PPIC. Jenis Perencanaan dan Tahapan Kegiatan PPIC

Posted on 1 views

Strata Perencanaan dan Pengendalian Produksi

Di dalam sistem perencanaan dan pengendalian produksi terdapat 3 jenis perencanaan berdasarkan periode waktu yang ditentukan yaitu sebagai berikut:

1. Perencanaan jangka panjang panjang, perencanaan ini meliputi

  • peramalan perjuangan,
  • perencanaan jumlah produk dan penjualan,
  • perencanaan produksi,
  • perencanaan bahan baku dan
  • perencanaan finansial.

Dengan melihat periode five tahun atau lebih, dengan jangka waktu terpendeknya ialah tergantung berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengubah kapasitas yang tersedia meliputi waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan desain dari bangunan dan peralatan yang baru, konstruksi, instalasi dan fasilitas baru hingga siap digunakan.

2. Perencanaan jangka menengah, perencanaan ini mencangkup

  • kebutuhan kapasitas,
  • perencanaan kebutuhan material,
  • penentuan jadwal induk produksi, dan
  • perencanaan kebutuhan distribusi produk.

Perencanaan ini juga disebut dengan perencanaan agregat dengan jangka waktu 1 tahun dan dikembangkan berdasarkan kereangka yang telah disusun pada perencanaan jangka panjang. Perencanaan agregat dilakukan berdasarkan peramalan permintaan dari data masa lalu dan berdasarkan sumber daya produktif meliputi jumlah tenaga kerja, tingkat persediaan dan biaya produksi.

3. Perencanaan jangka pendek, meliputi

  • kegiatan penjadwalan perakitan produk akhir,
  • perencanaan dan pengendalian input-output dalam sistem produksi,
  • pengendalian kegiatan produksi, yang demiklian bertujuan untuk menyeimbangkan permintaan aktual dengan sumber daya yang ada bedasarkan jumlah pesanan waktu yang tersedia, tenaga kerja, jumlah persediaan dengan perencanaan jumlah agregat yang disusun bersedarkan perencanaan sebelumnya

Kegiatan perencanaan dan pengendalian

Tahapan kegiatan perencanaan dan pengendalian produksi dimana disusun berdasarkan kebutuhan dengan menyesuaikan kondisi dan keterbatasan perusahaan guna melancarkan input, proses dan output perusahaan agar berjalan lancar sesuai dengan jadwal produksi yang telah ditetapkan, yaitu:

Kegiatan dan tugas PPIC

Tahapan kegiatan PPIC

Melakukan peramalan dan permintaan,

Dengan menghitung statistics permintaan masa lalu. Peramlan juga dapat dilakukan untuk statistics produksi atau disebut dengan peramalan produksi, perhitungan dilakukan sesuai dengan metode peramalan.

Melakukan perencanaan pembelian/ pengadaan,

Merencanakan jenis pembelian bahan baku, material dan sumber daya lain yang berkaitan dengan produksi dengan jumlah dan waktu yang sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan antara  pihakmanajemen dengan konsumen.

Melakukan perencanaan persediaan,

Merencankan berapa jumlah persediaan, jenis persediaan dan lamanya waktu penyimpanan agar bahan baku, bahan penolong dan enter lainnya tidak terlalu lama disimpan digudang guna mencegah kerusakan dan memangkas biaya penyimpanan yang akan terjadi banyaknya persediaan.

Melakukan perencanan kapasitas,

Perusahaan menentukan tingkat kapasitas yang diharapkan untuk melakukan jadwal produksi, dibandingkan dengan kapasitas yang tersedia, dan tindakan penyesuaian yang diharapkan. Elemenn penting dalam perencanaan kapasitas yang direncanakan yaitu tenaga kerja, jam mesin, fasilitas, luas gudang, dll

Penjadwalan produksi dan tenaga kerja,

Menguraikan perencanaan produksi secara sistematis sesuai kebutuhan produksi sedangkan penjadwalan tenaga kerja dapat dilakukan untuk mengendalikan jadwal tenaga kerja berdasarkan jumlah tenaga kerja.

Penjaminan Kualitas,

Melakukan analisis dalam pengendalian kualitas produk , diawali dengan bahan baku yang digunakan, proses pelaksanaan produksi , campuran produk, serta kualitas mesin dan peralatan yang digunakan.

Monitoring aktivitas produksi,

Akibat dari seluruh kegiatan dianalisis dan dievalusi apakah terjadi pepnyimpangan atau tidak.

Pengendalian produksi,

Melakukan implementasi terhadap rencanan yang telah tersusun , dilakukan dengan cara menawarkan pengawasan dan evaluasi terhdap setiap deviasi yang terjadi pada kegiatan produksi.

Pelaporan dan pendataan,

Melakukan pendataan dan pelaporan atas input, proses dan output terhadap deviasi yang terjadi pada proses produksi sehingga perusahaan dapat melakukan tindakan perbaikan secara retain.

Baca juga : Apa itu PPIC ?  Tujuan dan Fungsi

………………………….

Daftar pustaka : Sofyan, Diana K. 2013. “Perencanaan Dan Pengendalian Produksi“. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baca Juga:  Gambar Bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =