6 Tips Solo Backpacker untuk Pemula

Posted on 3 views

Kidangijo. Baca juga Takjub Pesona Seremoni Imlek dan Cap Go MehSingkawang 2019

Baik temen-temen solo backpacker semua dari semua kelangan, mau belia, mau tua, dan sebagainya. Absolut terdengar ditelinga temen-temen semua, kok ada orang pada liburan ketempat yang jauh, kok orang berani bepergian ditempat yang mereka belum pernah kesana sebelumnya. Untuk itu pada artikel ini akan membahas beberapa tips untuk solo backpacker bagi pemula ke kawasan baru alias belum pernah ke kawasan tersebut.

BACKPACKER

Backpacker menurut aku eksklusif, adalah sebuah perjalanan ke kawasan atau ke suatu kawasan yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya dengan budget yang tidak terlalu banyak tetapi tetap dalam perencananaan di awal yang sudah matang tentunya, karena setiap langkah harus ada perencanaan yang matang temen-temen.

Bagi aku eksklusif banyak pembelajaran yang paling berkesan pada ketika melakukan ke suatu kawasan dengan cara backpacker , sebagai contoh kita akan mengetahui budaya ditempat baru tersebut, mengetahui wisata yang berada ditempat tersebut secara nyata, dan tentunya mempunyai temen backpacker baru.

Dari penjelasan mengenai backpacker diatas, tentunya harus didukung dengan persiapan-persiapan yang harus dilakukan secara matang sebelumnya. Ada beberapa tips dari aku untuk temen-temen pemula yang mau melakukan solo backpacker :

candi arjuna dieng

Candi Arjuna Dieng

   1. Rencana /perencanaan awal

Sudah disinggung diatas bahwa setiap langkah kita harus ada perencanaan yang matang, begitu  juga pada temen-temen pemula yang akan melakukan solo backpaker . Tentu bagi pemula apalagi solo backpacker , perencanaan awal sangatlah mutlak harus dilakukan mirip:

Mau ke kawasan mana?

Daerahnya mirip apa?

Tujuan mau kemana saja?

Berapa lama?

    2. Budget /biaya

Setelah planning/perencanaan sudah matang, selanjutnya menghitung budget atau biaya yang akan digunakan. Budget/biaya perlu disiapkan secara jauh-jauh hari sebelum melakukan solo backpacker. Perhitungan budget/biaya bagi solo backpacker pemula sangatlah susah, karena belum pernah ada pengalaman secara nyata melakukan solo backpacker .

Berikut perincian budget/biaya ketika melakukan solo backpacker :

a.      Berapa harga penginapan?

b.     Berapa transportasi pulang pergi kawasan yang kita kunjungi?

c.      Berapa transportasi selama ditempat wisata, apakah sewa atau pakai transportasi sendiri?

d.     Berapa biaya makan dan jajan selama backpacker ?

e.      Berapa biaya tiket masuk ke kawasan wisata yang kita inginkan?

Lihat juga: ManfaatTraveling Ke Kawasan Baru

    3. Time/waktu

Waktu yang sempurna akan memberi kepuasan tersendiri  bagi solo backpacker pemula. Apabila temen-temen melakukan langkah awal dan dengan akibat yang memuaskan, maka temen-temen akan yakin bahwa langkah selanjutnya akan memuaskan mirip langkah awal dengan optimis tanpa ada keraguan.

Menentukan waktu untuk melakukan solo backpacker harus dilakukan secara jauh-jauh hari, supaya persiapan lainnya mampu secara maksimal dilakukan. Kapan waktu solo backpacker dilakukan ?, jawabnya yaitu sesuai dengan kawasan yang akan temen-temen kunjungi, karena disetiap kawasan mempunyai atau memiliki waktu kunjungan tersendiri. Misalnya kita mau pergi ke Dieng Plateau , waktu yang sempurna melakukan solo bacpacker ke DiengPlateau yaitu pada bulan Juli – Agustus – September. Dibulan tersebut adalah waktu yang pas/cocok untuk melakukan solo backpacker ke DiengPlateau dengan kecantikan dan pesonanya yang akan membius mata kita.

Note: cari referensi kapan kapan waktu yang pas untuk melakukan solo backpacker ke suatu kawasan.

   4. Transportation /transportasi

Pemilihan moda transportasi menjadi salah satu pilihan bagi solo bacpacker dan akan menentukan juga pada perencanaan budget/biaya yang akan dikeluarkan. Biasanya bagi pemula untuk melakukan solo backpacker akan susah menentukan transportasi yang akan digunakan, untuk itu pada poin 1 harus sudah terang tujuan mau kedaerah mana yang akan dikunjungi.

Selain transportasi eksklusif dalam melakukan solo backpacker , pada ketika ini tentunya di Indonesia, moda transportasi yang bersahabat dikalangan backpacker adalah Kererta Barah. Selain harga tiket yang tidak terlalu mahal, tentunya ketepatan waktu yang menjadi prioritas. Tetapi tidak menutup kemungkinan moda transportasi lainnya untuk melakukan solo backpacker .

Plataran Candi Prambanan

Plataran Candi Prambanan

    5. Penginapan

Penginapan adalah kawasan tinggal temen-temen selama melakukan solo backpacker . Ada banyak jenis penginapan yang ada, mirip hotel, hostel, villa, resort, dan lain sebagainya. Bagi pemula memang sulit untuk menentukan atau memilih penginapan yang mirip apa yang cocok digunakan ketika solo backpacker , tentunya masih bertanya-tanya. Bagaimana mencari penginapan yag cocok ketika backpacker?

Menurut aku dan pengalaman aku, carilah kawasan penginapan mirip hostel, selain harganya murah tetap kenyamanan nomor 1, dan dalam hostel berbeda dengan hotel karena didalam hostel terdapat beberapa ranjang tidur dalam 1 kamar, tentunya bakal ada temen baru didalam hostel.

    6. Kondisi Fisik

Selain persiapan-pesiapan diatas, tidak kalah pentingnya yaitu persiapan fisik tubuh kita sendiri, tidak mungkin jadwal backpacker sudah Oke, Transportasi sudah Clear, Penginapan sudah beres, tetapi tidak melihat kondisi fisik tubuh kita sendiri apakah kita dalam keadaan sehat bugar atau sebaliknya. Nir mungkin kan jika kita solo backpacker dengan kondisi fisik yang kurang sehat, tentunya tidak mengenakkan semua. Mau makan saja tidak nikmat, apalagi mau menikmati perjalanan backpacker sampai ke kawasan wisata itu sendiri.

Jadi menjaga kebugaran atau kondisi fisik tubuh sebelum, selama, dan sesudah backpacker sangatlah penting. Menjaga kondisi fisik tubuh tidak mahal kok temen-temen, tidak harus ke gym. Bagi aku menjaga kebugaran fisik itu sederhana, caranya sangat gampang yaitu bangun pagi, ambil sepatu, terus lari pagi keliling komplek. Simple kan temen-temen.

Note:

§  Selalu membuat perencanaan yang matang disetiap langkah

§  Perbanyak berita pada kawasan yang akan dikunjungi

§  Selalu jaga kesehat, karena kesehatan adalah kenikmatan yang luar biasa

Selamat mencoba para solo backpacker

Semoga bermanfaat…

Baca juga: ResolusiTraveling 2019

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (APP Group)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =