HARPA Concert Hall and Conference Center
HARPA Concert Hall and Conference Center

Proyek Kolaborasi Arsitek x Desainer yang Menakjubkan

Posted on 18 views

Kita semua tahu bahwa arsitek memiliki peran penting dalam merencanakan, merancang, dan membangun sebuah bangunan. Namun dalam tahap perancangan, seorang arsitek selalu bisa berkolaborasi dengan orang lain di industri kreatif. Sementara banyak arsitek sangat mampu mendesain ruang yang mereka bangun, terkadang mereka bekerja sama dengan desainer interior untuk mendesain interior secara khusus. Menariknya, istilah desainer itu sendiri memiliki banyak segi. Pelukis, pematung, bahkan yang berkecimpung di dunia fashion disebut juga desainer, dan terbuka untuk berkolaborasi dengan arsitek. Berikut adalah 9 proyek kolaborasi menakjubkan antara arsitek dan desainer—berbagai jenis desainer.

Sebuah monumen menawan yang tidak dimaksudkan hanya untuk dikagumi dari jauh, HARPA Concert Hall and Conference Center adalah kolaborasi sukses yang bertujuan untuk membentuk ruang publik oleh firma arsitektur Henning Larsen dan Batteríið dengan seniman Denmark-Islandia ‎Ólafur Elíasson. Terletak di Reykjavík, ini adalah struktur berbingkai baja asimetris yang dilapisi dengan “batu bata” kaca dan baja yang diterangi LED, memberikan permainan warna yang mempesona bagi orang Islandia setiap malam. Terinspirasi oleh topografi basal Islandia, tempat ini menghembuskan kehidupan baru ke pelabuhan ibu kota yang dulu lesu.

Selesai pada tahun 2008, kantor The Energy Foundation di San Francisco menampung 65 pekerja dalam satu lantai. Dibangun di bekas gedung Federal Reserve San Fransisco yang bersejarah, rencananya adalah untuk menerima cahaya matahari maksimum ke bagian tengah gedung. Ruang kerja pribadi ditempatkan di sekeliling dan memiliki cleretories besar, memungkinkan cahaya alami masuk dan memfasilitasi pencahayaan alami dan pemandangan.

Memadukan yang lama dan yang baru, kantor bergaya Skandinavia ini melengkapi struktur asli yang terbuka dengan sentuhan akhir yang baru. Beton ekspos, papan gipsum, jendela aluminium dan kaca, dan kayu lapis vinir maple dengan palet warna alami terlihat di sebagian besar proyek kolaborasi antara Arsitek Tannerhecht dan desainer interior Gail Gordon.

Pasangan Tsai adalah dua kolektor seni muda. Mereka ingin memiliki townhouse untuk koleksi seni mereka yang terus berkembang. Jadi mereka menyewa Arsitek HHF untuk berkolaborasi dengan seniman kontemporer Cina Ai Weiwei untuk mencapai ini. Terletak dua jam dengan mobil di NYC bagian utara, Tsai Residence dirancang berdasarkan sosok abstrak sederhana, menghasilkan empat kotak elegan yang dilapisi besi galvanis. Keempat kotak berukuran sama ini dihubungkan oleh lorong-lorong kaca yang lebih kecil, membiarkan cahaya alami masuk sambil melestarikan karya seni di dalamnya pada saat yang bersamaan. Dibangun sebagai bingkai balon khas Amerika, strukturnya dibingkai kayu dengan eksterior lembaran logam bergelombang vertikal yang saling tumpang tindih secara horizontal di tepinya, memberikan anggukan pada bahasa pertanian setempat.

Sangat puas dengan hasil pemenang penghargaan, pasangan itu sekali lagi menugaskan tim kolaborasi untuk merancang rumah tamu di perkebunan. Dimulai tiga tahun setelah selesainya struktur pertama, wisma berbentuk Y dirancang untuk menyelaraskan dan kontras dengan rumah utama. Tim mencapai ini dengan penggunaan baja corten bergelombang untuk eksterior, memungkinkan bangunan untuk menyatu dengan lanskap sementara berkarat dari waktu ke waktu. Di bagian tengah, ruang galeri untuk koleksi patung pasangan ini dihiasi dengan permukaan kayu klasik.

Baca Juga:  Merancang K11 dengan Otto Ng dari LAAB

Dulunya benteng militer, Fort Baker sekarang menjadi tempat unik untuk keramahan dan olahraga yang dibuat untuk meningkatkan dan melestarikan pangkalan bersejarah sebagai Taman Nasional baru. Cavallo Point Lodge terdiri dari 21 bangunan yang direhabilitasi dan diberi tujuan baru oleh Architectural Resource Group bekerja sama dengan BraytonHughes Design Studios, ditambah 14 bangunan baru. Menawarkan kemewahan hijau, kegiatan dan acara di tempat, layanan spa, dan akses ke San Fransisco Bay Area, penginapan mewah ini menyediakan pusat konferensi dan retret dengan ruang pertemuan, restoran, dan 142 kamar dan suite.
Dipahami sebagai karya patung publik, Opera dan Balet Nasional Norwegia adalah mahakarya unik yang dipersembahkan oleh firma arsitektur Snøhetta bekerja sama dengan berbagai seniman dan desainer. Fasad utama membentuk alun-alun publik yang miring yang tampak runtuh di sekitar serambi yang sebagian besar berlapis kaca, dirancang oleh pematung Jorunn Sannes, Kalle Grude, Kristian Blystad. Alun-alun juga berfungsi sebagai perpanjangan atap marmer, memanjang membentuk tanjakan yang langsung menyatu dengan fjord Oslo di tepi laut kota. Di musim dingin, salju sering terbentuk di sepanjang jalan, mengubah bentuk bangunan. Plaza ini dibangun dari 33.000 lempengan marmer Carrara yang berbentuk individual.

