5 Hal Faktor Penentu Keberhasilan Proyek Konstruksi

  • Share

Di dalam proyek konstruksi melibatkan beberapa hal untuk menyelesai suatu proyek yang sedang dikerjakan. Five Hal ini saling membutuhkan dan sangat krusial perannya dari suatu proyek konstruksi. Yuk, simak apa saja yang menjadi faktor penentu keberhasilan proyek konstruksi.

Untuk kalian yang ingin lebih paham mengenai apa itu proyek konstruksi mampu membaca artikel terkait proyek konstruksi.

Faktor Kesuksesan Proyek

Faktor Kesuksesan Proyek. (through: extiro.Com)

1. Sumber Daya Insan

Untuk menyelenggarakan proyek salah satu sumber daya yang menjadi faktor penentu keberhasilannya ialah tenaga kerja. Keperluan rata-rata jumlah tenaga kerja dapat dinyatakan dalam jam orang, atau bulan orang dibagi dalam kurun waktu pelaksanaan. Untuk merencanakan tenaga kerja proyek yang realistis perlu diperhatikan bermacam-macam faktor, yaitu produktivitas tenaga kerja, meratakan jumlah tenaga kerja guna mencegah gejolak (fluctuation) yang tajam.

2. Material

Pemakaian material adalah bagian terpenting yang mempunyai prosentase yang cukup besar dari total biaya proyek. Beberapa penelitian menyatakan bahwa biaya material  menyerap 50 -70% dari biaya proyek.

3. Peralatan

Salah satu sumber daya terpenting yang harus tersedia pada ketika melaksanakan kegiatan proyek ialah peralatan konstruksi. Banyak sekali jenis dan ukuran dari peralatan yang hendak digunakan harus tersedia dan diadaptasi dengan kebutuhan di lapangan.

4. Estimasi Biaya Proyek

Estimasi biaya ialah memperkirakan kemungkinan jumlah biaya yang diharapkan untuk sesuatu kegiatan yang didasarkan atas berita yang tersedia pada waktu itu. Menyusun perkiraan biaya berarti melihat masa depan, memperhitungkan, dan mengadakan prakiraan atas hal-hal yang akan dan mungkin terjadi.

Five. Agenda Aturan Biaya

Agenda anggaran biaya yaitu perhitungan banyaknya biaya yang diharapkan untuk bahan dan upah, serta biaya lain pelaksanaan proyek: RAB = (Volume x Harga Satuan Pekerjaan).

Nah, itu tadilah beberapa menurut kami yang menjadi penentu keberhasilan dalam proyek konstruksi. Bagaimana pendapat kalian? Ada tambahan?

Berlangganan update artikel terbaru via e mail:

Baca Juga:  Pengukuran Kebisingan (Sound Level Meter) & Pencahayaan (Lux Meter) | Praktikum Ergonomi
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × two =