Jangan terpesona oleh topan

  • Share

Di mana pun bagian dunia Anda dapat hidup, Anda cenderung menghadapi topan dari waktu ke waktu. Tentu saja, ada tempat-tempat tertentu yang lebih rentan terhadap typhoons. Ada juga typhoons yang mematikan dan dapat menyebabkan kerusakan besar, tidak hanya untuk tanaman dan infrastruktur tetapi juga bagi insan.

Kalau ahli meteorologi memperkirakan bahwa topan yang kuat akan datang, itu tidak cukup bagi kita untuk hanya duduk di rumah dan menonton TV. Kalau topan cukup kuat, Anda tidak akan mampu menonton TV karena pemadaman listrik. Topan hanyalah salah satu cara alam menawarkan kekuatannya, Anda harus mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan selama topan.

Meskipun banyak sekali jenis topan di daerah yang berbeda dapat membawa banyak sekali jenis bahaya, ada beberapa persiapan darurat dasar yang dapat Anda lakukan. Untuk memastikan keselamatan Anda, biasakan diri Anda dengan jenis-jenis typhoons yang menghantam area daerah Anda tinggal atau mengunjungi dan dengan peraturan dan peraturan keselamatan pemerintah setempat.

Begitu layanan cuaca nasional telah menyiarkan bahwa topan akan mengenai kawasan Anda, segera mulai persiapan topan darurat Anda. Berikut ialah beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebelum topan tiba.

1. Perbaiki pintu dan jendela yang rusak. Pastikan tidak ada objek yang dapat menghalangi pintu masuk, kalau-kalau Anda mungkin perlu dievakuasi. Pita jendela kaca besar Anda yang berpotensi hancur oleh rambu-rambu jalan, cabang-cabang pohon dan hal-hal lainnya.

2. Kalau daerah di mana Anda tinggal selalu memiliki persoalan dengan banjir dan topan besar diperlukan, pindah ke sentra evakuasi di tanah yang lebih tinggi bahkan sebelum tingkat air mencapai tinggi meter. Anda juga harus memarkir kendaraan beroda empat Anda di daerah yang lebih tinggi. Jangan biarkan di garasi Anda karena dapat dibawa oleh banjir yang kuat dan menyebabkan bencana yang lebih besar.

3. Karena tidak akan bijaksana untuk berkeliaran selama topan dan toko serba ada mungkin ditutup, simpan makanan dan air yang cukup selama beberapa hari. Koneksi daya dan air mungkin juga berhenti, jadi Anda mungkin juga mempersiapkan banyak lilin, baterai, mantel hujan dan selimut tebal untuk membuat Anda tetap hangat.

Baca Juga:  Tips untuk Persiapan Darurat Perang

4. Pastikan semua item di halaman belakang Anda atau balkon diperbaiki. Kalau ada barang-barang itu yang mungkin diterbangkan oleh angin kencang, lebih baik menyimpannya di dalam sementara itu. Juga, hapus aksesori konstruksi atap, kalau ada, karena ini dapat dilepaskan dan dapat merusak jendela orang lain.

5. Pastikan semua saluran air di rumah Anda bersih untuk menghindari sistem drainase yang tersumbat yang dapat menyebabkan banyak persoalan air.

6. Dengarkan isu perihal topan. Kalau daya turun, pastikan Anda memiliki radio bertenaga baterai sehingga Anda masih diperbarui pada apa yang terjadi, dan ketahui kalau kalau ada acara evakuasi darurat. Mendengarkan isu juga akan membuat Anda mendapat berita saat topan diperlukan untuk berhenti.

Bahkan kalau sudah tampak terang di luar, jangan tinggalkan Anda pulang kecuali Anda telah mengkonfirmasi bahwa topan tidak kembali. Mungkin saja kawasan Anda hanya mengalami mata topan. Saat mata topan berlalu, tidak ada hujan atau angin kencang.

Setelah topan, jangan lupa untuk memperbaiki apa pun yang rusak. Periksa apakah tidak ada air yang bocor ke rumah Anda. Masih ada banyak kecelakaan yang dapat terjadi karena tidak mengambil tanggung jawab yang cukup dari efek topan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 − 5 =