5 Alasan Kuliah di Jurusan Teknik Sipil

Posted on 10 views

Jurusan Teknik Sipil adalah jurusan yang mempelajari banyak sekali hal perihal realisasi bangunan. Jurusan ini masih cabang dari keteknikan dan cakupannya pun luas sekali.

Banyak sekali titik pembangunan di negeri ini selalu berkaitan dengan para lulusan Jurusan Teknik Sipil yang menempati posisi-posisi penting. Nah, baca ulasan berikut ini agar Kau semakin punya alasan kuliah di Jurusan Teknik Sipil.

Alasan Kuliah di Teknik Sipil

Kuliah Teknik Sipil. (sumber: adcoconstruct.com.au)

Jurusan Teknik Sipil acapkali dianggap seperti dengan Jurusan Arsitektur. Namun tahukah Kau bahwa keduanya berbeda? Seorang arsitek bangunan hanya fokus pada rancangan bangunan.

Sedangkan seorang Insinyur Teknik Sipil bekerja mewujudkan bangunan yang dirancang tersebut. Jadi beda obyek pekerjaan saja.

Kalau sudah paham bedanya, sekarang saatnya Kau memikirkan alasan terkuat memilih Jurusan Teknik Sipil sebagai motivasi. Cek, mungkin salah satunya ada di sini.

Poly Peluang Kerja

Lulusan Teknik Sipil punya peluang kerja sangat luas. Soalnya, meskipun pembangunan gedung-gedung sudah menggunakan tenaga mesin yang modern, namun tetap saja mesin itu butuh pengendali. Seorang lulusan sekolah Jurusan Teknik Sipil berpeluang menjadi Project Manager, Surveyor, perencana struktur dan posisi lainnya yang menjanjikan. Kemampuannya merencanakan rancang bangun sangat penting untuk memperjelas arah pembangunan.

Poly Peluang Jadi Pengusaha

Tak hanya menjadi pekerja di perusahaan orang lain, namun lulusan Teknik Sipil punya potensi untuk berbagi ilmunya lebih serius dengan menjadi pengusaha. Misalnya dengan mendirikan perusahaan kontraktor bangunan, menjadi konsultan bangunan, maupun developer.

Hal ini sangat mungkin karena semenjak dalam belajarnya, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil terlatih untuk hal-hal mirip itu. Banyak sekali ilmu dan kemampuan di bidang bangunan diperoleh dan diperdalam. Jadi begitu lulus sudah siap terjun ke dunia perjuangan.

Menikmati Keseruan Belajar Teknik

Jurusan Teknik Sipil itu selalu berkaitan dengan hitung-hitungan. Di sini lah serunya. Keseruan menghitung rancang bangun sebuah bangunan, melatih ketepatan dan kecepatan, juga mengenal banyak sekali seluk beluk bangunan.

Siap Berkontribusi Membangun Negeri

Indonesia saat-saat ini dan masa mendatang masih akan terus membangun demi mengejar ketertinggalan. Sehingga tenaga-tenaga ahli di bidang teknik sipil tak akan tersiakan. Dengan memanfaatkan momen perkembangan ekonomi ini, Kau mampu ikut menawarkan warna di bidang pembangunan.

Kesempatan Bekerja di BUMN

Alasan kuliah di Jurusan Teknik Sipil yang lainnya ialah karena mencari kesempatan kerja di BUMN. Terang sekali, lulusan Teknik Sipil sangat besar peluangnya untuk bekerja di BUMN dan proyek-proyek pembangunan. Selain di BUMN, Departemen Pekerjaan Generik juga menjadi kawasan kerja para lulusan Teknik Sipil.

Yang Harus Kau Ketahui Perihal Jurusan Teknik Sipil

Setelah memahami banyak sekali alasan kuliah di Jurusan Teknik Sipil, mungkin saja Kau penasaran ada apa saja di Teknik Sipil. Yang terang ada banyak sekali hal s**a dan dukanya, susah maupun senangnya.

Jurusan Teknik Sipil Berkutat Dengan Hitungan

Untuk Kau yang takut dan anti dengan pelajaran Matematika, masuk ke Jurusan Teknik Sipil ialah salah besar. Kecuali Kau berniat untuk melawan pelajaran yang menghantui Kau itu.

Jurusan Teknik Sipil Langka Cewek

Jangan terlalu berharap Kau mudah menemukan mahasiswi di Jurusan Teknik Sipil. Pasalnya, kebanyakan yang kuliah di jurusan ini ialah lelaki. Sehingga kalaupun ada cewek, absolut jadi bintang.

Harus Siap Ditempatkan di Banyak sekali Wilayah

Karena para kontraktor yang bekerja sama dengan jurusan ini kebanyakan berskala nasional, maka Kau harus siap kalau kelak harus ikut proyek mereka di kawasan tertentu. Mampu di kawasan ramai, mampu juga pelosok.

Bagaimana? Sudah punya alasan kuliah di Jurusan Teknik Sipil yang kuat? Poin-poin di atas mampu Kau pertimbangkan. Perhatikan juga bekal kemampuan Kau apakah sudah sesuai di jurusan ini. Selamat menentukan pilihan.

Berlangganan replace artikel terbaru via electronic mail:

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Union Sampoerna Triputra Persada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 16 =