PERKEMBANGAN DISIPLIN TEKNIK INDUSTRI || Materi Teknik Industri

  • Share

Perkembangan Teknik Industri

Haloo semua… masih seputar Teknik Industri nih, postingan sebelunya yaituhttps://kidangijo06.blogspot.com/2017/11/definisi-sejarah-dan-perkembangan.html

oke kali ini pembahasan mengenai Perkembangan Teknik Industri yaitu mengenai perkembangan organisasi dan pendidikannya

Always stay on my blog ya.. jangan bosan untuk terus membaca >>>

      a.       Perkembangan organisasi Teknik Industri

American Society of Mechanical Engineering (ASME) ialah forum yang pertama kali mendiskusikan konsep-konsep Teknik Industri terutama dipelopori oleh Taylor dan kawan-kawan (bukan ipin upin dan kawan-kawan yaa.. wkwkwk). Pada tahun 1912 berdirilah The Efficiency Society dan The Society to Promote the Science of Management yang kemudian pada tahun 1915 keduanya bergabung menjadi The Taylor Society. Organisasi ini bertujuan untuk berbagi konsep-konsep scientific management yang dicetuskan oleh Taylor.

Pada tahun 1917 berdirilah Society of Industrial Engineers (SIE) yang didirikan untuk berbagi pengetahuan di bidang teknik manufaktur danpengaplikasian sumber daya organisasi untuk riset menulis, publikasi dan penyebarluasan berita. Selanjutnya pada tahun 1936, The Taylor Society bergabung dengan SIE menjadi Society for Advancement Management (SAM). Setelah beberapa tahun, pada 1948 berdirilah The American Institude of Industrial Engineers (AIIE) yang menerbitkan Journal of Industrial Engineering. Pada tahun 1981, didukung oleh sekitar 70 negara, AIIE bermetamorfosis organisasi internasional dengan nama Institude of Industrial Engineers (IIE).

Di Indonesia sendiri, pada tahun 1967 berdirilah Persatuan Pakar Teknik Industri yang hanya aktif beberapa tahun, kemudian pada tanggal 22 November 1986 telah berdiri organisasi profesi di Jakarta yang bernama Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri (ISTMI).

      b.      Perkembangan Pendidikan Teknik Industri

Topik-topik yang erat hubungannya dengan disiplin Teknik Industri mulai diajarkan pertama kali oleh Prof. Hugo Diemer di Departemen Teknik Mesin, University of Kankas, Amerika Perkumpulan pada tahun 1902, denganmengambil pokok bahasan perancangan pabrik, peralatan, dan organisasi. Kemudian pada tahun 1904, Prof. Dexter Kimball memberikan mata kuliah pilihan Teknik Industri kepada mahasiswa akhir teknik mesin di Conel University. Pada tahun 1908, Prof. William Ker memprakarsai kurikulum Teknik Industri di Ciracuse University.

Baca Juga:  Upaya Pengendalian Bencana Banjir

Acara study Teknik Industri pertama kali dibuka di Pennsylvania State Unersity pada tahun 1909 dengan Prof. Diemer sebagai kepala acara studi. Istilah-istilah klasik maupun popular mirip manufaktur, produktifitas, efisiensi, manajemen, factor insan, time and motion study, teknik adat ekonomi gerakan, dsb, telah mewarnai dan mendasari konsep Teknik Industri pada awal pertumbuhannya.

Goresan pena pertama Diemer perihal Teknik industri diberi judul Factory Organization and Administratic (1910). Tiga tahun kemudian, Kimball dari Conell University membuat goresan pena Principles of Industry Organization dan dijadikan sebagai buku standar.

Sebelum PD II acara pendidikan Teknik Industri memang tumbuh dari departemen Teknik Mesin tetapi setelah PD II, dengan munculnya Operations Research, Manajemen Urusan ekonomi, dan Komputer membawa perspektif baru bagi pendidikan Teknik Industri. Perkembangan lebih lanjut ialah masuknya beberapa disiplin ilmu statistic, psikologi industri, ilmu-ilmu social, sebagai background dari pendidikan Teknik Industri.

Pendidikan Teknik industri di Indonesia mulai diperkenalkan oleh Matthias Aroef MSc. PhD. Pada tahun 1958 setelah menyelesaikan study di Cornell University. Tahun 1960, ITB membuka sub jurusan Teknik Industri di Jurusan Teknik Mesin. Baru pada tahun 1971, didirikanlah Jurusan Teknik Industri yang Terpisah dari Teknik Mesin. Atas jasanya, nama Prof. DR. Matthias Aroef ini diabadikan oleh ISTMI dalam bentuk Matthias Aroef Award, yaitu penghargaan yang diberikan kepada  mereka yang dianggap berjasa mengaplikasikan dan berbagi profesi Teknik Industri di Indonesia.

Yupss…  demikian pebahasan kali ini, next bakal ada materi-materi seputar teknik industry lainnya. Atau enggak kalian mampu tulis di kolom koment , semoga bermanfaat.

Oh yaa di blog ini ada beberapa dua focus bidang utama yaitu mengenai Teknik Sipil dan Teknik Industri, so buat diskusi atau request mengenai materi-materi apa yang pengen kalian tau corat coret aja di komentar ya,. Dan sebagai review tambahan ada coretan perihal travelling si penulis yang tipsnya gak kalah seru untuk kalian baca, tetep nyimak n stay on my blog ( kalo di youtube di Subscribe ya.. hehehe).

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT ISS Indonesia (ISS Group)

…. See u n baa bay…..

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − 9 =