Cara Mengatasi Cat Tembok Belang Seperti Basah

Posted on 4 views

Cara mengatasi cat tembok belang mirip basah berikut ini mampu anda coba sendiri dengan mudah dan biaya relatif murah. Meskipun untuk memastikan cat tembok belang ini tidak muncul lagi di kemudian hari, bahan yang rupawan untuk melakukan pengecatan ulang sangat disarankan.

Cat tembok belang mirip basah ini biasanya muncul pada tembok yang berada dalam keadaan lembab.Mirip tembok yang dbaliknya ialah kamar mandi, tembok dalam rumah dimana bagian luarnya tidak di plester, atau tembok yang dibaliknya ialah tanah.

Terkadang kita memang tidak mampu menolak posisi tembok yang tidak best mirip itu. Sehingga persoalan cat tembok belang mirip basah ini terjadi pada tembok anda.

Ada kalanya juga, meskipun tembok berada dalam posisi yang ideal (kering, ruangannya punya ventilasi udara yang rupawan, mendapat cukup sinar dan panas), tetapi ternyata persoalan cat tembok belang mirip basah ini masih terjadi juga.

Maka, sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi cat tembok belang mirip basah ini, ada baiknya kita lihat dulu macam-macam penyebabnya.

Baca juga: Tips Mencari Tukang Bangunan Yang Murah Akibat Kerja Rupawan

Penyebab cat tembok belang-belang tampak basah

  • kondisi pengecatan yang tidak ideal
  • pondasi yang gagal menahan rembesan air ke atas
  • kualitas plesteran dinding yang kurang rupawan
  • ada retakan, kebocoran, atau porousitas permukaan dinding yang tidak rata
  • cat bersifat porous

    Cat tembok belang mirip basah. Foto oleh: Esther Dyah Puspitasari

    Kondisi pengecatan yang tidak perfect

    Idealnya, pengecatan tembok sebaiknya dilakukan saat tembok tadi sudah benar-benar kering.

    Kalau tembok berikut plesteran dikerjakan dalam trend kemarau, maka biasanya dalam waktu kurang lebih 1 minggu, sudah mampu dimulai di cat.

    Ini waktu yang agak memaksa. Lebih lama dan lebih kering akan lebih baik hasilnya, dan persoalan cat tembok belang mirip basah ini akan lebih mampu dihindari.

    Kalau pengerjaan tembok dilakukan pada masa trend penghujan, maka pastinya anda akan butuh waktu lebih lama lagi.

    Dalam keadaan tertentu, dalam waktu 1 bulan sekalipun, tembok rumah baru masih bersifat basah dan menyimpan air, sehingga belum layak dilakukan pengecatan.

    Tembok yang basah, terlebih yang baru, masih memiliki kadar air dan alkali yang tinggi. Ini mampu berpengaruh buruk pada akibat pengecatan anda.

    Bahan yang rupawan kadang tidak banyak membantu.

    Kualitas pondasi yang kurang rupawan

    Selain berfungsi sebagai tulang penguat bangunan rumah anda, pondasi juga punya peran untuk menahan laju kapiler air dari tanah ke dalam tembok.

    Terutama pada kawasan yang tanahnya bersifat sangat basah, pondasi yang rupawan sangat diharapkan.

    Kalau pondasi rumah anda rupawan, maka air tanah akan tertahan dan tidak merambat ke atas melalui tembok.

    Setidaknya, coba anda pastikan, pada ketinggian 30 cm dari permukaan tanah, bata pada tembok anda tidak basah menyimpan air. Mau tidak mau, anda harus sedikit membuka plesteran tembok untuk melakukannya.

    Jika hanya lembab-lembab sedikit, ini tidak akan terlalu berpengaruh. Tetapi jika bata hingga terlihat sangat basah, ada baiknya anda pertimbangkan untuk membuat tanah di sekitar tembok tadi lebih kering.

    Jika hingga harus bongkar pondasi dan membangun ulang temboknya kan jadi terlalu mahal dan tidak efesien. Mending dicoba dulu memperbaiki lingkungannya.

