LAMBANG/ SIMBOL PETA KERJA || Materi Teknik Industri

  • Share

Oke cusss… di postingan sebelumnya aku sudah mengupdate peta-peta kerja, baik peta kerja keseluruhan maupun peta kerja setempathttps://kidangijo06.blogspot.com/2017/07/peta-kerjapeta-kerja-keseluruhan-contoh.html

So..,, kali ini mengenai pengantar peta-peta kerja agar lebih terang,yaitu mengenai simbol, arti simbol dan pengaplikasian simbol

Yuk di simak , cikidot …

Prembule, ada lima langkah sistematis  untuk memecahkan suatu persoalan, yaitu :

  1.     Pendefinisian Persoalan. Tujuan yang akan dicapai secara umum. Adalah, ditentukan dulu kriterianya, akibat yang diinginnkan, waktu yang tersedia, dll.
  2.    Penganalisisan Persoalan. Berdasarkan fakta-fakta yang ada, dibuat spesifikasi dan batasan-batasannya, menyajikakan fakta-fakta secara sistematis, melakukan pengujian kembali atas masalah dan kriteria-kriterianya. Di sini peta-peta kerja berperan.
  3.    Pencarian alternatif-alternatif. Berdasarkan kriteria-kriteria dan batasan-batasan yang telah ditentukan, disusun sebagai alternatf pemecahan masalah yang masih harus dipilih.
  4.      Mengevaluasi alternative yang diusulkan. Dipilih yang terbaik dengan menggunakan prinsip dan teknik yang dipertanggung jawaban secara ilmiah.
  5.       Pengambilan keputusan. Memilih alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang ada.

Pada dasarnya peta-peta kerja adalah sistematis untuk mengumpulkan semua fakta. Yang kemudian dengan mengemukakannya dalam bentuk peta-peta kerja, fakta-fakta ini dikomunikasikan kepada orang lain dengan sistematis dan terang. Untuk mampu memahami fakta-fakta dengan baik, perlu ditinjau secara makro dan mikro.

Peninjauan secara makro berarti fakta-fakta yang ada ditinjau secara menyeluruh, antara sistem kerja. Ad interim secara mikro, fakta-fakta yang ada ditinjau secara jelas di setiap sistem kerja. Kedua cara peninjauan ini dipenuhi dengan menggunakan peta-peta kerja yang memang pada dasarnya dibagi dalam dua kelompok besar. Pertama, peta-peta kerja yang menganalisis secara keseluruhan ( makro) dan kedua, peta-peta kerja yang menganalisis kerja setempat (mikro).

DEFINISI PETA KERJA

Jadi peta kerja ialah sesuatu alat yang menggambarkan kegiatan kerja secara sistematis dan terang (biasanya kerja produksi). Lewat peta-peta ini kita mampu melihat semua langkah atau kejadian yang dialami oleh suatu benda kerja dari muali masuk ke pabrik (berbentuk bahan baku); kemudian menggambarkan semua langkah yang dialaminya, mirip : transportasi, operasi mesin, pemeriksaan dan perakitan; hingga akhirnya menjadi produk jadi baik, baik produk lengkap atau adalah bagian dari suatu produk lengkap.

Apabila kita melakukan study yang saksama terhadap suatu peta kerja, maka pekerjaan kita dalam perjuangan memperbaiki metode kerja dari suatu poses produksi akan lebih mudah dilaksanakan. Pemugaran yang mungkin dilakukan , antara lain :

  1.          Menghilangkan opoerasi yang tidak perlu
  2.        Menggabungkan suatu operasi dengan operasi lainnya
  3.         Menemukan suatu urutan kerja
  4.         Proses produk yang lebih baik
  5.         Menentukan mesinn yang lebih ekonomis
  6.        Menghilangkan waktu menunggu antar operasi

Pada dasarnya semua perbaikan tersebut ditujukan untuk mengurangi biaya produksi secara keseluruhan, dengan demikian peta ini mempermudah perencanaan perbaikan kerja.

LAMBANG YANG DIGUNAKAN

Gillbreth mengusullkan 40 buah lambang, pada tahun berikutnya lambang tersebut disederhanakan sehingga hanya tinggal 4 macam saja, namun pada tahun 1947 American Society Mechanical Engineer (ASME) membuat standar lambang-lambang yang terdiri atas 5 macam lambang yang adalah modifikasi yang telah dikembangkan sebelumnya oleh Gillbreth

Operasi

Suatu kegiatan operasi terjadi apabila benda kerja mengalami perubahan sifat, baik fisik maupun kimiawi. Mengambil berita maupun menawarkan berita pada suatu keadaan juga termasuk operasi.

Operasi adalah kegiatan yang paling banyak terjadi dalam suatu proses. Dan biasanya terjadi pada suatu mesin atau sistem kerja, contohnya :

  •          Pekerjaan menyerut kayu dengan mesin serut
  •          Pekerjaan mengeraskan logam
  •          Pekerjaan merakit.

Dalam praktiknya, lambang ini juga mampu digunakan untuk menyatakan aktivitas administrasi, misalnya; aktivitas perencanaan atau perhitungan.

