Cara Membuat Kamar Mandi Yang Nyaman

  • Share

9 tips membuat kamar mandi yang nyaman | Kamar mandi mempunyai nilai tersendiri bagi sebuah rumah. Meskipun kecil, namun fungsi kamar mandi yang begitu vital bagi penghuninya, menuntut perencanaan yang matang. Dibandingkan dengan ruang atau kamar yang lain, kamar mandi acapkali dianggap sepele. Sudah kecil, diletakkan di sudut, selalu berair lagi! Hehe… Padahal kamar mandi ialah daerah paling nyaman untuk menghabiskan waktu. Ada banyak orang yang mampu hingga ketiduran di kamar mandi. Aku harap anda bukan salah satunya.

Kamar mandi yang nyaman tidak selalu indentik dengan kamar mandi dengan material bahan yang mahal. Mampu juga dengan bahan-bahan yang relatif murah dengan kualitas sedang. Yang pertama menghipnotis pemilihan bahan untuk membangun kamar mandi ialah dana yang kita alokasikan. Jangan terlalu irit untuk membangun kamar mandi. Pilihlah bahan-bahan yang anda mampu pastikan tidak akan memberi anda dilema dalam minimal masa 6 bulan.

Persoalan yang biasa muncul pada kamar mandi ialah kebocoran bak air, lantai yang licin, dinding mudah berjamur, ventilasi yang buruk, dan penerangan yang tidak sesuai. Melihat masalah-masalah itu tadi, maka sebelum membuat kamar mandi, alangkah baiknya kalau kita mengetahui pointers cara membuat kamar mandi supaya mampu nyaman dan sehat digunakan. kamar mandi nyaman

  1. Sistim Pemipaan (Plumbing)

Urusan perledengan ini mampu membuat pusing. Mulai dari pemasangan pipa yang tidak efektif, pemilihan material pipa yang jelek, hingga sambungan pipa yang kendor. Akibatnya terang; air bocor melalui dinding. Untuk memperbaikinya, tukang harus membongkar keramik dan dinding. Biaya terang agak mahal jadinya. TIpsnya: posisi pemipaan (sistim plumbing) diposisikan sedemikian rupa sehingga dapat diakses dengan mudah jika diharapkan perbaikan.

  • Lantai Licin
  • Kamar mandi terang itu tempatnya air. Genangan air mampu membuat lantai kamar mandi menjadi licin dan bisa-bisa berlumut. Jika sudah begitu, maka mampu dengan mudah terjadi kecelakaan karena terpeleset lantai licin itu. Tips: Gunakanlah material yang tidak licin (anti slip) untuk lantai kamar mandi. Meskipun agak mahal, anda mampu pilih lantai kayu tahan air yang anti slip dan tentu akan menambah tampilan kamar mandi anda lebih menarik, tetapi harganya cukup mahal.

  • Jendela
  • Kalau kamar mandi tidak memiliki ventilasi yang memadai dapat menimbulkan kondensasi di dalam ruangan dan akhirnya dapat mengundang jamur. Pencahayaan alami dan ventilasi yang sempurna sangat diharapkan, agar kamar mandi tidak pengap dan tidak lembab. Tips: Kalau kamar mandi anda mempunyai jendela, sebaik dibiarkan terbuka jika tidak digunakan, hal ini mampu memecahkan dilema jamur dan kelembaban. Kipas ventilasi (exhaust fan) juga dapat dipasang di dinding, ini lebih efektif dalam kamar mandi yang tidak memiliki jendela.

  • Sediakan Kawasan Penyimpanan
  • Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada kebutuhan untuk memiliki ruang penyimpanan di dalam kamar mandi tapi saat anda berpikir perihal hal-hal mirip handuk, shampo, sabun, produk pembersih dan lain-lain. Anda mungkin ingin memiliki ruang ekstra untuk itu. Tips: Sebuah lemari dinding pada kamar mandi dapat menambah tampilan kamar mandi anda lebih menarik dan juga membantu anda untuk menyembunyikan peralatan tadi di dalamnya.

  • Posisi Kloset Yang Sempurna
  • Akan terlihat janggal apabila kloset terletak sempurna di samping pintu. Tempatkanlah kloset pada posisi terjauh dari pintu dan dekat dengan washtafel. Perhatian: Akan sangat menjengkelkan kalau kloset terlalu jauh dari washtafel.

  • Pencahayaan Yang Sempurna
  • Cahaya alami atau buatan keduanya penting dalam membuat kamar mandi yang nyaman. Untuk membuat kamar mandi anda lebih menarik, pencahayaan yang sempurna sangat diharapkan. Cahaya alami membantu anda untuk membuat kamar mandi anda terbebas dari pengap. Pemasangan lampu kecil (redup) akan membantu menuntun anda menuju kamar mandi ketika malam hari. Dan untuk bola lampu, gunakanlah lampu halogen.

  • Hindari Pemakaian Material Yang Salah
  • Dalam membuat kamar mandi pemakaian material yang tahan air adalah pilihan yang sempurna. Keramik, ubin porselen serta granit sangat sempurna digunakan pada kamar mandi. Batu alam atau kayu juga dapat digunakan. Kayu jati ialah pilihan yang cocok untuk kamar mandi karena tahan air. Untuk bahan perekat ubin atau keramik sebaiknya juga menggunakan material yang tahan air (water proof). Kalau perekat keramik tidak tahan air, dapat melemahkan perekat dan menyebabkan ubin atau keramik retak. Jangan menggunakan pipa-pipa yang berkwalitas rendah. Ini dapat menyebabkan kebocoran sehingga anda akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk memperbaikinya.

  • Sediakan Ruang Mobilitas (Space)
  • Poly ditemui kamar mandi berukuran kecil, tapi kadang-kadang ada yang terlalu luas sehingga terasa kurang fungsional. Kamar mandi memerlukan ruang gerak (space) terutama sekali pada sekitar dan di depan kloset, washtafel dan bak mandi. Adanya ketersediaan ruang gerak (space) pada tempat-tempat tersebut akan membuat kamar mandi anda menjadi nyaman untuk digunakan.

  • Pastikan Ada Ruang Untuk Pintu
  • Saat merancang kamar mandi anda harus memastikan bahwa ada cukup ruang untuk membuka pintu.

    Poly ditemui kesalahan dalam pemasangan pintu pada kamar mandi. Tips: Pada kamar mandi yang kecil, cobalah untuk menggunakan pintu geser atau pintu yang terbuka ke luar. Bagaimana? Sudah lebih siap membangun kamar mandi yang nyaman dan sehat? credit foto: Kompas, sumber: desain rumah gratis

    Berlangganan update artikel terbaru via e mail:

    Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Surya Rengo Containers
    • Share

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    three × one =