Opera Theatre K11 Musea
Opera Theatre K11 Musea

Merancang K11 dengan Otto Ng dari LAAB

Posted on 46 views

Opera Theatre K11 Musea adalah pice de résistance yang luar biasa untuk gedung ritel budaya 10 lantai. Ini dirancang oleh studio arsitektur yang berbasis di Hong Kong, LAAB, yang juga bertugas menciptakan beberapa aspek desain yang paling mencolok di area tersebut. Otto Ng, Direktur Desain LAAB, berbicara dengan Desain Indonesia selama kunjungan kami ke Hong Kong dan berbicara kepada kami tentang prosesnya.

Bagaimana pendekatan Anda untuk merancang bagian-bagian dari K11 Musea?
New World pertama kali mendekati kami empat tahun lalu karena mereka mencari perusahaan dan studio desain yang mempraktikkan inovasi dalam desain. Pada saat kami baru saja menerbitkan proyek Small Home, Smart Home kami yang merupakan proyek apartemen yang dapat ditransformasi. Proyek ini menjadi sangat viral secara online dan telah menunjukkan kepada publik dan Dunia Baru bahwa kami inovatif dalam hal desain. Setelah melihat-lihat portofolio kami, New World tertarik untuk bekerja sama dengan kami untuk melihat apa yang dapat kami uji dalam hal proyek K11 Musea. Untuk proyek ini kami fokus pada fitur interior bangunan, tetapi kami juga mengerjakan paviliun di atap.

Apakah Anda diberi pengarahan oleh Adrian Cheng?
Ketika kami pertama kali didekati untuk mendesain ruang, jelas bahwa Adrian menginginkan tempat yang mencolok bagi orang-orang untuk datang dan berkumpul. Dia ingin kita mendesain atrium utama dan memasukkan jenis langit-langit tertentu yang mengingatkan pada katedral, sebuah ruang di mana orang dapat berkumpul tidak hanya di satu lantai, tetapi di setiap sudut atrium. Itu sebabnya kami membuat struktur kubah dengan Oculus di atasnya, bersama dengan pemanjat yang meningkat yang merupakan patung organik yang menggambarkan bagaimana pohon dan tanaman tumbuh.

Setiap bagian atrium memiliki aspek organik dan unik. Detail penting lainnya adalah bagaimana cahaya masuk. Kami terinspirasi oleh gereja-gereja di Eropa, di mana ada elemen yang memungkinkan cahaya bersinar dengan cara yang unik dari siang hingga malam. Kami membuat konsepnya dengan cepat, tetapi konstruksinya adalah tantangan terbesar karena sangat rumit dan semuanya dilukis dengan tangan oleh pengrajin lokal.

Baca Juga:  Bagaimana Mengubah Rumah Anda Menjadi Jungalow

Apa visi utama Anda dalam semua desain Anda?
Setiap bagian yang kami rancang memiliki karakternya sendiri. Kami menciptakan stasiun kereta bawah tanah, halte bus, toilet umum, kios, masing-masing dengan fungsi dan desainnya sendiri. Beberapa dapat diubah, toilet berventilasi silang, halte bus telah menjadi bagian dari lanskap pohon. Masing-masing memiliki kisahnya sendiri tetapi juga merupakan bagian dari satu keluarga yang menggambarkan apa yang kita sebut alam perkotaan.

Sifat perkotaan memiliki dua arti. Salah satunya adalah bagaimana kita menggabungkan bagian dari alam ke daerah padat, perkotaan dan padat penduduk Hong Kong dan masih dapat menikmatinya, dan makna lainnya adalah mengidentifikasi subkarakter dari urbanisme Hong Kong dan mencoba untuk mengungkapkan apa artinya bagi orang-orang di sini. Setiap desain kami untuk K11 Musea memiliki caranya sendiri untuk merepresentasikan arti alam perkotaan bagi kami dan Anda dapat melihat bagaimana ia menghubungkan interior, eksterior, dan hingga ke atap gedung.

Bagaimana rasanya berkolaborasi dengan begitu banyak desainer? Apa pengalaman Anda?
Itu menarik namun menantang. Ada banyak ide di atas meja, jadi kami harus memastikan bahwa kami berjalan dengan visi yang sama. Syukurlah kami akhirnya memiliki visi yang sama. Kami ingin tempat bagi publik untuk berkumpul, kami ingin ruang yang berkesan.

Ada begitu banyak ide luar biasa dengan visi itu, dan sulit untuk mempersempit semuanya dan tetap berpegang pada garis waktu kami. Itu adalah proses yang intens karena semua aspek berbeda yang terlibat. Tapi saya sangat bangga dengan pekerjaan yang telah kami lakukan, saya pikir rooftop adalah salah satu rooftop terbaik yang dibuat di Hong Kong, terutama karena itu bukan fitur umum.

Pengalaman saya bekerja dengan desainer lokal dan internasional sangat luar biasa, karena meskipun kami berasal dari negara yang berbeda, kami masih berbagi bahasa desain yang sama. Bagian yang sulit adalah mencari tahu bagaimana menerapkan desain inovatif kami, karena beberapa di antaranya belum pernah terjadi sebelumnya terutama di Hong Kong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − sixteen =