Cara Mudah Membuat Cat Dinding Sendiri

  • Share

Ingin membuat cat dinding sendiri? Selain karena alasan menghemat anggaran renovasi rumah, membuat cat dinding sendiri juga memungkinkan kita mengontrol kualitas cat tersebut sesuai dengan kebutuhan cat ruangan di rumah kita.

Penggunaan cat bikinan sendiri juga adalah salah satu keunggulan dari para pekerja pengecatan rumah. Karena mereka mampu memberi layanan lebih kepada pelanggannya tanpa perlu mengurangi kualitas akibat pekerjaannya. Beberapa dari mereka mengakui bahwa penggunaan cat akibat campuran mereka acapkali kali tidak kalah atau bahkan lebih baik dari cat akibat racikan pabrik dari harga sedang.

Memang untuk mengalahkan kualitas cat yang harganya mahal agak susah. Tapi tentu saja konsumen juga paham betul, harga membawa kualitas. Bagaimana dengan anda?

Anda yang tahu betul ingin mirip apa kualitas cat yang akan anda aplikasikan di dinding rumah anda.

Berikut dengan takaran, warna, dan digunakan untuk interior atau eksterior. Masih ingin membuat cat dinding sendiri? Berikut ini caranya:

Siapkan dahulu bahan-bahannya:

  1. cat dinding buatan sendiri CaCo3 Calcium Carbonate 2 kg
  2. TiO2 Titan Dioksida 2 ons
  3. P.V.A.C. Propylene Vinyl Acrylic 1 kg
  4. H2 O Air ¾ liter
  5. Pigment Color – Secukupnya
  6. Kaolin – 1 kg
  7. Pine Oil – 10 cc

Langkah pembuatan cat dinding:

  1. Larutkan CaCo3 dengan air (H2O) dan P.V.A.C. Aduk hingga merata benar. Kalau memungkinkan aduklah dengan mixer yang biasa dipakai untuk mengaduk adonan kudapan manis.
  2. Masukkan TiO2 pelan-pelan sambil terus diaduk hingga benar-benar rata.
  3. Selanjutnya masukkan Kaolyn sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga senyawa.
  4. Nah, sekarang giliran pewarna atau pigment color yang anda inginkan sebanyak yang anda mau. Semakin banyak pewarna, anda akan menerima warna yang lebih pekat. Jangan lupa aduk terus. Sekarang anda sudah menerima cat mentah atau biasa disebut sebagai blank point. Bukan Point Blank yang game FPS itu loh….
  5. Selanjutnya tambahkan Pine Oil agar warna cat tidak berubah saat ditambah dengan air. Aduk sampai merata. Cat siap digunakan.

Keterangan:

  • CaCo3 berbentuk berupa tepung putih, sifatnya mudah larut dengan air, dan senyawa dengan kulit insan.
  • TiO2 bentuknya juga berupa tepung putih, tapi sifatnya lengket, mudah senyawa dengan air (H2 O), dan tidak senyawa dengan kulit insan. Jadi, TiO2 kalau terkena kulit akan sulit menghilangkannya, berbeda dengan CaCo3 yang mudah untuk dibersihkan meskipun terkena kulit insan.
  • P.V.A.C. bentuknya putih lengket, berfungsi sebagai perekat/penguat cat tembok agar tidak luntur.
  • Piqment Colour ialah warna khusus untuk membuat cat tembok, tapi jenis warna ini juga mampu digunakan untuk sablon kaos/kain, pemilihan warna mampu diadaptasi dengan selera.
  • Kaolyn bentuknya berupa tepung putih tetapi agak kotor, bahan ini terbuat dari tanah putih, dan fungsinya disini ialah hanya untuk memperbanyak saja.
  • Pine Oil fungsinya sebagai penguat warna dan aroma cat tembok.

Bagaimana? Sudah siap membuat cat dinding sendiri? Untuk membeli bahan-bahan diatas, anda mampu menerima di toko-toko bangunan di sekitar kawasan tinggal anda. Kalau tidak ada, silahkan coba di toko kimia.

Berlangganan update artikel terbaru through electronic mail:

Baca Juga:  3 TINGKATAN KEPEMIMPINAN, ETIKA KEPEMIMPINAN
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + 11 =