produk sesuai kesepakatan awal. Model : Sandaran boncengan motor.

Engineering to Order. Sistem pengadaan produk dengan memproduksi produk dengan spesifikasi produk sesuai dengan pesanan konsumen.

Pelanggan menyediakan spesifikasi dari produk jadi, maka perusahaan akan membuat desain, menyediakan bahan dan membuat produk. Perusahaan menyiapkan form perintah kerja, gambar produk, struktur produk guna melancarkan kegiatan produksi. Model : Pagar besi.

Konklusi lingkup dari taktik sistem pengadaan produk di atas ialah sebagai berikut:

Baca Juga:  Scaffolding: Pengertian, Peraturan, Fungsi, Tipe, Kasus, Cara Inspeksi, Istilah Penting, Beban dan Ukuran

  • Make to Stock  : Delivery.
  • Assembly to Order : Delivery, assembly.
  • Make to Order  : Delivery, assembly, manufacturing, procurement.
  • Engineering to Order : Delivery, assembly, manufacturing, procurement, engineering.

Baca juga : Apa itu PPIC, Jenis Perencanaan dan Kegiatan PPIC

………………………….

Daftar pustaka : Sofyan, Diana K. 2013. “Perencanaan Dan Pengendalian Produksi“. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =