Insinyur Teknik Sipil Memegang Peranan Masa Depan!

  • Share

Kok mampu sih? Insinyur teknik sipil yang akan memegang perananan di masa depan? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang muncul dipikiranmu. Sebagian besar orang menganggap dunia teknik, terkhusus teknik sipil itu membosankan.

Lebih lagi masih ada anggapan bahwa bidang ini hanyalah menjadi pelengkap atau penunjang kualitas hidup insan.

Tapi jangan salah loh? Ilmu teknik sipil itu ternyata banyak karyanya yang berperan penting dalam kehidupan. Aku yakin kau belum sadar juga.

Melalui postingan ini, aku ingin memberikan betapa seorang insiyur teknik sipil berkonstribusi penting dalam kehidupan insan dari karyanya yang tidak kau ketahui selama ini. Secara tidak eksklusif kau telah menikmati akibat kerja keras mereka.

Normalnya, mungkin masyarakat ketika ini lebih senang, excited! Kalau mendengar kabar isu mengenai Android terbaru, kendaraan beroda empat terbang, kendaraan tanpa pengemudi, roket NASA, kecerdasan buatan, atau bahkan sekedar mendengar isu viral seorang anak kecil bermain software musik.

Sebaliknya, tahukah kau bahwa gedung pencakar langit, jembatan antar pulau, jalan menembus bukit, bendungan air di Belanda, reklamasi pulau, pola lalu lintas, jalan-jalan tol, jalur LRT dan masih banyak lainnya. Lalu, apakah engineer sipil membosankan? Atau malah lebih banyak membawa manfaat?

Jawabannya, tentu bagi aku, teknik sipil itu tidak membosankan dan membawa kebermanfaatan.

Untuk ketika ini, biarkan pikiran kau berjalan sedikit lebih dalam, perlahan menuju setiap nilai kenyataan, banyaknya karya dan manfaat dari seorang lulusan jurusan teknik sipil serta pikiran positif seterusnya.

All about Civil Engineering

All approximately Civil Engineering.

Di masa 5 tahun pemerintahan sekarang, yang notaben-nya pro terhadap infrastruktur, telah menyelesaikan proyek-proyek penting dari kota hingga pelosok negeri. ?Penemuan? Pemerintah sekarang telah menjadi salah satu tolak ukur untuk kemajuan negeri ini dan kemakmuran rakyatnya. Dari sini saja, sudah terlihat dampak besar ilmu teknik sipil pada kualitas hidup khalayak ramai.

Lebih lanjut lagi, aku masih ingin memberi alasan disertai ulasan, mengapa teknik sipil itu akan memegang peranan masa depan? Dan tentunya tidak membosankan.

Mari simak baik-baik ilustrasi ini.

Sebutkan salah satu sumber daya paling penting di bumi ini? Air.

Siapa yang mencari cara untuk menerima air dari titik A ke titik B? Insinyur teknik sipil.

Kawasan kami sangat tertinggal. Infrastrukturnya sudah tua dan rusak. Jembatan, bandara dan jalan? Pekerjaan siapa untuk mendesain, membuat dan melaksanakan infrastruktur yang lebih baik? Insinyur teknik sipil.

Dunia tanpa teknik sipil

Global tanpa teknik sipil. (via: gineersnow.Com)

Urbanisasi berarti kita memilih lebih sedikit lahan untuk dibangun. Jadi bangunannya harus keatas dan lebih tinggi. Siapa yang mendesain bangunan sangat tinggi? Insinyur teknik sipl.

Stagnasi lalu lintas sesak dengan pengendara nakal dan kendaraan eksklusif. Kemudian, menjadi sumber kemarahan. Lalu, apa yang kita butuhkan untuk menikmati kota-kota dengan transportasi publik yang maju? Lebih sedikit kecelakaan? Dan lebih sedikit polusi lalu lintas? Ini di atur oleh Teknik lalu lintas. Bidang pekerjaan siapa itu? Civil Engineer.

Ada riset perihal bangunan ialah penyumbang gasoline rumah kaca terbesar. Bukan peternakan masal di Amerika. Siapa yang memiliki kemampuan untuk membuat bangunan lebih ramah lingkungan? Insinyur sipil.

Untuk mencapai istilah ?Clever planet?, kita perlu kota-kota cerdas yang diisi bangunan-bangunan ?Pintar?. Siapa yang membangun bangunan pintar itu? Insinyur sipil.

Mampu dianggap bahwa semua orang terbaik salah satu sumbernya ialah insinyur teknik sipil. Setuju ya.

Aku seorang sarjana teknik sipil tetapi keluarga aku lainnya tidak ada yang mengambil bidang ini. Alhasil, aku lebih banyak mencari tahu di luar dan menganggap mereka, pecinta ilmu teknik sipil ialah semua orang terbaik.

Sudah banyak ditemui di lapangan dan di kampus. Secara tidak eksklusif merasa dibina oleh ?Mereka? Dan menjadi sumber ilmu serta ilham.

Ilustrasi menarik lainnya.

Di perjalanan kereta api. Penumpang tidak sadar barusan menyeberangi jurang. Mengerikan sekali jika jatuh. Iya, ekstrim jika jatuh ke jurang. Tapi, itu anak teknik sipil yang merancang jembatannya supaya kuat. (Alhamdulillah)

Di perjalanan bus versi jawa timur. Mitosnya, bus ini serem dan merajai jalanan. Tanpa disadari penumpang, jika bus mengebut dengan kecepatan 170 km/jam di tikungan. Tapi, kok tidak mirip di tikungan. Itu kami yang merencanakan kemiringan jalannya. (kagum)

Ketika pesawat touchdown dengan keras. Sial! Maskapai ini tidak becus pilotnya untung ada orang sipil yang sudah mendesain landasan pacunya supaya kuat. (Wuih!)

Di kapal penyeberangan selat sunda. Jika insinyur sipil tidak membangun dermaganya, mau kemana kapal ini ditambatkan? (puitis)

Mungkin untuk anak teknik sipil lainnya mampu tambahkan cerita versimu di kolom komentar.

Balik lagi ke orang yang aku anggap telah membina ini.

Lingkungan binaan ini bagi aku ialah ?Industri? Yang besar. Mereka terus ikut berinovasi menyesuaikan kebutuhan zaman. Mirip ekosistem, para ahli teknik, clothier bahkan tukang bangunan sekalipun, mereka ialah bagiannya.

Oleh karena itu, saatnya para insinyur teknik sipil melangkah dan memimpin dalam upaya untuk menciptakan, menciptakan dan menciptakan hal-hal inovativ untuk kemajuan serta membuat perbedaan ke arah yang lebih baik.

Insinyur Konstruksi

Insinyur Konstruksi.

Manfaatkan kemampuan dan ilmu untuk terus memajukan dunia sipil ke arah yang lebih baik.

Pada akhirnya, kami berharap kau mampu mempertimbangkan kami orang teknik sipil untuk memegang peranan di masa depan. Ini bukan tentang minta ‘jabatan’ tapi persoalan kemajuan kehidupan.

Semangat! Salam tenang.

Berlangganan replace artikel terbaru via e mail:

Baca Juga:  Lowongan Kerja Brunel Indonesia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + 8 =