Bagaimana masa depan dari Customer Service berbasis manusia? | BOTIKA

Posted on 478 views

Dewasa ini peran insan semakin terkalahkan dengan hadirnya teknologi mutahir yang semakin menyempurnakan sistem kerja insan dengan efektif dan efisien. Dalam menunjang pelayanan berita suatu perusahaan, diperlukan suatu acara yang bisa melayani konsumen secara menyeluruh tanpa keterbatasan tertentu. Dalam konteks ini Customer Service selaku pemberi berita kepada konsumen memiliki peran dan tugas yang besar dalam menawarkan pelayanan yang bisa memberi solusi dengan cepat dan sempurna untuk memuaskan konsumen.

Tapi dalam pelaksanaan Job Desk, Customer Service berbasis insan dinilai kurang menunjang segala kemampuan untuk menghadapi sejumlah pelanggan terlebih pada waktu yang bersamaan. Jadi peranan insan sebagai Custemer Service tidak cukup maksimal mengangkat kredibilitas perusahaan di hadapan para konsumennya. Lalu bagaimana masa depan dari Customer Service berbasis insan?

1. Tertinggal dalam segi kecepatan

Sudah sangat terang, di dunia yang semakin membutuhkan akses cepat, menuntut semua hal terlayani dengan segera. Seorang Customer Service efektif mampu menjawab panggilan telepon hanya pada 3 interaksi konsumen, itu pun bergantian dimana masih ada waktu tunggu/ lead time, sehingga penerima berita atau disini konsumen merasa kurang terlayani. Sedangkan intensitas kedatangan maupun panggilan via telepon secara bersamaan tidak mampu diramalkan. Dengan pola pelayanan yang mirip ini, tanpa disadari perusahaan akan mengalami penurunan kepuasaan client.

Penemuan baru dan ekspansi untuk menerapkan kecerdasan teknologi dengan penggunaan teknologi chatbot mirip Chatbot BOTIKA perlu diterapkan. Chatbot adalah suatu acara komputer dengan dukungan Artificial Intelligence (AI) yang diciptakan untuk menirukan percakapan intelektual yang mampu menawarkan solusi dan jawaban dengan cepat kepada ribuan pelanggan. BOTIKA  sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di dunia teknologi menaruh perhatian yang besar untuk mengatasi keterbatasan kemampuan CS. Chatbot BOTIKA memiliki banyak keuntungan untuk perusahaan Anda. (baca keuntungan Chatbot BOTIKA)

2. Kualahan dalam menangani pelanggan dan kurang multifungsi

Seorang Customer Service tidak hanya dihadapkan pada interaksi eksklusif maupun via telepon saja. Kecakapan Customer Service dalam menjalankan tugasnya juga dihadapkan pada beragamnya fokus yang dibebankan kepadanya, mirip pengelolaan email, belum lagi berita yang dikomunikasikan pelanggan melalui platform media umum mirip LINE, Whatsapp, Facebook Messenger ataupun Telegram (baca panduan penggunaan Chatbot Botika Telegram, LINE & Fb Messenger) . Itu hanya sebagian kecil dari tugas CS. Nir hanya itu saja, cakupan cita-cita pelanggan dalam pelayanannya tidak mampu diperhitungkan durasi waktunya. Lalu bagaimana dengan urusan dan pelayanan konsumen lain yang juga membutuhkan tanggapan? Tentu Customer Service kurang multifungsi pada banyaknya lingkup pekerjaan yang harus diembannya.

Baca Juga:  Perencanaan Campuran Aspal (Mix Design)

Insan tidak ubahnya sebagai makhluk sosial dengan segala sifat dan emosi, meskipun dituntut harus tetap profesional dalam keadaan apapun saat menjalankan tugas, tetapi insan bukan mesin yang bisa menawarkan pelayanan yang konstan pada waktu yang diperlukan. Keadaan emosi yang mampu menghambat konsentrasi dan pola pokir, kelelahan karna bekerja, belum lagi kalau perusahaan dihadapkan pada ketidakhadiran CS karna sakit, begitu sangat direpotkan dan kualahan dalam menangani kebutuhan konsumen.

Melalui chatbot BOTIKA maka efisiensi dan produktivitas dalam urusan ekonomi dapat dicapai dengan maksimal. Chatbot BOTIKA memiliki banyak berita yang mampu Anda gali di http://botika.online/blog/, mulai dari Chatbotika dapat meningkatkan pelayanan Cunstemer XL Axiata, fitur-fitur yang disuguhkan BOTIKA, kelengkapan Chatbot Analytics hingga BOTIKA yang bisa menggantikan peran Customer Service.

chatbotika

3. Nir bisa menghadapi tantangan masa depan

Di dunia industri 4.0, perusahaan berlomba-lomba untuk sigap menghadapi perubahan teknologi yang siap meredupkan sistem tradisional yang tidak dapat mengikuti tren dunia. Tentu mendongkrak perusahaan untuk mengubah dan memperbarui teknologi yang dalam berjalannya waktu sudah tidak efektif lagi dan akan tergerus dengan pesaing yang telah melangkah pada teknologi yang efektif dan sempurna guna. Pada bentuk perjuangan apapun, cara awal menerima konsumen adalah bagaimana kita melakukan pendekatan kepada konsumen dan menawarkan pelayanan jasa untuk menyakinkan dan menawarkan berita terkait produk yang Anda jual. Aksi dan interaksi yang adalah kontak sosial antara produsen (keterampilan Customer Service) dan konsumen perlu menerima kesan baik dalam setiap pelayanannya.

Teknologi yang mengadopsi NLP yang berbasa Indonesia dan mengkombinasikan kedalam teknologi IT, chatbot BOTIKA bisa menawarkan rasa puas tersendiri kepada para konsumennya, dimana ini adalah cara sempurna sebagai taktik segmentasi marketing untuk membidik pasar yang dituju. Waktu pelayanan yang tidak terbatas tersedia selama 24 jam, penanganan client yang baik, dan bisa mengotomatisasi pekerjaan berulang menawarkan benefit serta kemudahan bagi perusahaan Anda. Beberapa produk dari BOTIKA diantaranya Helpdesk System, DEM (Digital Email Management), Chatbotika Enterprise, Chatbotika Commerce dan masih masih banyak lainnya, cek di http://botika.online/product/

Baca Juga:  Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung/Rumah

4. Boros biaya operasional

Nir jarang perusahaan membutuhkan lebih dari 1 Customer Service agar antrian pelanggan dan pelayanan melalui telepon dan platform media lain yang disebutkan diatas dapat dilayani. Faktanya efesiensi belum mampu dicapai dengan penambahan personil tetapi malah menambah biaya gaji karyawan. Di samping itu, volume panggilan yang tinggi menambah beban biaya operasional perusahaan. Lalu apa yang mampu dilakukan untuk menekan biaya dan tetap menawarkan pelayanan maksimal kepada konsumen?

Solusinya tidak lain yaitu chatbot Indonesia mirip BOTIKA, menawarkan solusi terbaik untuk membantu menekan dan mengurangi biaya Customer Service urusan ekonomi Anda, buka http://botika.online/solution/. Solusi yang diberikan mulai dari menjawab setiap peluang, sebagai asisten melayani obrolan, terintegrasi dengan banyak media umum sekaligus dengan hanya membuat chatbot sekali.

Tentunya semua manfaat, fitur-fitur yang disuguhkan dan solusi yang sempurna guna yang dihadirkan BOTIKA mampu diandalkan dalam menjawab semua kebutuhan ataupun berita yang diinginkan konsumen serta mempermudah perusahaan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

nulischatbotika

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen + eight =