PROSPEK KERJA TEKNIK INDUSTRI | Lulusan Teknik Industri Kerja Apa?

Posted on 5 views
Prospek kerja lulusan teknik industri

Prospek kerja lulusan teknik industri

Perkembangan yang cukup pesat di bidang ekonomi, sosial dan politik, dan munculnya model-model baru dalam menjalan kan urusan ekonomi mengubah dunia secara dramatis. Perkembangan teknologi telah membuat dunia menjadi semakin kompleks. Kesamaan menawarkan bahwa lingkungan yang kompetitif untuk praktik Teknik Industri akan berbeda antara hari ini dengan hari esok. Munculnya teknologi baru yang dipacu oleh persaingan yang ketat akan terus berperan untuk proses dan produk baru baik di lingkungan manufakturing maupun lingkungan jasa. Lalu prospek kerja apa yang ditawarkan dari lulusan Teknik Industri???

Teknik Industri sebagai suatu sistem integrator pada masa mendatang akan lebih besar lagi peranannya dengan semakin dikembangkannya konsep Computer-Integrated Manufakturing (CIM). Untuk mengenalkan banyak sekali teknologi dan inovasi baru, perusahaan perlu sekali melakukan banyak sekali perubahan yang cukup berarti. Mirip, modifikasi peraturan tradisional, penggantian struktur organisasi tradisional yang kerap kali menjadi penghalang dengan struktur yang dapat memfasilitasi perubahan yang terbuka, penggunaan sistem yang baik untuk lebih mendorong kerja sama, dan mengubah kultur perusahaan. Dengan demikian, Teknik Industri pada masa yang akan datang akan memainkan dua peranan, yaitu sebagai sistem integrator dan sebagai agen perubahan.

Keterkaitan Disiplin Ilmu Teknik Industri dengan Ilmu lainnya

Keterkaitan Disiplin Ilmu Teknik Industri dengan Ilmu lainnya

Pendidikan sarjana (strata 1) prodi Teknik Industri bertujuan untuk membentuk sarjana yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengoperasian dan pengendalian sistem industri yang luas dan kompleks, mempunyai kemampuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, maupun produktivitas sistem industri. Untuk memenuhi hal tersebut seorang sarjana Teknik Industri dituntut memiliki kemampuan dibidang ilmu keteknikan dan ilmu sosial secara bersama. Hal ini penting sebagai bekal untuk melihat dan menyelesaikan segala permasalahan industri dengan konsep pendekatan sistem. Sinkron dengan tujuan penyelenggaraan prodi teknik industri yang akan menghasilkan lulusan yang memiliki: integritas ilmiah dan kemampuan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan menyelesaikan persoalan yang kompleks, kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian serta kemampuan berkerja sama dalam kegiatan penelitian dan pengembangan,

Maka profesi, bidang pekerjaan, atau bidang keilmuan dan keahlian yang dapat diisi oleh lulusan teknik industri ialah:

1. Bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu

Lulusan TI sangat diperlukan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas. Hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur mirip Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll.

Baca juga: update isu KRAKATAU STEEL

2. Bidang sistem berita

Posisi yang biasanya diduduki lulusan TI misalnya staf IT , staf dalam pemasangan sistem berita, bahkan banyak alumni yang membuka perjuangan di bidang aplikasi house. Perusahaan yang membutuhkan lulusan TI misalnya: SAP Indonesia, Oracle Telekomsel, Pertamina, P&G, dll.

3. Bidang pemasaran

Beberapa posisi yang biasanya ditempati oleh lulusan TI misalnya market research, technical sales, dll. Misalnya di perusahaan P&G, Unilever, Nestle, Astra, dll.

4. Bidang logistik

Perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi adalah bidang yang mulai banyak dimasuki oleh lulusan TI mirip di P&G, PT S***n Gresik, dll.

5. Bidang manajemen sumber daya insan

Pengelolaan sumber daya insan mulai dari persoalan rekruitmen, pengembangan sistem penggajian dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan. Alumni TI yang bekerja di bidang ini misalnya di PT S***n Padang, P&G, dll.

6. Bidang keuangan (bank dan asuransi). Misalnya BNI, Bank Berdikari, Bank Niaga, dsb.

Baca juga: PERKEMBANGAN DISIPLIN TEKNIK INDUSTRI

7. Bidang konsultasi manajemen. Misalnya Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dsb

Baca juga: Teknik Industri ialah, DEFINISI INDUSTRIAL ENGINEERING

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Astra Agro Lestari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 3 =