3 Senjata Rahasia Perencana Struktur dari Ahli Struktur

  • Share

3 Senjata Misteri Perencana Struktur – dari judulnya saja sungguh berlebihan. Ada kata-kata senjata dan rahasia.

Tentunya pada postingan ini tidak membahas senjata dan tidak begitu juga rahasia. Sebagian besar para senior struktur di luar sana mungkin sudah jauh lebih paham mengenai hal ini.

Pernahkah di antara teman-teman semua yang membaca postingan ini, menjadi perencana struktur atau orang yang memakai jasa mereka ahli struktur.

Ketika ditawarkan pekerjaan struktur biasanya perencana struktur ini terdapat dua tipe.

Tipe yang pertama saat diminta menghitung struktur maka tanpa basa-basi eksklusif saja dengan percaya diri mendapatkan proyek tersebut.

Tipe yang kedua biasa ahli struktur mengajukan beberapa pertanyaan mengenai records-records dan acapkali mengajukan beberapa syarat.

Rahasia Ahli Struktur Menang di Proyek

Perencana Struktur di lapangan. (sumber: eiffelindustries.com)

Lalu, bagaimanan menyikapi hal ini seharusnya?

Kalau kau berada pada posisi sebagai ahli struktur yang ditawarkan pekerjaan maka ada baiknya kau mampu eksklusif menjawab dengan kesanggupan bahwa kau mampu mengerjakan pekerjaan tersebut.

Dengan catatan bahwa jenis perhitungan struktur yang ditawarkan tersebut memang kau kuasai.

Sebaliknya, kalau kau belum terlalu menguasai ada baiknya kau menanyakan lebih element atau merekomendasikan sahabat ahli struktur lainnya demi menjaga reputasi dan keamanan struktur.

Kemudian, kalau kau berada pada posisi klien yang membutuhkan jasa ahli struktur sebaiknya lebih mengutamakan ahli struktur yang benar-benar menguasai bidang tersebut walaupun biasanya bayaran lebih mahal.

Namun, hal ini tidak apa-apa dibandingkan keaman struktur yang dikorbankan.

Terlebih, kalau hitungan struktur tersebut, kau sama sekali tak menguasainya.

Untuk klien yang sebenarnya sudah punya pemahaman mengenai struktur yang akan dikerjakan, mungkin ahli struktur tipe kedua mampu jadi pilihan kau.

Tentunya dalam hal ini ahli struktur tersebut mampu kau jadikan sebagai orang yang membantu dalam proyek yang kau kerjakan.

Pekerjaan ini harganya akan lebih murah karena tidak sepenuhnya ahli struktur mengerjakan melainkan berkat bantuan.

Oke, dari gambaran diatas kita sudah tahu bagaimana sebenarnya dinamika yang biasa terjadi di dunia perencana struktur.

Tetapi, pada artikel ini kita lebih fokus kepada ahli struktur tipe pertama dimana mereka mampu eksklusif menjawab dengan percaya diri tanpa basa-basi, dengan penuh keyakinan dan yang absolut bertanggung jawab serta akibat pekerjaan yang memuaskan.

Lalu, apa sih sebenarnya senjata rahasia perencana struktur ini? Berikut ini ialah penjelasannya berdasarkan pendapat eksklusif semata.

1. Paham Peraturan (Code & Standard Terbaru)

Paham peraturan mengenai Code dan Standard yang terbaru menjadi rahasia utama mereka, para ahli struktur.

Dengan memahami peraturan, tentunya mereka juga lebih mudah memahami setiap perhitungan dan permasalahan struktur. Karena pada dasarnya ilmu struktur tidak terlepas dari peraturan yang ditetapkan.

Kau sebagai perencana struktur mampu memulai membaca peraturan-peraturan yang ada perihal struktur dengan sedikit-sedikit dan mencicil tentunya, tidak harus kita menerima pekerjaan struktur.

Semakin banyak yang kau pahami peraturan, maka kau mampu semakin unjuk kemampuan minimal gaya saat di depan klien.

Kau mampu dengan mudah berkata kepada klien bahwa proyek anda mampu diselesaikan dengan peraturan bla bla bla… pada peraturan pasal sekian.

Tentu hal ini semakin meyakinkan. Selain peraturan (code dan standard), lebih mantap lagi kalau kau melengkapi diri dengan beberapa buku textbook perihal struktur. Ini akan menjadi nilai tambahan tersendiri.

2. Punya Dokumen Proyek Terdahulu dan Mempelajarinya

Dari dokumen-dokumen proyek terdahulu kau mampu menerima banyak pelajaran. Nir harus dokumen tersebut adalah proyek pekerjaan mu di masa lalu.

Melainkan, kau mampu meminjam atau bahkan meminta dari rekan sebagai bahan belajar.

Nir lupa sebainya kau juga saling berdiskusi mengenai proyek yang ada dari proyek-proyek yang telah selesai.

Setiap proyek biasanya memiliki permasalahan yang unik. Dengan keunikan tersebut tentu akan semakin menambah wawasan kau.

Kau mungkin mulai mampu berkata di depan klien bahwa proyek yang akan ditangani ini mirip proyek yang pernah dikerjakan di aceh.

3. Berani Berasumsi dan Bertanggung Jawab

Sebenarnya hal ini cukup beresiko kalau kau tidak hati-hati. Lalu, bagaimana tipsnya supaya asumsi kau tidak merugikan? Kuncinya pada keyakinan, pemahaman dan taktik yang kau miliki.

Kekuatan berani berasumsi membuat kau lebih terlihat menonjol dibanding pesaing lainnya. Tetapi, dibalik itu semua jangan pernah mengorbankan keamanan suatu struktur.

Selain hal tersebut membuat dosa, maka kau akan dicap sebagai perencana struktur yang tidak bertanggung jawab, lalu hal itu menurukan integritas mu.

Tips lainnya mungkin kau mampu sedikit mensimulasikan banyak sekali kemungkinan terhadap pekerjaan struktur yang ditawarkan.

Dengan cara memulai bertanya mengenai detail-detail pekerjaan struktur tersebut.

Lalu, kalau masih ada kekurangan data, maka data yang kurang tersebut mampu kau anggap sebagai fungsi keamanan yang nilainya mampu kau tingkatkan di awal sebagai kunci kau dalam berasumsi.

Jikalaupun salah pada akhirnya asumsi tersebut, maka ada baiknya kau menawarkan komunikasi yang baik kepada klien.

Menjelaskan kepada mereka sebaik munkin kepada mereka mengenai perubaha-perubahan yang ada. Yang paling penting ialah mereka tetap percaya dan struktur tersebut mampu aman.

Panduan Perencana Struktur Konstruksi

3 Senjata Misteri Perencana Struktur

Demikianlah sedikit sharing mengenai 3 senjata rahasia perencana struktur. Terkhusus untuk perencana struktur yang membaca postingan ini, mungkin mampu dikoreksi sekaligus menyebarkan pengalamannya di kolom komentar.

Semoga goresan pena ini menawarkan gambaran yang membantu teman-teman semua dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa dibagikan kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Baca Juga:  Cara Membuat Rumah Tetap Sejuk
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − 8 =