Pemerikasaaan

Suatu kegiatan pemeriksaan terjadi apabila benda kerja atau peralatatan  mengalami pemeriksaan baik untuk segi kualitas maupun kuantitas.

Lambang ini digunakan kalau kita melakukkan pemeriksaan terhadap suatu objek atau membandingkan objek tertentu dengan suatu standar.

Suatu pemeriksaan tidak  menjuruskan bahan kea rah menjadi suatu barang jadi, contohnya:

  •           Mengukur dimensi benda
  •           Memeriksa warna benda
  •           Membaca alat ukur tekanan uap

Transportasi

Suatu kegiatan transportasi terjadi apabila benda kerja, pekerja atau perlengkapan mengalami perpindahan kawasan yang bukan bagian dari suatu operasi

Contohnya :

  •    Benda kerja diangkut dari mesin bubut ke mesin skrap untuk mengalami operasi berikutnya.
  •       Suatu objek dipindahkan dari lantai atas lewat elevator

Suatu pergerakan yang adalah bagian dari operasi atau disebabkan oleh petugas pada kawasan bekerja sewaktu operator atau pemeriksaan berlangsung, bubkanlah termasuk transportasi, contohnya :

  •     Keramik yangmengalami pemanasan suhu tinggi sambil bergerak di atas ban berjalan, adalah kegiatan operasi. Walaupun keramik tersebut mengalami perpindahan kawasan tetapi perpindahan tersebut adalah bagian dari kegiatan pemanasan.

Menunggu

Proses menunggu apabila benda kerja, pekerja ataupun perlengkapan tidak mengalami kegiatan apa-apa selalin menunggu (biasanya sebentar).

Kejadian ini menawarkan bahwa suatu objek ditinggalkan untuk sementara waktu tanpa pencatatan samppai diharapkan kembali.

Contohnya :

  •          Objek menunggu untuk diproses atau diperiksa
  •          Peti menunggu untuk dibongkar
  •        Bahan menunggu untuk diangkut ke kawasan lain.

Penyimpanan

Proses penyimpanan terjadi apabila benda kerja disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama. Kalau benda kerja tersebut akan diambil kembali biasanya memerlukan prosedur perizinan tertentu.

Lambang ini digunakan untuk menyatakan suatu objek yang mengalami penyimpanan permanen, yaitu ditahan atau dilindungi terhadap pengeluaran tanpa izin tertentu. Mekanisme perizinan dan lamanya waktu ialah dua hal yang membedakan antara kegiatan menunggu dan penyimpanan.

Contohnya :

  •         Dokumen-dokumen/ catatan-catatan disimpan dalam brankas
  •        Bahan baku disimpan dalam gudang

Selain lima lambang standar di atas, kita mampu menggunakan lambang lain apabila merasa perlu untuk mencatat suatu aktifitas yang memang terjadi selama proses berlangsung dan tidak terungkapkan oleh lambang-lambang tadi. Lambang tersebut ialah

Aktivitas Gabungan

Kegiatan ini terjadi apabila antara operasi dan pemeriksaan dilakukan bersamaan atau dilakukan pada suatu kawasan kerja.

MACAM MACAM PETA KERJA

Pada dasarnya peta-peta mampu dibagi dalam dua kelompok besar berdasarkan kegiatannya,yaitu :

   1.Peta-peta kerja yang digunakan untuk menganalisis kegiatan kerja keseluruhan

      2. Peta-peta kerja yang digunakan untuk menganalisis kegiatan kerja setempat

Dalam hal ini tentunya kita harus mampu membedakan antara kegiatan kerja keseluruhan dan kegiatan kerja setempat. Disebut keseluruhan jika melibatkan sebagian besar atau semua sistem kerja yang diharapkan untuk membuat prosuk yang bersangkutan. Sedangkan yang dimaksud dengan kegiatan kerja setempat, apabila hal itu menyangkut hanya satu sistem kerja saja yang biasanya melibatkan orang dan fasilitas dalam jumlah terbatas.

Yang termasuk kelompok kegiatan kerja keseluruhan :

  1.            Peta Proses Operasi
  2.            Peta peredaran Proses
  3.            Peta Proses Kelompok Kerja
  4.            Diagram Alir

Yang termasuk kelompopk kegiatan kerja setempat :

  1.          Peta Pekerja dan Mesin
  2.         Peta Tangan Kanan- Tangan Kiri

Keenam macam peta kerja diatas adalah peta-peta yang paling banyak digunakan dan pembahasan mengeanai flow chart perbaikan kerja sebagai berikut.

Flow Chart Perbaikan Kerja

Well .,,, demikian pembahasan umum mengenai peta kerja, update selanjutnya yaitu mengenai penjelasan dari macam-macam peta kerja baik peta kerja keseluruhan maupun setempat .. jadi kau iyaaa kau hehe harus pantengin blog ini trus hahahahaa

Baa bayy

Baca Juga:  Memahami Kombinasi Warna Cat Rumah secara Psikologi
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

11 − 10 =