9 Software penting untuk desain bangunan

Posted on 6 views

Di generation global ini yang mana adalah zaman present day dan canggih, penggunaan perangkat lunak atau aplikasi-aplikasi pada perangkat mirip computer, komputer, maupun pill adalah hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat umum.

Ada beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan arsitektur untuk obyek 2D dan 3D, antara lain:

1. AutoCAD

AutoCAD adalah salah satu aplikasi atau perangkat lunak yang biasanya paling umum digunakan dalam gambar perancangan berupa 2D. Acara ini mempermudah para perancang bangunan dalam penerjemahan gambar rancangan dengan ukuran yang absolut sesuai dengan keadaan nyata di lapangan. Acara ini dikembangkan oleh Autodesk Inc.

2. ArchiCAD

Acara perangkat lunak perangkat lunak ini adalah salah satu jenis perangkat lunak acara yang acapkali digunakan juga oleh para arsitek maupun desainer interior. ArchiCAD ini hampir sama dengan application perangkat lunak AutoCAD, namun perangkat lunak acara ini lebih dilengkapi dengan library komponen bangunan dan interior yang termasuk didalamnya komponen pencahayaan. Biasanya perangkat lunak ini lebih pas digunakan dalam proses desain interior. Aplikasi ini dirancang oleh Grafisoft pada tahun 1982.

3. Revit Architecture

Revit Architecture ialah perangkat lunak berbasis BuildingIinformation Modeling, atau yang biasa disingkat BIM. Aplikasi ini dirancang oleh perusahaan Autodesk. Terdapat empat jenis Revit yang dikenal dengan area kerja masing-masing, diantaranya Architecture (Arsitektur), MEP – Mechanical Electrical Plumbing (Mekanikal, Elektrikal, dan Perpipaan), Counstruction (Konstruksi), dan  Structure (Struktur). Aplikasi ini didesain khusus untuk para arsitek dan insinyur yang berkaitan dengan bangunan. BIM dimaksudkan untuk membuat dan menggunakan model virtual dari bangunan. Aplikasi ini dibangun untuk membangun model berita atau BIM, yang adalah kunci untuk desain berkelanjutan. Kehadiran Revit Architecture bukanlah sebagai perangkat lunak pengganti AutoCAD dan 3ds Max milik Autodesk yang sudah dikenal luas, melainkan lebih sebagai pelengkap yang mendukung kemudahan dalam bekerja.

Four. SketchUp

SketchUp adalah perangkat lunak acara rancangan gambar 3-d yang paling mudah dalam penggunaannya dibanding dengan perangkat lunak 3-D lainnya, mirip 3Dcad dan 3ds max. Awalnya SketchUp dikembangkan oleh @Last Aplikasi yang berlokasi di Boulder, Colorado yang didirikan pada tahun 1999 oleh founder Brad Schell dan Joe Esch.SketchUp dirilis pada Agustus 2000 dengan mengedepankan slogan ?3-d for Everyone? Dan mengupayakan agar para desainer profesional dapat menuangkan karyanya semudah menggunakan pensil dan kertas, dan memiliki kebebasan berekspresi melalui gambar dengan interface yang mudah.

Baca Juga:  Besi Tuang dan Besi Tempa

Five. 3-d Studio Max

3D Studio Max atau biasa yang dikenal dengan singkatan 3ds max adalah suatu perangkat lunak untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. Aplikasi ini dirancang oleh Autodesk Media & Entertainment, namun dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3ds Max ialah salah satu perangkat lunak yang paling luas digunakan, karena beberapa alasan mirip penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba mampu, dan arsitektur plugin yang banyak.

6. Lumion

Lumion ialah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat skenario 3D. Lumion dikenal memiliki real-time rendering dengan kualitas yang rupawan. Karena dilengkapi dengan banyak sekali fitur canggih, Lumion dapat digunakan untuk mengimpor objek dan melakukan pengaturan terhadap acara lain sejenis Google Sketchup. Untuk menggunakan Lumion, tidak diharapkan proses instalasi mirip software-software lain, hanya dengan menyalin file mirip yang diberikan di tutorial-tutorial Lumion dan mengikuti petunjuk yang tersedia. Lumion juga dikenal sebagai satu-satunya perangkat lunak yang bisa membuat kombinasi movie editor dengan pilihan menu 3D yang sudah tersedia dalam acara Lumion.

7. Blender

Blender ialah perangkat lunak untuk grafis 3D yang gratis dan populer di kalangan perancang. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk banyak sekali sistem operasi. Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan perangkat lunak internal. Aplikasi ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Aplikasi ini termasuk perangkat lunak dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di banyak sekali macam OS, diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain-lain.

8. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop ialah acara perangkat lunak desain yang berkhasiat untuk mendesain gambar, mengedit gambar grafis, dan mengolah foto digital. Aplikasi Adobe Photoshop dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated, sebuah vendor / perusahaan terkemuka di bidang pengembangan aplikasi grafis dan multimedia. Toolbox yang tersedia dapat dipahami dan digunakan secara mudah dan cepat oleh pengguna yang masih belum berpengalaman sekalipun. Penggunaan Layer untuk memisahkan antar komponen gambar dan teks juga sangat membantu desainer dalam menyusun dan mengolah desainnya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Gangguan Tikus di Rumah

9. Corel Draw

Corel Draw adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan editing pada garis vektor. Acara ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berkantor sentra di Ottawa, Kanada. Corel draw berkhasiat untuk mengolah gambar, sehingga banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 19 =