8 Hal Penting dalam Perencanaan Bangunan

Posted on 2 views

Riset menawarkan bahwa masyarakat lebih senang merencanakan bangunannya sendiri agar sesuai dengan cita-cita dan kebutuhan.

Namun, ada hal-hal penting yang harus diketahui supaya niat tersebut tercapai yaitu BMW: Biaya, Mutu, Waktu. Berikut di bawah ini akan dijelaskan selengkapnya.

Merencanakan Bangunan

Proses Diskusi Perencanaan Bangunan. (sumber: arsicad.Com)

3 hal paling penting yang harus diperhatikan dalam perencanaan bangunan ialah BMW: Biaya, Mutu, Waktu.

Biaya

Biaya yang diperlukan ialah biaya yang paling ekonomis karena setiap orang tidak ingin menghamburkan uangnya hanya dalam satu keperluan saja.

Mutu

Mutu yang diperlukan ialah mutu terbaik dan kuat strukturnya karena untuk keamanan dan kenyamanan ketika ditempati.

Waktu

Waktu yang diperlukan ialah waktu yang paling efisien dan tercepat karena cita-cita dalam membuat bangunan yaitu ingin segera pindah ke kawasan yang baru.

Dalam menggabungkan ketiga hal tersebut, maka tidak boleh ada yang dikorbankan. Bangunan yang baik seharusnya dibangun dengan biaya yang ekonomis, baik mutunya dan dikerjakan dalam waktu yang efisien.

Nir boleh bangunan hanya mementingkan salah satu poin saja.

Misal: bangunan dibangun dengan biaya yang murah dan selesai dalam waktu yang singkat tetapi strukturnya tidak terjamin kekuatannya. Atau, bangunannya cepat selesai tetapi mutunya buruk dan biayanya membengkak. Atau, bangunannya kualitas dan mutu terbaik tetapi biaya yang dikeluarkan melebihi ekspetasi yang seharusnya mampu dibuat hemat dan memakan waktu yang lama untuk diselesaikan.

Biaya, Mutu dan Waktu dalam Perencanaan Bangunan

Three skenario ini, hanyalah gambaran di lapangan mengenai 3 hal terpenting dalam perencanaan bangunan.

Selain three hal tersebut: biaya, mutu, waktu. Ada beberapa hal lainnya yang menjadi faktor penting dari perencanaan bangunan.

Estetika dan estetika

faktor ini menjadi penting dalam bangunan untuk menawarkan ciri khas dengan memadu-padankan warna, desain, pilihan material, bentuk-bentuk ukiran yang unik serta hal-hal lainya yang mampu menambahkan kesan rupawan pada bangunan.

Lestari dan ramah lingkungan

Hal ini mampu didapatkan dengan cara menanam beberapa tanaman dan pohon pada halaman atau membawa masuk tanaman kecil pada p*t ke dalam bangunan agar terlihat lebih asri. Mampu juga dengan menginstalasi perangkat energi terbarukan mirip solar panel.

Sangat berbagai hal lainnya yang mampu anda cari sendiri di internet mengenai menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar termasuk rumah atau bangunan baru anda.

Kesehatan

Hal ini terkait dengan poin sebelumnya. Pastikan juga drainase anda lancar, penampungan air yang bersih, jarak septictank yang aman, ventilasi udara dan cahaya yang lancar serta hal lainya yang dapat menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Kenyamanan

Kenyamanan terkait dengan banyak hal yang disebutkan pada poin atas tadi. Selain itu, ada hal mirip ukuran ruangan yang anda tempati, lebar jendela, ukuran pintu, perabotan rumah, tingi dan lebar anak tangga, posisi hadap sebuah kamar, letak toilet dan hal-hal lainnya. Pikirkan lagi mengenai bangunan yang akan anda tempati nantinya.

Fungsional

Diperlukan dengan adanya riset semenjak awal dalam membuat agenda bangunan baru maka diharapkan agenda detail setiap fungsi ruangan nantinya. Jangan hingga ada hal yang sia-sia.

Ini terkait juga dengan biaya, mutu, dan waktu. Misal: anda akan merencanakan bangunan dengan tiga kamar tidur anak, ada garasi kendaraan beroda empat atau bahkan ada ruang khusus untuk tamu atau pembantu.

Ada baiknya hal ini masuk dalam perencanaan.

Diatas ialah beberapa poin penting serta tambahannya yang perlu dipikirkan dalam perencanaan bangunan.

Seorang koki handal tentu akan menyiapkan peralatan tempur dapurnya dan bahan makanan sebelum memulai memasak agar nantinya mampu menghidangkan hidangan terbaik terlepas ia koki berbakat atau tidak.

Demikian, artikel perihal perencanaan bangunan ini, semoga mampu bermanfaat untuk para pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru through email:

Baca Juga:  Cara Membuat Kamar Mandi Yang Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 18 =