MEAN, MEDIAN, MODUS, DESIL, QUARTIL, PERSENTIL | STATISTIK DASAR

Posted on 1 views

Statistik adalah bidang ilmu matematika yang yang berperan dalam mengumpulkan data, mengolah data, menganalisa data dan menyimpulkan guna menerima gambaran data sampel yang mewakili dari data populasi yang diteliti.

Istilah-istilah dalam statistik sangatlah banyak diantaranya ialah sebagai berikut :

1) Mean (Rata ? Rata)

Mean ialah jumlah sekumpulan data yang berbanding terbalik dengan jumlah banyaknya data. Lambang mean untuk data sampel ialah ??? dan lambang rata – rata untuk populasi ialah ?? . Jenis – jenis mean meliputi mean aritmatik, mean harmonik, dan mean geometrik. Mean aritmatik ialah rata – rata Jenis mean tersebut dapat digunakan untuk menghitung data tunggal dan data kelompok.

Baca Selanjutnya ⇒ MEAN ARITMATIK, MEAN HARMONIK, MEAN GEOMATRIK

2) Median (Nilai Tengah)

Median ialah  nilai tengah dari sebuah data dimana data tersebut sudah diurutkan dari yang terkecil keterbesar atau dari yang terbesar keterkecil. Lambang untuk median ialah Me. Perhitungan median dapat digunkan untuk data tunggal maupun data kelompok.

three) Modus

Modus adalah nilai data yang paling banyak muncul atau paling banyak jumlah frekuensinya. Lambang untuk modus ialah Mo. Perhitungan modus dapat digunkan untuk data tunggal maupun data kelompok.

four) Desil

Suatu data yang sudah diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar kemudian dibagi menjadi 10 bagian yanga sama sehingga batas dari sepuluh bagian yang sama dinamakan dengan desil. Lambang untuk desil ialah Di. Dimana desil pada data dari desil ke-1 (D1) hingga desil ke-9 (D9). Perhitungan desil dapat digunkan untuk data tunggal maupun data kelompok.

Baca dulu :TIPE DATA, STATISTIK DAN ELEMEN STATISTIK persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok.

persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok.

persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok. adalah data yang berasal dari sekat data yang telah diurutkan dari terkecil ke terbesar menjadi empat bagian yang sama. Quatil dilambangkan dengan Qi dimana i ialah 1, 2, dan 3. Perhitungan quartil dapat diterapkan pada data tunggal dan data keompok.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Union Sampoerna Triputra Persada

persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok.

Bagian dari suatu data yang dibagi menjadi 100 bagian yang sama. Dimana sekat dari data tersebut yang dibagi menjadi 100 bagian dinamakan dengan persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok.. Lambang untuk persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok. ialah Pi. Banyaknya persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok. yaitu dari persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok. ke-1 (P1) hingga dengan persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok. ke-99 (P99). Perhitungan

persentil dapat digunakan untuk information tunggal maupun statistics kelompok. dapat digunakan untuk data tunggal maupun data kelompok.

Baca juga :MENGOLAH DATA SPSS,CONTOH KASUS || Materi Teknik Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =