MENGENAL RAGAM MODEL LAMPU HIAS RUANG TAMU

  • Share

Pencahayaan di ruang tamu akan lengkap dengan kehadiran lampu hias ruang tamu. Meski fungsi utamanya sebagai dekorasi, lampu hias juga punya andil sebagai sumber cahaya tambahan di ruang tamu. Lampu hias ruang tamu yang memancarkan cahaya hangat dapat membangun suasana nyaman di ruangan. Cahaya dari lampu hias ruang tamu juga mampu menawarkan highlight pada benda-benda di dalam ruang tamu. Misalnya dengan meletakkan lampu hias di dekat lukisan dinding maupun pajangan koleksi pemilik rumah. Berikut beragam pilihan model lampu hias ruang tamu dan tips penempatannya. Pemilihan jenis lampu hias ruang tamu yang sempurna pastinya akan membuat ruang tamu jadi nyaman dan tampil lebih menarik lagi.

Lampu gantung

Lampu gantung adalah model lampu hias ruang tamu yang paling banyak dipilih. Jenis lampu hias ini tidak mengganggu penataan furnitur di ruang tamu karena letaknya yang bergelantung di plafon ruangan. Namun untuk pemasangannya, pemilik rumah juga perlu mempertimbangkan tinggi plafon, panjang kabel lampu, dan posisi lampu gantung. Lampu gantung mampu diletakkan di tengah ruang tamu, maupun di salah satu sudut ruang agar ruang tamu tampil menawan.

Chandelier

Termasuk jenis lampu gantung, lampu hias ruang tamu model chandelier biasanya ditemukan di rumah-rumah berkonsep klasik. Namun kini chandelier hadir dengan lebih simpel dan tampak rupawan untuk ruang tamu minimalis. Lampu hias ruang tamu model chandelier idealnya ditempatkan di ruang tamu yang memiliki plafon tinggi untuk mengimbangi ukuran chandelier yang terbilang besar.

Lampu meja

Lampu hias di meja cocok untuk ruang tamu yang memiliki credenza maupun meja untuk meletakkan pajangan. Agar tampilan lampu meja selaras dengan konsep ruang tamu, pilih kap lampu dengan desain yang sesuai dengan tema ruang tamu Anda. Namun buat Anda yang memiliki ruang tamu minimalis, Anda mampu lebih leluasa memilih model kap lampu. Anda dapat memilih lampu hias ruang tamu dengan kap lampu yang selaras atau kontras sebagai aksen pada ruangan tersebut.

Lampu lantai

Baca Juga:  8 INSPIRASI PADUAN MEJA KAMAR TIDUR DAN LAMPU YANG SERASI

Lampu hias ruang tamu yang berdiri di lantai bermanfaat sebagai cahaya tambahan di sudut ruang tamu maupun di sudut sofa. Meski tampilannya lebih sederhana dibanding lampu gantung maupun lampu meja, lampu lantai tetap mampu menjadi elemen dekorasi pada ruang tamu. Kini tersedia banyak sekali macam model tiang serta kap lampu lantai yang memudahkan Anda menyesuaikannya dengan gaya desain yang Anda inginkan.

Lampu dinding

Lampu dinding dapat menawarkan kesan elegan pada dinding ruang tamu. Cahaya dari lampu hias ruang tamu jenis ini juga mampu dimanfaatkan untuk mempertegas detail dari elemen dekoratif yang ada di dinding maupun pada dekorasi ruangan. Untuk penempatannya, lampu dinding kembar sebaiknya dipasang di sisi kiri dan kanan elemen ruang tamu, misalnya lemari, rak TV, ataupun lukisan. Namun lampu dinding tunggal juga menarik untuk menghiasi ruang tamu, yang penting letakkan lampu dinding di ketinggian yang pas agar tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah sampai mengganggu tampilan.

Demikianlah jenis-jenis lampu hias untuk menerangi sekaligus mempercantik ruang tamu. Temukan tips dan ilham interior lainnya di Archify. Tersedia p**a banyak sekali desainer interior dan arsitek yang siap membantu Anda berkonsultasi untuk wujudkan desain rumah cita-cita.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

12 + three =