Di dalam, Opera sendiri memiliki tiga teater dan beberapa ruang latihan. Aula Utama yang berbentuk tapal kuda ini dirancang untuk mengenang teater-teater klasik di masa lalu. Lampu gantung utama terbuat dari batangan kaca yang dicetak dengan tangan, sedangkan tirai khusus yang terlihat seperti aluminium foil kusut yang dirancang oleh seniman visual Pae White menambahkan tekstur edgy ke aula bergaya lama. Di atas aula, menara terbang dihiasi dengan pelapis logam, yang dirancang khusus oleh seniman tekstil Astrid Løvaas dan Kirsten Wagle.

Melalui dan melalui, struktur 38.500 meter persegi adalah lanskap sebanyak arsitektur, mengundang masyarakat umum yang bahkan bukan penggemar opera, balet atau orkestra.

Proyek kolaborasi antara arsitek dan desainer interior sering terdengar, tapi bagaimana dengan kolaborasi arsitek dan seniman visual? Kediaman Pasangan Kaplan di Canyon ini adalah bukti kerja sama tim yang langka ini. Butuh waktu lebih dari 12 tahun untuk menyelesaikan prosesnya, tetapi hasilnya luar biasa.

Pematung Charlie Kaplan dan istrinya seniman lanskap, Jo Ann, terlibat erat dalam proses desain dan konstruksi rumah mereka bersama dengan arsitek Michael Lehrer. Ide awalnya adalah untuk memperluas satu ruangan, tetapi kemudian berkembang secara radikal, melibatkan meruntuhkan seluruh rumah dan memulai dari awal. Hasil akhirnya adalah rumah kontemporer dengan plesteran putih yang duduk seolah-olah itu adalah patung di pemandangan hijau. Dinding berbingkai baja tampak melayang di atas tanah, menegaskan sifat pahatan.

Baca Juga:  RAB ( Rencana Anggaran Biaya )

Sama menyenangkannya dengan melihat eksteriornya, interiornya membuat penghuninya merasa nyaman. Salah satu ruang favorit pemilik di dalam rumah adalah ruang tamu yang memiliki pintu kaca geser di dua dinding yang dapat memanjang mulus ke taman yang berdekatan, yang, seperti yang dikatakannya, merupakan lambang kehidupan indoor-outdoor.

Pada tahun 2013, telur terong raksasa mendarat di Matsushima, Jepang. Rupanya, itu adalah struktur tiup yang dirancang oleh arsitek Jepang terkemuka Arata Isozaki dan seniman Inggris Anish Kapoor. Berjudul “Ark Nova”, proyek tersebut adalah membuat gedung konser portabel untuk tur nasional Festival Lucerne. Ini adalah tingkat baru dari kerajinan Kapoor yang sebelumnya dikenal untuk memproduksi instalasi abstrak ukuran besar.

Dilapisi dengan poliester berlapis PVC yang ringan, Bahtera berkapasitas 500 dapat dengan mudah dibongkar dan dipindahkan ke lokasi baru, bahkan area yang terkena dampak. Saat dipompa, membran tembus cahaya menyebarkan cahaya alami, menampilkan cahaya ungu lembut di dalam ruang. Interiornya dilengkapi dengan lantai kayu dan tempat duduk yang dapat dilepas, yang bersumber dari pohon cedar yang ditumbangkan oleh gempa dahsyat berkekuatan 9,0 yang terjadi dua tahun sebelumnya.

Kembali pada tahun 1937, arsitek Walter Gropius didekati oleh muridnya dari Sekolah Pascasarjana Desain Harvard untuk membangun rumah musim panas untuk ibunya. Tentu saja, karena itu akan menjadi komisi arsitektur pertamanya di AS, pendiri perintis Bauhaus Jerman sangat ingin menerimanya. Dia kemudian bekerja sama dengan desainer Marcel Breuer, mantan kolega Bauhaus dan profesor Harvard. Hal berikutnya yang mereka tahu, desainnya berubah menjadi tempat tinggal penuh waktu yang terletak di pantai utara Cohasset, Massachusetts, menghadap ke Samudra Atlantik.

Ketika Hagerty House akhirnya selesai dibangun pada tahun 1938, para tetangga Yankee yang kuno semuanya terkejut. Struktur minimalis tidak cocok dengan arsitektur sirap konservatif, Federalis, dan Kebangkitan Yunani lokal. Secara alami, itu menjadi rumah bersejarah karena membuka jalan bagi abad modern yang akan datang.
Pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker, Frank Gehry adalah salah satu arsitek modern terbesar di zaman kita. Desainnya yang dikenal sering dijuluki sebagai salah satu karya arsitektur kontemporer yang paling signifikan.

Untuk proyek Richard B. Fisher Center for Performing Arts, ia berkolaborasi dengan akustik Yasuhisa Toyota dan tim konsultan teater. Sebuah aula pertunjukan yang terletak di Annandale-on-Hudson, New York, pusat seluas 10.000 meter persegi menampung dua teater dan empat studio latihan. Fasad depan membentuk apa yang dapat diartikan sebagai topeng teatrikal untuk wajah mentah ruang pertunjukan. Bentuknya yang abstrak, seperti yang pernah dikatakannya, mempersiapkan pengunjung untuk terbuka merasakan pertunjukan di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =