Ruang Henti Khusus [RHK] Sepeda Motor [2]

Posted on 0 views

Perancangan Teknis Desain RHK

Sepeda Motor Rencana

  1. Dimensi RHK ditentukan dari dimensi ruang statis sepeda motor, sedangkan ruang statis sepeda motor diperoleh dari dimensi (panjang x lebar) rata-rata dari sepeda motor rencana.
  2. Sepeda motor rencana ditentukan dari populasi kelas sepeda motor terbanyak di Indonesia. Berdasarkan populasi, klasifikasi sepeda motor yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah jenis sepeda motor dengan ukuran silinder 110 – 125 cc.
  3. Dalam keadaan statis, kendaraan rencana sepeda motor memiliki jarak antara (gap) sepeda motor yang diukur dari dua spion sebesar 0,75 m dan panjang 2 m sehingga area yang dibutuhkan adalah 1,5 m2 (0,75 m x 2 m). dimensi sepeda motor ditunjukkan pada gambar dibawah.

Gambar 7. Dimensi sepeda motor

Perancangan Tipe RHK

Secara umum ada dua tipe RHK, yaitu RHK tipe kotak dan RHK dengan tipe P.

A. RHK tipe kotak

  1. RHK tipe kotak didesain apabila proporsi sepeda motor disetiap lajurnya relatif sama
  2. RHK tipe kotak disesain terletak di antara garis henti untuk sepeda motor dan garis henti untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih seperti pada gambar di bawah
  3. Dimensi RHK tipe kotak dan kapasitasnya pada Tabel dibawah

Gambar 8. RHK Tipe Kotak

b. RHK tipe P

1. RHK tipe P adalah location RHK dengan perpanjangan pada pendekat simpang paling kiri yang berfungsi untuk menampung banyaknya volume sepeda motor bergerak di lajur kiri.

2. RHK tipe P didesain terletak di antara garis henti untuk sepeda motor dan garis henti untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih dan dengan perpanjangan pada pendekat simpang kiri sebesar empat meter. RHK tipe P ditunjukkan pada gambar 9 dibawah.

3. Dimensi RHK tipe P ditunjukkan pada Gambar 9 dan kapasitas RHK tipe P ditunjukkan pada Tabel three dan Tabel four

Gambar 9. RHK tipe P

four. Perpanjangan RHK (RHK tipe P) dapat digunakan apabila volume sepeda motor yang bergerak pada lajur kiri 60 % untuk RHK dengan dua lajur dari seluruh pergerakan sepeda motor pada pendekat simpang.

5. Pada RHK dengan 3 lajur perpanjangan RHK dapat dilakukan apabila jumlah volume dua lajur paling kiri melibihi 70 % dari seluruh pergerakan sepeda motor pada pendekat simpang. Kriteria perpanjangan RHK ditunjukkan pada Tabel berikut.

Perancangan dimensi region RHK

Perancangan location RHK terbagi menjadi dua tipe, yaitu RHK tipe kotak dan RHK tipe P. Dimensi region RHK ditentukan berdasarkan jumlah rata-rata penumpukan sepeda motor. Pemilihan desain place RHK tipe kotak dan RHK tipe P ditunjukkan pada tabel-tabel dibawah ini.

Materi Sebelumnya Ruang Henti Khusus [RHK] Sepeda Motor klikdisini

Materi Selanjutnya Ruang Henti Khusus [RHK] Sepeda Motor [3] klikdisini

Sumber : Perencanaan teknis ruang henti khusus (RHK) sepeda motor pada simpang bersinyal di kawasan perkotaan

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Rada Kreasi Indojaya (RADATIME)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 14 =