desain model rumah tropis
Arsitektur Rumah Gaya Tropis - sumber gurusipil.com

Arsitektur Rumah Gaya Tropis

Posted on 161 views

Apa itu desain model rumah tropis?

Arsitektur tropis ialah tipe arsitektur yang memiliki desdain penyesuaian wujud bangunan pada dampak cuaca tropis, di mana cuaca tropis mempunyai sifat tertentu yang disebabkan karena panas matahari, kelembapan yang lumayan tinggi, curahan hujan, gerakan angin, dan lain-lain. Arsitektur rumah tropis hampir memiliki kesamaan dengan arsitektur rumah gaya minimalis

Arsitektur rumah tropis dibuat berdasarkan pada kondisi iklim apa?

Iklim yang panas dan lembap di daerah tropis mungkin menimbulkan masalah serius, tetapi berkat prinsip arsitektur tropis, kondisi iklim menjadi lebih tertahankan. Bangunan-bangunan ini dirancang untuk menjadi pertahanan alami terhadap elemen keras dari daerah tropis dan subtropis, sambil memaksimalkan keuntungan hidup di lingkungan yang hangat dan cerah. Simetri bukanlah prioritas dalam desain Tropical Modern. Sebaliknya, setiap komponen bangunan, yaitu dinding, pintu dan jendela, dapat ditempatkan dengan sengaja. Hasilnya adalah fluiditas ruang dan cahaya yang mengalir masuk, keluar disekitar.

Apa saja ciri2 rumah didaerah tropis?. Berikut ini Ciri khas dari rumah dengan gaya arsitektur tropis ;

1. Cahaya – Air, halaman luar, denah lantai terbuka, permukaan putih yang memantulkan sinar matahari dan bayangan adalah elemen yang konsisten dari Tropical Modern.

2. Naungan – Menciptakan naungan pelindung adalah yang terpenting. Beranda yang dalam, atap ekstra lebar, beranda, jalan tertutup, beranda dan kanopi digabungkan untuk mengimbangi panas. Berlindung dari matahari juga berarti berlindung dari hujan musim panas.

3. Ventilasi & Tampilan – Mendorong angin sepoi-sepoi adalah komponen penting dari desain. Jendela yang berlokasi strategis dan pintu geser besar memfasilitasi ventilasi sambil memberikan transparansi, pemandangan, dan cahaya matahari.

4. Ruang Mulus – Ruang tamu meluas ke luar ke beranda, taman, dan selasar, menciptakan transisi yang mulus antara ruang dalam dan luar ruangan.

Baca Juga:  Kiat dan Inspiras Gaya Desain Shabby Chic

5. Sederhana & Alami – Modern Tropis berbeda dari tradisional dengan menggabungkan garis bersih sederhana. Dan detail tanpa hiasan dibuat lebih kaya — luar dan dalam — dengan menggabungkan material lokal yang sensual dengan logam, plesteran, kaca, dan kayu gelap.

Cara Hidup yang Fungsional dan Estetis

Karena iklim tropis mengalami curah hujan dan kelembapan yang tinggi serta sinar matahari sepanjang tahun, suhu di malam hari biasanya berkisar antara 25-27°C dan bahkan lebih hangat di malam hari, antara 25-30°C. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi budaya warga negara tropis, tetapi juga mempengaruhi cara mereka membangun tempat tinggal dan konstruksi lainnya.

Jenis rumah yang memberikan kesan simpel praktis dan sederhana namun indah. Terkenal karena sangat cocok di daerah tropis, dan bagaimana membantu mengatur suhu dalam ruangan, arsitektur tropis semakin menjadi pilihan utama untuk rumah, spa, bandara, dan bangunan lain untuk negara-negara yang terletak di sekitar garis khatulistiwa. Misalnya, bandara terbesar kedua di Filipina, Bandara Internasional Mactan-Cebu (MCIA) memiliki terminal yang memiliki atap bernada tinggi dan atap rendah untuk melindungi ruang interior dari menahan udara panas.

Untuk mengekang suhu panas yang mengarah pada desain yang indah, ia menyatu dengan alam dengan cara yang estetis, sambil tetap mempertimbangkan keberlanjutan, pengaruh budaya serta filosofi budaya merupakan unsur penting pada pembuatan rumah, dan yang lebih penting, cara yang mengutamakan fungsi untuk menciptakan identitas arsitektural.

Desain Pasif

Ventilasi adalah salah satu dari banyak hal yang harus direncanakan secara menyeluruh saat membangun di iklim panas atau tropis. Ini adalah sesuatu yang dapat dicapai melalui desain pasif, proses pengaturan suhu dalam ruangan dengan membuat iklim bekerja sesuai keinginan kita. Dengan demikian, ada sedikit kebutuhan untuk sistem buatan untuk mencapai suhu yang menguntungkan yang kita semua cari di tempat penampungan kita.

Misalnya, bangunan dangkal yang berorientasi tegak lurus terhadap arah angin dengan bukaan di kedua sisinya akan meningkatkan sirkulasi udara alami. Selain itu, akan membawa cahaya alami dan akan memungkinkan ventilasi silang jika berorientasi dengan benar. Dengan desain yang tepat, pencahayaan buatan, sistem pendingin, dan ventilasi mekanis tidak akan terlalu dibutuhkan.

Baca Juga:  Rumah Luwih - Mengenang Kehidupan Regal Bali

Pada catatan yang sama, struktur yang lebih tinggi dapat menggunakan ventilasi cerobong untuk menarik udara luar melalui tubuhnya, dan pada struktur yang lebih dalam, pekarangan atau atrium dapat memungkinkan cahaya menembus ke titik fokus denah lantai. Konon, partisi di dalam gedung harus bekerja bersama-sama dan tidak menghalangi pergerakan udara.

Sebagian besar rumah tropis juga memiliki overhang atap besar atau sistem atap ganda untuk menangkis panas matahari dan silau. Tetapi karena negara-negara tropis juga memiliki bulan-bulan basah, sudut sangat penting untuk memastikan air hujan mengalir menjauh dari bangunan, itulah sebabnya atap miring adalah cara yang harus dilakukan. Bahan atap adalah hal berikutnya yang bisa membantu rumah menahan panas. Tanah liat secara alami tahan panas dan merupakan pilihan tradisional, tetapi atap logam reflektif juga dapat membuat bangunan lebih dingin.

Arsitektur Tropis di Seluruh Dunia

Sulit untuk tidak membicarakan Paulo Mendes da Rocha ketika berbicara tentang desain tropis. Arsitek Brasil terkenal berkat karya arsitektur tropisnya yang luar biasa, seperti Kapel Sao Pedro atau Kapel Saint Peter.

Paulo Mendes da Rocha, Saint Peter Chapel, São Paulo
Paulo Mendes da Rocha, Saint Peter Chapel, São Paulo, 1987 – Sumber Flickr.com

Tempat pemujaan dirancang sebagai satu elemen tunggal dan difokuskan di sekitar satu pilar pusat. Bodi beton dan atap betonnya membantu menjaga suhu sedang dalam iklim panas, dan diapit oleh sistem kelongsong fasad kaca.

Desain tropis penting lainnya adalah Maleny House oleh Bark Design Architects. Terletak di Sunshine Coast, Australia, residence ini berada di lereng gunung dengan pemandangan lanskap yang menakjubkan. Desain tropis dimulai dengan ventilasi dan pencahayaan alami melalui ruang internal yang transparan, dan penggunaan elemen kayu untuk melepaskan panas segera setelah matahari terbenam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 3 =