MENARIK PERHATIAN, BERIKUT 7 INSPIRASI DESAIN RUMAH TINGKAT DUA UNTUK ANDA

  • Share

Memiliki rumah adalah cita-cita semua orang. Apalagi, kalau anggota keluarga bertambah, maka kebutuhan akan ruang dalam hunian pun turut bertambah. Kalau tidak ada lahan kosong lagi di sekitar rumah, Anda mampu memperluas hunian dengan menambah tingkat ke atasnya. Baik bertingkat dua maupun lebih, ketika ini banyak desain rumah tingkat yang mampu dijadikan acuan untuk renovasi atau membangun rumah baru Anda. Jika sedang mencari desain rumah tingkat, mampu intip di sini untuk inspirasinya.

Desain rumah tingkat terbuka

Untuk tampilan beda, Anda mampu usung konsep terbuka pada desain rumah tingkat. Fasad rumah mampu dimanfaatkan sebagai jendela besar dan pintu depan. Ventilasi ini hadir baik di lantai satu maupun lantai dua sehingga penghuni dapat leluasa melihat ke luar, orang di luar pun juga dapat melihat kondisi dalam rumah. Kalau menggunakan konsep ini, pastikan keamanan terjaga dengan menggunakan material kaca yang tebal dan adanya tirai untuk menutup jendela.

Desain rumah tingkat beratap datar

Atap rumah di negara tropis pada umumnya berbentuk segitiga atau limas. Jika ingin desain rumah tingkat Anda tampil menarik dan beda, mampu menerapkan atap datar. Atap datar memungkinkan agar kelak mampu disulap menjadi teras atap untuk bersantai atau untuk bercocok tanam dalam p*t. Selain itu, dalam hal pengerjaan, konstruksi atap datar lebih mudah dibuat dibandingkan jenis atap lainnya. Dan tentu saja material yang diharapkan juga lebih sedikit sehingga mampu menekan biaya pembangunan.

Desain rumah tingkat minimalis

Tampil sederhana, desain rumah tingkat ini menghadirkan warna hitam dan putih pada bagian fasadnya. Lalu, bagian atapnya berbentuk segitiga di salah satu sisi, sedangkan sisi lainnya terlihat kosong. Sepintas, rumah ini tampak berlantai dua. Nyatanya, lantai ketiga desain rumah tingkat ini berada pada ruang yang tercipta oleh atap segitiga yang mampu dimanfaatkan sebagai loteng.

Desain rumah tingkat compact

Desain rumah tingkat dua mampu dirancang dengan bentuk yang compact dan sederhana. Bentuk compact ini bertujuan agar pembangunan jadi mudah dikerjakan serta biaya yang tidak besar. Selain itu, gaya minimalis dengan permainan warna monokrom membuat eksterior rumah tingkat ini tampil memukau. Untuk Anda yang sangat menjaga privasi, mampu aplikasikan desain rumah tingkat ini. Bagian depannya tertutup, hanya menyisikan sedikit ruang untuk jendela. Lalu, untuk tanaman mampu memanfaatkan ruang di sela-sela area yang terbatas.

Baca Juga:  Merancang K11 dengan Otto Ng dari LAAB

Desain rumah tingkat memanjang

Kondisi lahan yang tak lebar tidak menjadi batasan dalam mendesain hunian. Desain rumah vertikal yang memanfaatkan panjang tanah mampu menjadi solusi cerdas di lahan terbatas. Lantai satu mampu dipakai untuk ruang publik, sedangkan lantai dua mampu untuk ruang yang lebih privat. Kalau masih memiliki sedikit lahan, mampu dimanfaatkan sebagai area parkir.

Desain rumah tingkat seolah bertumpuk

Jika ingin tampil kontras dengan bangunan sekitar, Anda mampu desain rumah tingkat dengan bentuk yang tak umum. Mirip ilham di atas yang membuat fasad bangunan hanya berupa kotak putih yang seolah ditumpuk sehingga menghasilkan komposisi m***a yang menarik. Lalu, kesan minimalis juga lebih terasa karena desain rumah tingkat ini seluruhnya dicat putih.

Desain rumah tingkat dengan komposisi material

Rumah perkotaan biasanya menampilkan desain rumah tingkat yang ramping dengan sudut potong yang rapi. Alih-alih mengandalkan elemen dekoratif, Anda mampu memamerkan komposisi yang menarik pada bagian fasadnya. Kesan unik pada rumah ini ada pada bagian atap yang berupa kanopi yang menjorok ke depan guna melindungi interior rumah dari sinar matahari dan hujan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 4 =