5 POIN DALAM MERENCANAKAN PERGOLA UNTUK PERCANTIK RUMAH

  • Share

Buat Anda yang ingin membuat tampilan depan rumah yang menarik, cobalah dengan menambahkan pergola. Atap pergola tak hanya mempercantik tampilan rumah, tapi juga bisa bermanfaat sebagai peneduh untuk tempat bersantai.

Atap pergola biasanya terbuat dari susunan bilah-bilah kayu maupun besi yang berderet dan berjarak. Jarak antara bilah-bilah kayu ini memungkinkan sinar matahari masuk sehingga area di bawah atap pergola tetap terang. Meski begitu, atap pergola juga bisa menahan hujan karena biasanya ditutup dengan material transparan seperti fiber atau kaca.

Membuat atap pergola relatif lebih hemat biaya daripada membuat atap tertutup untuk tambahan bangunan. Berminat menambahkan atap pergola di hunian Anda? Simak poin-poin berikut untuk memahami pergola lebih lanjut dan merencanakan atap pergola yang tepat untuk hunian Anda.

Fungsi pergola

Karena berfungsi selayaknya atap, pergola dapat dijadikan penutup berbagai ruang. Umumnya, ruangan yang dinaungi pergola berfungsi sebagai perluasan dari bangunan utama. Ruangan di bawah atap pergola bisa dimanfaatkan sebagai teras, ruang keluarga outdoor, hingga carport. Ada p**a yang memanfaatkan pergola sekadar untuk mempercantik tampilan luar rumah dengan pergola berhiaskan b***a di pintu gerbang.

Ukuran pergola

Luas area yang dipasangi pergola bergantung pada luas lahan yang tersedia dan posisi penempatan pergola. Bila lahan yang tersedia cukup luas, maka pergola bisa Anda letakkan di tengah pekarangan sebagai sebuah bangunan tersendiri untuk bersantai. Pergola juga bisa dibuat menempel dengan bangunan rumah yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai teras.

Pilihan material

Kayu adalah material pergola yang paling banyak digunakan. Kayu bisa memberikan tampilan natural yang serasi dengan suasana pekarangan. Jenis kayu untuk pergola antara lain kayu ulin, kayu merbau, kayu mahoni, kayu mengkirai dan sebagainya. Kayu-kayu ini dikenal sebagai kayu yang keras sehingga tahan terhadap cuaca. Pemilihan jenis kayu tentunya bergantung dari bujet yang Anda miliki dan tampilan warna serta serat kayu yang Anda inginkan. Selain kayu, pergola juga ada yang terbuat dari besi baja. Material penutup celah pergola pun beragam, bisa berupa bahan fiber maupun kaca.

Baca Juga:  Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung/Rumah

Desain pergola

Desain dasar pergola adalah bilah-bilah kayu dan besi yang disusun sejajar hingga membentuk atap. Susunannya bisa Anda atur sedemikian rupa hingga membentuk pola yang menarik pada langit-langit atap pergola.

Desain pergola lain yang patut jadi inspirasi adalah pergola kubikal atau pergola yang berbentuk menyerupai kubus. Bilah kayu tak hanya ada sebagai atap tapi juga berdiri di sisi kiri dan kanan sehingga membentuk ruang seolah berbentuk kubus.

Furnishing dan dekorasi

Anda dapat lengkapi pergola dengan bangku dan meja untuk bersantai. Bila pergola berukuran luas, Anda bisa menambahkan sofa hingga peralatan barbeque untuk menemani kumpul keluarga di ruang terbuka. Bila Anda ingin pergola yang lebih menarik, buat tempat bersantai berupa ayunan beratapkan pergola.

Untuk dekorasinya, tanaman rambat dan b***a yang dililit pada rangka atap pergola bisa mempercantik tampilannya. Anda pun bisa menambahkan untaian lampu tumblr untuk menerangi pergola di malam hari dan memberikan suasana yang hangat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 − seven =