Mengatasi Cat Dinding Berjamur, Mengelupas, dan Luntur

Posted on 0 views

Cara Mengatasi Cat Dinding Berjamur, Mengelupas, dan Luntur | Apakah cat dinding anda berjamur, mengelupas, atau luntur? Ketiga hal itu mampu terjadi pada cat dinding yang sudah lama ataupun yang baru saja diaplikasikan. Biasanya sih cat yang bermasalah tadi terletak pada kawasan yang basah dan lembab mirip di samping kamar mandi. Tentu tidak nyaman melihat tembok anda belang-belang cokelat hitam atau malah hijau saking suburnya lumut di situ.

Apa penyebab dinding dalam rumah hingga lumutan?

Penyebabnya ya karena lembab, aliran udara tidak baik. Selain itu, acapkali karena tembok luar tidak diplester dengan baik. Kemungkinan lain karena posisi tembok itu tidak memungkinkan untuk mampu kering. Misalnya karena di ?Belakang? Tembok tadi bukan ruang kosong melainkan tanah karena posisi tanah di mana bangunan rumah kita itu berdiri tidak rata. Yang ini agak susah. Tapi masih mampu diatasi kog.

Meskipun kondisi lingkungan tidak terlalu rupawan untuk kesehatan dinding dan catnya, tapi cara mengatasinya kurang lebih sama. Harus telaten, gunakan bahan yang rupawan, perhatikan kondisi sekeliling dengan seksama.

Sebelum melakukan pengecatan, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Kalau anda akan mengecat ulang dengan warna berbeda dari warna cat sebelumnya, jangan eksklusif ditimpa. Di kerok terlebih dahulu hingga bersih. Atau jika mau mudah dan cepat di gosok dengan kertas gosok hingga bersih. Kenapa begitu? Penumpukan unsur kimia dari cat lama dan cat baru mampu memunculkan warna yang tidak sesuai dengan perkiraan anda. Selain itu, sangat mungkin beberapa bagian dari cat lama sudah tidak menempel dengan baik.
  • Lebih baik mengecat dua kali tipis-tipis dari pada mengecat sekali jalan eksklusif tebal. Lakukan pengecatan pertama tipis saja. Tunggu hingga kering, lalu lakukan pengecatan kedua.
  • Bersihkan benar-benar semua bagian yang mengelupas, berdebu, atau berlumut.
  • Gunakan produk yang baik untuk mencegah tumbuhnya lumut.
  • Kalau cat anda ngelonthok, kemungkinannya karena cat sebelumnya tidak di bersihkan, dan karena kelembaban yang sangat tinggi. Kalau sangat bermasalah, coba hilangkan plesteran hingga ke dinding, lapisi dengan gipsum, baru di plester lagi hingga pengecatan selesai.
  • Perhatikan peruntukan cat yang anda beli. Kalau cat itu untuk interior ya gunakan untuk dalam ruangan. Kalau untuk ekterior ya gunakan untuk mengecat tembok luar bangunan rumah anda.
  • Sebelum mengecat bersihkan dahulu dengan lap basah supaya debu-nya hilang. Tunggu sampai kering.

Proses pengecatan dari awal amat berpengaruh pada cat dinding tersebut kemudian. Untuk itu ada beberapa aturan baku yang hendaknya tidak diabaikan kalau ingin menerima kualitas akibat cat dinding yang bersih dan bebas persoalan.

Berlangganan update artikel terbaru through e mail:

Baca Juga:  Lowongan Kerja Kharisma Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + nineteen =