5 INSPIRASI KERAJINAN KAYU PALET UNTUK ANDA COBA SENDIRI

  • Share

Bagi Anda yang sering mengirim atau menerima paket ukuran besar, kayu palet mungkin adalah material yang sering dijumpai. Kayu palet digunakan sebagai pengemas agar barang terlindung dan mudah untuk diangkat serta ditata dengan forklift. Kayu palet umumnya dibuat dari berbagai jenis kayu, baik kayu keras maupun kayu lunak. Oleh karena itu mungkin Anda akan mendapati palet dari kayu oak, pinus, hingga sengon albasia. Selain kegunaannya sebagai alat kemas, di balik penampilannya yang simpel, kayu palet juga dapat Anda gunakan sebagai material kerajinan kayu palet.

Material umum kerajinan kayu palet?

Kayu palet yang sering digunakan sebagai material kerajinan umumnya adalah kayu pinus. Secara lokal, mungkin kayu ini lebih dikenal sebagai jati Belanda. Bobotnya ringan, tekstur, serat, dan warnanya sangat khas dan mengesankan kehangatan. Selain itu, kayu pinus juga dikenal awet, kuat, dan tidak disukai rayap. Dari sisi kemudian pengolahan, kayu pinus termasuk kayu lunak, sehingga mudah dibentuk. Dari semua sifat tersebut, maka tidak heran jika palet kayu pinus belakangan ini menjadi pilihan utama sebagai material kerajinan kayu palet. Lantas apa saja yang bisa dibuat dengan kayu palet? Mari simak inspirasi berikut.

Flower box

Flower box atau kotak b***a adalah kerajinan kayu palet yang dapat Anda coba kerjakan dengan mudah. Kotak b***a kayu palet akan memberi kesan rustic, khususnya bila Anda dapat menggunakan palet kayu kasar atau yang telah lama terpapar cuaca. Namun jika Anda ingin kesan rapi dan modern, kayu palet pinus yang telah diketam halus dapat menjadi pilihan. Anda dapat meletakan flower box di dalam atau di luar rumah.

Kursi kayu palet

Ada berbagai tipe kursi yang dapat Anda coba buat dengan kayu palet. Model kursi kayu palet yang paling simpel adalah kursi jenis stool. Anda dapat membuatnya dengan menumpuk kotak palet ukuran kecil dan memberinya alas duduk. Anda dapat p**a membuat kursi ruang tamu atau bangku untuk bersantai yang tentunya membutuhkan lebih banyak materi kayu palet.

Baca Juga:  Ketika Struktur Buatan Memenuhi Elemen Alam

Rak kayu palet

Rak kayu palet bisa difungsikan untuk berbagai kebutuhan. Anda dapat menggunakannya sebagai wadah untuk menampung pernak-pernik kesayangan sekaligus sebagai salah satu focal point yang menarik di ruang tamu yang tidak kalah dengan wall art Anda. Ingin membuat rak kayu palet untuk rak buku? Tentu bisa, yang penting, pastikan rak kayu palet disandarkan pada dinding sehingga distribusi bebannya merata sehingga lebih kokoh untuk menampung buku.

Meja kopi

Meja kopi dari kayu palet akan menambah kesan santai dan hangat di ruang keluarga atau ruang tamu Anda. Pasangkan dengan kursi kayu palet atau dengan kursi yang telah ada di ruang tamu sebelumnya, karena meja kopi dapat luwes disandingkan dengan berbagai tipe kursi atau sofa di ruang tamu. Tambahkan kaca sebagai permukaan meja dan roda-roda di keempat sisinya agar tampak semakin manis dan kekinian.

Rangka tempat tidur

Tempat tidur dari kayu palet mungkin terasa tidak kokoh, namun dengan penyusunan dan sambungan yang pas, kayu palet bisa dirangkai menjadi rangka tempat tidur yang kuat sekaligus estetis. Kesan rustic yang pastinya tercipta sangat cocok untuk desain interior boho atau shabby chic. Rangkaian kayu palet dapat diberi clear coating untuk menonjolkan serat kayu, atau diberi warna sesuai keinginan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 + eleven =