Menghitung Luas Bangunan: Aturan dan Cara Menghitung

Posted on 5 views

Poly alasan kenapa orang melakukan perhitungan luas bangunan. Mampu jadi karena ingin menjual propeti yang dimiliki, ingin mengetahui akibat pekerjaan suatu bangunan, atau untuk kelengkapan dokumen properti.

Dalam menghitung luas bangunan ada beberapa cara yang mampu dipakai. Cara tersebut mampu kau pakai salah satunya, yang mana menurut kau hal tersebut paling memungkinkan untuk dilakukan.

Panduan Menghitung Luas Bangunan/Rumah

Menghitung Luas Bangunan. (sumber: sulekha.Com)

Cara-cara dalam menghitung luas bangunan diantaranya: menghitung luas bangunan dengan cara guide dengan bantuan rumus luas matematika sederhana, alternatif lainnya dengan cara menghitung luas bangunan dengan bantuan aplikasi acara AutoCAD.

Namun, sebelum mulai menghitung luas bangunan, ada baiknya kita mengenal sedikit aturan yang biasa dipakai dalam menghitung luas bangunan.

Anggaran Menghitung Luas Bangunan

  • Menghitung luas suatu ruangan yang berhimpitan dinding ditentukan perhitungannya dari as (titik tengah) dinding hingga dinding berikutnya. Untuk menghitung jumlah luas lantai (bukan yang berhimpitan) maka perhitungannya dilakukan hingga batas terluar pada dinding.
  • Untuk ruangan dengan dinding setinggi 1.2 meter maka dihitung sepenuhnya. Misal ruangan dengan size 5×4 m2, maka luas 20 m2. Sebaliknya, kalau tinggi dinding tidak mencapai ketinggian tadi, maka luas ruangan dihitung setengahnya. Hal ini balik lagi ke aturan dari KDB oleh tiap-tiap kawasan yang mampu jadi berbeda.
  • Nir perlu menghitung luas untuk overstek, misal balkon dengan ketetapan dinding pembatas tidak lebih dari 1.2 m.
  • Untuk teras yang sebagian dindingnya mempunyai ketinggian 1.2 m, maka luas yang diperhitungkan hanya 60% dan luas tananya tetap dihitung 100%.

Pada dasarnya bangunan yang ada memiliki batas tertentu yang mampu kenali untuk menerima luasnya.

Tapi yang perlu diketahui ialah tidak semua batas fisik pada bangunan sama perlakuannya dalam menghitung. Misal untuk place teras, balkon, selasar dan sejenisnya.

Anggaran penting lainnya yaitu perhatikan juga aturan-aturan yang berlaku di tiap kawasan untuk menghitung luas bangunan.

Setelah sedikit mengenal aturan dalam menghitung luas bangunan. Kita beralih ke cara-cara perhitungan luas bangunan. Simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Menghitung Luas Bangunan dengan AutoCAD

Kalau memilih cara ini, pastikan kau familiar dalam menggunakan AutoCAD. Caranya, kau beri perintah PL atau disebut Banyak Line pada kolom Command lalu Enter. Lanjutkan perintah tersebut dengan mengelilingi sisi bidang bangunan yang ingin kau hitung luasnya.

Setelah itu, kau beri perintah LI atau List, untuk menampilkan berita dari AutoCAD yang berisikan data Luas, Keliling dan Koordinat.

Perhitungan Luas Bangunan di Software AutoCAD

Keterangan Hasil Perhitungan Luas Bangunan dengan AutoCAD

Lihat pada gambar, keterangan pada region menawarkan nilai luas yang kita hitung yaitu 30000000. Lalu rubah hasilnya menjadi m2, menjadi 30 m2.

Cara Manual Menghitung Luas Bangunan dengan Rumus Matematika Sederhana

Untuk melakukan perhitungan dengan cara ini, pastikan kau mempunyai gambar denah bangunan yang ingin dihitung.

Caranya sangat sederhana, cukup kau catat panjang dan lebar tiap bidang luas pada bangunan lalu lakukan perhitungan perkalian biasa. Misal panjang bangunan 10 m dan lebar 8 m maka luas bangunan 8×10 = eighty m2.

Denah Bangunan yang akan Dihitung

Denah Bangunan. (sumber: depoproperti.Com)

Itulah berita yang dapat kami sampaikan perihal Menghitung Luas Bangunan. Silahkan dipilih cara mana yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini mampu bermanfaat.

Jangan lupa bagikan postingan ini ke teman-teman lainnya yang mungkin membutuhkan data ini. Silahkan berkomentar jika masih ada yang galau. Sekian dan Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via e-mail:

Baca Juga:  Mudahnya Menemukan Apartemen Ideal di Jendela360

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + eighteen =