    Kualitas plesteran dinding yang kurang rupawan

    Jika tanah di kawasan anda bersifat kering, plesteran dinding dengan kualitas sedang saja sudah cukup dan cat tembok akan terhindar dari bercak belang mirip basah itu.

    Beda banget kalau kualitas plesteran tembok anda tidak terlalu rupawan.

    Sama dengan pondasi tadi.

    Air mampu merambat kapiler dan masuk melalui pondasi, dan selanjutnya tentulah ke dalam tembok. Maka benteng yang kemudian mampu diperlukan memerangkap air tetap di dalam ialah plesteran tembok ini.

    Plesteran tembok yang rupawan akan melanjutkan tugas sekunder pondasi untuk menahan laju rembetan air ke atas.

    Ada retakan, kebocoran, atau porousitas permukaan dinding yang tidak rata

    Terkadang mampu terjadi juga, plesteran yang sebenarnya berkualitas lumayan rupawan, tetap mengalami cat tampak belang dan basah.

    Kemungkinannya ialah ada retakan pada plesteran tersebut. Mampu juga karena porousitas (daya tahan terhadap rembesan) yang tidak merata.

    Karena tidak merata, maka wajar kalau cat tembok jadi terlihat belang-belang.

    Cat bersifat porous

    Kalau pondasi gagal menahan rembesan kapiler air, demikian juga dengan plesteran tembok, maka yang terakhir mampu menahan air ialah cat tembok itu sendiri.

    Rata-rata cat tembok interior bersifat porous. Maksudnya tidak kedap atau berpori-pori. Ad interim cat tembok untuk eksterior (rata-rata membawa iklan mampu dibersihkan dengan digosok pakai air itu) bersifat kedap alias tidak porous.

    Harga cat tembok eksterior rata-rata lebih mahal dibanding cat tembok indoors. Sehingga cat tembok belang ini biasanya terjadi pada dinding dalam ruangan.

    Toh, jika terjadinya di luar ruangan rumah, sang pemilik juga mampu agak cuek, hehe?.

    Cara mengatasi cat tembok belang mirip basah

    Pastinya, anda harus melakukan pengecatan ulang. Dan catatan khususnya ialah gunakan bahan rupawan dan teknik pengecatan yang benar. Mirip apa?

    Begini langkah awalnya?.

    • bersihkan tembok yang belang tadi dari sisa cat lama. Ini akan membuka pori-pori sehingga air di dalam tembok mampu menguap lebih cepat.
    • kalau ada jamur, bersihkan dengan larutan kaporit lalu bilas dengan air bersih, dan biarkan kering. Anda mampu menggosoknya juga.
    • perbaiki retakan pada tembok dengan dempul yang kualitasnya rupawan.
    • pastikan tidak ada kebocoran atau rembesan pipa air

    Langkah pengecatan untuk memperbaiki cat tembok belang mirip basah

    Setelah mampu dipastikan plesteran tembok tadi bersih dan kering, silahkan memulai proses pengecatan dengan…

    • mengaplikasikan 1 lapis lapisan sealer / cat dasar / cat primer yang rupawan dan memiliki ketahanan alkali yang tinggi. Biarkan hingga benar-benar kering.
    • aplikasikan lapisan cat akhir hingga rata. Gunakan cat dengan kualitas adhesion dan water resistance yang rupawan. Anda mampu coba cat tembok Dulux.

    Dan sekarang, anda mampu berharap, tembok anda tidak akan dihiasi dengan pola tak berbentuk mirip awan yang bikin tembok terlihat tidak bersih itu.

    Jika seandainya langkah di atas masih gagal juga, karena memang lingkungannya tidak mampu diperbaiki menjadi lebih kering, alternatif lainnya ialah anda mampu pasang keramik dinding saja sekalian.

    Ini memang tidak mampu dilakukan pada semua tembok, tapi mampu dipertimbangkan. Semoga membantu.

    Berlangganan update artikel terbaru through email:

    Baca Juga:  4 Tuduhan Miring Ke Cewek Teknik | Cowok Teknik Membela

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    two × one =