10 Kualitas yang harus Dimiliki Ahli Struktur

  • Share

Pakar struktur ialah bagian dari ilmu teknik sipil yang bekerja khusus dalam desain struktural. Untuk menjamin suatu struktur tersebut aman, maka diharapkan kualitas yang harus dimiliki ahli struktur tersebut.

Structure Engineer

Engineer. (via: newcivilengineer.com)

Rekayasa struktural melibatkan analisis dan desain struktur yang bisa menahan beban di kondisi operasi dan di lingkungan manapun.

Insinyur struktural mampu bekerja sama dengan ahli teknik lainnya maupun banyak sekali disiplin ilmu tergantung proyek yang sedang dikerjakan. Para profesional terlibat dalam suatu proyek dari tahapan awal hingga akhir.

Untuk menjadi ahli struktur yang hebat, maka seseorang harus memiliki kualitas-kualitas di bawah ini. Simak baik-baik.

Kreatif

Pakar struktur bertugas menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk merancang struktur yang kuat dan fleksibel dalam menahan gaya yang terjadi.

Pekerjaan mereka diharuskan mampu menjamin kekuatan suatu struktur mampu aman, tidak roboh dan membuat risiko yang berbahaya. Memiliki nilai kualitas kreatif ialah suatu keharusan agar mampu menciptakan struktur yang aman, berfungsi dengan baik dan ekonomis.

Pemain tim

Pekerjaan ahli struktur memastikan mereka bekerja pada suatu proyek dengan ahli atau profesional dalam banyak sekali bidang. Pakar teknik, arsitek, dan disiplin ilmu lainnya akan bekerja sama dan mempunyai relasi yang baik ialah salah satu kunci keberhasilan proyek.

Selain dituntut berafiliasi dengan tim, ahli struktur juga harus mampu berpadu dengan rekan kerjanya dari awal hingga selesai sehingga suatu proyek mampu sukses dan selesai dalam waktu yang sempurna.

Pemecah persoalan

Ketika bekerja, ahli struktur mampu saja menemui banyak sekali macam kondisi yang tidak terduga. Kondisi ini mampu saja tidak menguntungkan.

Mungkin saja di lapangan tidak adanya teknologi yang di pakai sehingga dia harus tetap melanjutkan tugas dengan kemampuan dan pengetahuannya. Kondisi ini mampu terkait lokasi yang tidak menguntungkan atau menerima tantangan desain struktur yang unik.

Di lain kasus, pernah ahli struktur diminta untuk menilai suatu bangunan lama/tua perihal kemampuan struktur tersebut dalam menahan beban yang tidak diperhitungkan ketika konstruksi berlangsung. Pakar struktur yang berkualitas harus bisa menawarkan solusi cepat untuk persoalan ini.

Teliti

Sebagai ahli struktur dituntut harus teliti dalam bekerja karena kesalahan kecil saja mampu membuat persoalan mirip keruntuhan atau gagalnya suatu konstruksi.

Pakar struktur yang baik setia pada detail kebenaran hitungannnya. Pertimbangan utama dari suatu struktur harus selalu menjadi prioritas mirip dalam merancang kerangka struktur.

Semangat belajar

Proyek rekayasa struktural melibatkan banyak hal yaitu:

  • Mendesain model struktur dengan software komputer mirip SAP2000
  • Memastikan peraturan kesehatan dan keselamatan dilaksanakan
  • Mengawasi proyek
  • Memperbarui berita proyek ke klien
  • Memberi rekomendasi bahan struktural terbaik

Selanjutnya, ahli struktur dituntut memiliki hubungan dan wawasan yang luas di bidang lain tidak hanya di bidang teknik saja. Pakar struktur juga harus mengikuti perkembangan perihal penelitian, berita dan teknologi terbaru.

Berpikir out of the box

Pakar struktur harus bisa memisahkan imajinasi atau perasaannya dengan nalar perihal suatu persoalan. Nir ada persoalan di proyek yang tidak ada solusinya. Itulah tujuan belajar teknik dalam fase desain dan skema yang sistematis.

Menjadi mitra

Berani bekerja sesuai porsinya. Walaupun ahli struktur dituntunt untuk memiliki relasi yang baik dengan rekan kerja, tetapi memposisikan diri sebagai mitra itu penting supaya rekan kerja mampu berbagi potensi mereka tanpa selalu keseringan meminta pertolongan dan pada akhirnya kurang bertanggung jawab.

Koneksi yang baik

Setelah suatu proyek selesai bukan berarti suatu relasi hubungan kerja sebatas itu saja.

Pakar struktur harus tetap menjalin baik koneksinya yang mungkin di masa selanjutnya mampu bekerja sama tanpa harus mencari orang baru yang belum tahu riwayat kerjanya.

Berupaya untuk beda

Saat bekerja, mampu saja ahli struktur bertemu dengan ahli struktur lainnya. Saat kemampuan dan pengetahuan dalam kualifikasi yang sama, maka ahli struktur harus berupaya membedakan diri dalam artian mempunyai nilai jual yang tidak setiap ahli struktur memilikinya.

Berani jujur

Nir terlepas kemungkinan, ahli struktur menerima pekerjaan yang seharusnya mereka tidak diperlukan.

Maka, dalam hal ini mereka harus berani mengatakan bahwa mereka tidak diharapkan pada proyek tersebut. Jujur dalam hal ini juga termasuk persoalan desain atau rancangan yang tidak dilebih-lebihkan.

Kesimpulannya, ahli struktural mampu sukses dalam berkarir dengan kualitas dan kualifikasi yang sempurna kalau ia bisa terus mengeksploitasi bakat dan usahanya. Lebih lanjut lagi, tidak lupa p**a seorang ahil struktur belajar dari pengalaman yang telah diperoleh pada tahap awal bekerja yang akan menyebabkan meningkatnya karir mereka.

*Ini semata-mata berdasarkan pengetahuan, observasi dan interpretasi yang terbatas.

Berlangganan update artikel terbaru via electronic mail:

Baca Juga:  Studi Kelayakan Usaha: Definisi dan Manfaatnya
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five + 14 =