Cara Menghemat Air Di Rumah

Posted on 9 views

Cara menghemat air di rumah | Seiring bertambahnya penduduk, maka kebutuhan air juga bertambah dengan signifikan. Penghematan air itu tidak hanya karena kita harus berhemat pengeluaran untuk retribusinya saja, tetapi sebagai salah satu langkah untuk lebih ramah lingkungan. Ekuilibrium air tanah perlu dijaga, supaya di masa depan anak cucu kita tidak kesulitan menerima air bersih yang layak. Jadi, meskipun anda punya uang cukup untuk membeli air, menghemat air itu tetap penting. Ini juga sebaiknya kita lakukan meski kita berada di wilayah yang tingkat ketersediaan airnya rupawan, di pedesaan atau pegunungan yang subur. Air harus tetap dihemat.

Pertimbangkan untuk membeli perlengkapan rumah tangga yang didesain hemat air. Misalnya mesin cuci hemat air, pengontrol irigasi tanaman, kepala serang dan water sprinkler hemat air, closet duduk hemat air, dan sebagainya.

4. Hindari mencuci peralatan makan dan dapur dengan air mengalir

  • Untuk mandi dan bebersih diri
  • Untuk mencuci (pakaian, peralatan memasak dan makan minum, motor, kendaraan beroda empat, mengepel)
  • Untuk memasak
  • Untuk menyiram tanaman

Dari penggunaan di atas, mungkin sekarang anda sudah mulai mampu membayangkan mana saja yang mampu dilakukan penghematan. Bagaimana?

Five. Gunakan kembali air sisa yang masih bersih

cara menghemat air di rumah Air bekas dipakai mandi itu sebenarnya relatif masih cukup bersih untuk digunakan ulang misalnya untuk menyiram tanaman. Air buangan sisa dari dapur dan ruang cuci yang sudah tidak layak karena kandungan sabun. Tapi air dari kamar mandi masih mampu. Supaya tidak berbau menyengat, ya pastikan seluruh anggota keluarga buang air kecil di closet, bukan di lubang keluar air.

Berurusan dengan air itu ribet sekali. Anda mungkin tidak menyadarinya karena biasanya hanya meminta tolong tukang ledeng untuk mengatasi segala persoalan dengan air di rumah. Kalau anda pernah sekali saja mencoba mengatasi sendiri, hmm…. Kalau belum pernah, maka ini waktunya anda memeriksa sendiri semua saluran air dan keran. Pastikan tidak ada kebocoran. Meski cuman merembes, kalau terus menerus akan berbagai air yang terbuang percuma.

Itu tadi beberapa yang mampu kita lakukan untuk menghemat air di rumah. Bagaimana? Apakah anda punya usulan lain? Silahkan di percentage dengan berkomentar. Aku tunggu?.

Berlangganan replace artikel terbaru via e mail:

3. Gunakan peralatan hemat air

Pertimbangkan untuk membeli perlengkapan rumah tangga yang didesain hemat air. Misalnya mesin cuci hemat air, pengontrol irigasi tanaman, kepala serang dan water sprinkler hemat air, closet duduk hemat air, dan sebagainya.

4. Hindari mencuci peralatan makan dan dapur dengan air mengalir

Kalau anda sebelumnya berada di kawasan yang murah air, ini benar-benar sulit dilakukan. Rasanya mirip tidak bersih kalau membilas gelas atau piring dengan air yang tidak mengalir, misalnya yang sudah ditampung lebih dulu dalam wadah. Padahal sebenarnya itu juga sudah cukup. Cobalah, dan hitung pembayaran air anda bulan depan setelah sebulan ini penuh tidak mencuci peralatan makan dan masak dengan air mengalir dari keran.

5. Gunakan kembali air sisa yang masih bersih

Air bekas dipakai mandi itu sebenarnya relatif masih cukup bersih untuk digunakan ulang misalnya untuk menyiram tanaman. Air buangan sisa dari dapur dan ruang cuci yang sudah tidak layak karena kandungan sabun. Tapi air dari kamar mandi masih mampu. Supaya tidak berbau menyengat, ya pastikan seluruh anggota keluarga buang air kecil di closet, bukan di lubang keluar air.

Itu tadi beberapa yang mampu kita lakukan untuk menghemat air di rumah. Bagaimana? Apakah anda punya usulan lain? Silahkan di share dengan berkomentar. Aku tunggu….

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Goresan Pada Lantai Granit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 1 =